Cara Fokus Belajar Di Rumah Agar Selalu Produktif

  
cara fokus belajar di rumah

 

Banyak orang yang merasa kesulitan saat ingin berkonsentrasi atau fokus ketika sedang belajar di rumah. Ada banyak hal yang mempengaruhi konsentrasi seseorang saat ingin belajar di rumah, misalnya saja pikiran yang sedang kacau, suara orang lain yang sedang ngobrol, rasa lapar dan lain-lain. Hal-hal yang dapat merusak fokus atau konsentrasi tersebut akan dapat membuat kegiatan belajar menjadi terganggu dan kurang produktif. Untuk mengatasinya, berikut ada beberapa cara fokus belajar di rumah agar selalu produktif

1. Tatalah Kamar Dan Meja Dengan Baik

Ruangan belajar yang nyaman nantinya akan dapat membuat kegiatan belajar menjadi lebih produktif. Jadi seseorang akan lebih fokus dan berkonsentrasi saat belajar di ruangan yang rapi dan bersih. Jika seseorang ingin belajar di kamar, maka alangkah baiknya untuk merapikan dan membersihkan kamar terlebih dahulu sebelum belajar.

Suasana kamar yang rapi dan bersih nantinya akan membuat pikiran menjadi tenang. Dengan begitu maka seseorang bisa belajar secara fokus dan konsentrasi. Nantinya seseorang tidak akan terganggu dengan barang-barang yang semrawut di kamar.

2. Jauhkanlah Gadget Dari Jangkauan Dan Pandangan

Cara fokus belajar di rumah yang wajib dilakukan ialah menjauhkan gadget atau smartphone dari jangkauan dan pandangan. Saat sedang belajar,alangkah baiknya untuk memasang status ‘busy’ di media sosial ataupun di aplikasi chat yang ada pada smartphone.

Tak hanya itu saja, aturlah nada dering menjadi silent atau diam. Setelah itu simpanlah gadget atau smartphone tersebut di tempat yang tersembunyi dan sulit dijangkau oleh tangan. Dengan begitu maka seseorang tidak akan tergoda untuk membuka dan melihat-lihat gadget atau smartphone saat belajar di rumah.

3. Jangan Biarkan Perut Kosong

Salah satu cara fokus belajar di rumah yang tidak boleh disepelekan dan tidak boleh dilupakan  adalah jangan membiarkan perut dalam keadaan kosong. Saat belajar dengan keadaan perut kosong maka nantinya seseorang akan merasa sulit untuk bisa fokus atau konsentrasi. Suara dari perut yang kosong akan dapat mengganggu kegiatan belajar seseorang.

Jadi, sebelum belajar alangkah baiknya untuk mengisi perut terlebih dahulu dengan makanan atau camilan yang sehat. Namun ingat, jangan terlalu banyak makan karena nantinya akan menimbulkan rasa kenyang yang berlebihan. Rasa kenyang tersebut akan membuat seseorang menjadi mudah mengantuk. Jika mengantuk maka kegiatan belajar akan terganggu dan tidak fokus.

4. Cukup Tidur Dan Istirahat

Banyak pelajar atau mahasiswa di Indonesia yang mudah mengantuk saat belajar. Namun berbeda dengan menonton TV, banyak orang yang betah menonton TV berjam-jam tanpa merasa ngantuk. Hal tersebut dikarenakan, belajar membutuhkan banyak energi dan pikiran, sedangkan menonton TV tidak membutuhkan banyak energi dan pikiran.

Saat energi berkurang, tubuh akan merespon hal tersebut dengan menimbulkan rasa kantuk. Itu adalah tanda bahwa tubuh membutuhkan istirahat yang cukup. Jadi untuk bisa fokus belajar, seseorang harus istirahat dan tidur yang cukup. Setelah istirahat dan tidur yang cukup maka tubuh akan terasa segar dan bugar.

5. Aturlah Dan Tentukanlah Batas Waktu Belajar

Perlu diketahui bahwa sesuatu yang berlebihan pasti hasilnya tidak akan bagus. Termasuk dalam hal belajar, belajar terus-menerus dan memaksakan diri untuk belajar dalam waktu yang lama akan membuat seseorang merasa lelah dan tidak mendapatkan apa-apa.

Mengatur dan menentukan batas waktu belajar merupakan salah satu cara fokus belajar di rumah yang wajib dilakukan agar belajar menjadi lebih produktif. Jadi tentukanlah terlebih dahulu berapa lama akan belajar dan kapan waktu belajar selesai.

Kegiatan belajar yang ideal bisa dilakukan sekitar 1 sampai 2 jam saja. Dalam waktu tersebut, seseorang dapat berkonsentrasi dan fokus terhadap materi yang sedang dipelajari. Jika masih ada materi lain yang perlu untuk dipelajari, maka diberi jeda sekitar 30 menit. Setelah 30 menit istirahat, maka kegiatan belajar bisa dimulai kembali.

Itu tadi merupakan beberapa penjelasan tentang cara-cara fokus belajar di rumah agar lebih produktif. Bagi seseorang yang merasa sulit untuk bisa fokus saat belajar, maka langsung saja lakukan cara-cara di atas. Fokus saat belajar nantinya akan membuat seseorang menjadi lebih pintar dan pandai.