Ingin Memulai Usaha Ikan Hias? Berikut 5 Jenis Ikan yang Bisa Anda Pilih

  
Usaha Ikan Hias

Sejak dulu, memelihara hewan dirumah menjadi salah satu pilihan hidup yang menarik oleh sebagian orang. Pada umumnya, orang-orang akan sangat senang memelihara hewan yang berbulu halus,  lembut, dan lucu seperti kucing. Banyaknya peminat ikan hias membuat peluang usaha ikan hias kian besar.

Tingginya minat masyarakat dalam memelihara ikan hias ini menyebabkan meningkatnya eksistensi ikan hias dalam lintas jual beli. Peminatnya beragam mulai dari anak-anak hingga dewasa. Selain harus menyesuaikan harga dengan isi kantong, para pembeli juga sangat picky dalam hal keindahan dari ikan hias tersebut.

Berbagai macam ikan hias yang dijual dikenakan harga yang bervariasi. Biasanya  ditentukan berdasarkan corak atau warna dari badan ikan, ekor, kelincahan atau keaktifannya di dalam air, jenis kelamin, dan sebagainya. Dibawah ini beberapa nama ikan hias yang cocok untuk anda jika ingin memulai usaha ikan hias:

1. Ikan Cupang

Ikan ini terbilang sangat populer di pasaran, baik dikalangan anak-anak maupun orangtua. Corak dan warnanya yang beraneka ragam dan indah, membuat ikan ini selalu menempati ruang khusus dihati peminatnya.

Harga yang ditawarkan oleh para penjual pun beragam, mulai dari lima ribu rupiah sampai ada yang paling mahal yaitu dua puluh juta rupiah. Tidak heran jika banyak orang-orang yang rela merogoh kantong demi memiliki ikan yang satu ini. Apalagi bagi mereka yang selalu tertarik untuk mengikuti kontes ikan cupang.

2. Goldfish

Seperti namanya, ikan ini memiliki warna kuning keemasan. Goldfish bisa juga disebut dengan nama ikan mas koki. Warnanya yang cantik dan menawan menjadi salah satu alasan orang berbondong-bondong untuk memeliharanya.

Usaha ikan hias yang satu ini juga menempati posisi yang tinggi di pasaran. Harga jualnya juga beragam, mulai dari tiga puluh ribu rupiah dan sempat memiliki harga jual jutaan rupiah.

3. IKAN GUPPY

Ikan guppy merupakan salah satu jenis ikan tawar yang bisa menjadi pilihan untuk membangun usaha ikan hias. Sama seperti ikan cupang, ikan guppy juga memiliki berbagai macam corak dan warna yang sangat memanjakan mata. Ikan guppy ini ada beberapa jenis seperti ikan guppy metalik, ikan guppy cobra, ikan guppy japan blue, tuxedo, dan masih banyak lagi.

4. Ikan Lohan atau Louhan

Penampilan dari ikan ini sangat unik, karena memiliki sebuah benjolan di bagian kepalanya. Keunikan tersebut menjadi salah satu faktor atau alasan masyarakat ingin membelinya. Pada umumnya, ikan lohan ini memiliki warna merah dengan corak bintik-bintik hitam. Namun ada juga yang berwarna kuning, pink, dan putih. Harga jual ikan hias yang satu ini bervariasi, mulai dari puluhan ribu rupiah hingga jutaan rupiah untuk jenis-jenis tertentu.

5. Ikan Koi

Ikan hias yang memiliki nama ilmiah cyprinus rubrofuscus ini juga dapat menjadi alternatif pilihan dalam membangun usaha ikan. Bagi sebagian orang, ikan koi dianggap sebagai suatu simbol cinta dan persahabatan.

Tidak seperti ikan cupang atau guppy, ikan koi biasanya diletakkan pada kolam yang relatif besar. Ikan ini memiliki warna yang cantik dan vibrant.

Hingga saat ini, usaha ikan  tetap menjadi prioritas bagi sebagian orang. Terlebih lagi pada masa pandemic seperti sekarang ini. Jika ingin menambah penghasilan, bisnis ikan hias bisa menjadi salah satu yang dapat dipertimbangkan. Dengan ketekunan dan kesabaran, seseorang dapat membudidayakan dan usaha ikan hias ini hingga meraup hasil jutaan rupiah.