Virtual Money Adalah Ladang Investasi, Ini Platform yang Bisa Digunakan

  

Cryptocurrency atau yang dikenal juga dengan sebutan virtual money adalah mata uang digital yang kini makin banyak peminatnya. Banyak dari kalangan pebisnis yang menggunakan jenis mata uang ini sebagai investasi. Namun bagi yang asing dengan istilah ini akan bertanya-tanya bagaimana virtual money itu.

Virtual money adalah salah satu representasi dari blockchain yang dampaknya secara langsung dapat dinikmati oleh konsumen. Banyak yang menggunakan mata uang ini sebagai investasi apalagi setelah nilai tukarnya melonjak naik pada tahun 2017 lalu. Meskipun nilai tukarnya berubah-ubah, hal itu tidak mengurangi investor yang ingin berinvestasi dengan mata uang ini.

Cryptocurrency Sebagai Virtual Money

Salah satu jenis virtual money adalah cryprocurrency yang merupakan mata uang digital. Mata uang digital dianggap lebih aman dengan sifatnya yang desentralisasi daripada mata uang fisik yang lumrah digunakan selama ini. Jenis mata uang virtual ini pertama kali ditemukan oleh Satoshi Nakamoto.

Cryptocurrency yang sangat popular adalah bitcoin yang dalam perkembangannya sangat cepat dengan nilai jual yang terus naik. Sifat cryptocurrency yang desentralisasi bisa menghubungkan konsumennya tanpa ada perantara seperti bank maupun pemerintah. Mengirim atau menerima uang dapat dilakukan secara mandiri melalui smartphone.

Menurut data yang bersumber dari Wikipedia, hingga kini tercatat ada 1600 jenis mata uang virtual yang tersebar di seluruh dunia. Nilai tukar terhadap mata uang virtual tidak dapat diatur oleh pihak mana pun karena nilainya tergantung pada permintaan dan penawaran pasar. Hal ini juga yang menyebabkan nilai tukar mata uang virtual berbeda di setiap pasar.

Nilai cryptocurrency yang disetarakan dengan emas sebagai aset berjangka dengan nilai tukar yang fluktuatif menuai banyak pro dan kontra. Ada negara yang mengizinkan mata uang virtual ini sebagai alat pembayaran sah, namun ada yang menolak. Alasannya karena negara telah menetapkan regulasi mata uang resmi bagi negaranya. Dan cyptocurrency tidak termasuk di dalamnya.

Platform Lokal untuk Transaksi Cryptocurrency (Virtual Money)

Setelah membaca ulasan mengenai cryptocurrency sebagai virtual money, maka yang menjadi pembahasan selanjutnya adalah layanan untuk melakukan transaksi tersebut. Mengingat banyak pengguna virtual money di Indonesia dan tertarik untuk berinvestasi, maka beberapa platform berikut ini akan membantu dalam mewujudkan transaksi lokal tersebut.

1. Indodax

Platform ini dulunya dikenal sebagai bitcoin.co.id. Indodax menjadi salah satu platform yang memberikan layanan jual-beli mata uang crypto khususnya di Indonesia. Hingga kini, platform ini dapat melayani transaksi bitcoin dan altoin. Mata uang yang dapat dilayani adalah BTC, XZC, XRP, ETH, IGNIS, TEN, BCH, BTG, dan sebagainya yang bisa diakses melalui www.indodax.com.

2. Luno

Platform local selanjutnya untuk transaksi virtual money adalah Luno yang sebelumnya disebut BitX. BitX adalah platform yang dibuat oleh perusahan asal London yang menyediakan layanan transaksi mata uang crypto berbasis aplikasi dan web di Indonesia. Platform ini dapat melayani jenis BTC dan ETH dan dapat diakses melalui www.luno.com.

3. Triv

Platform lokal untuk transaksi cryptocurrency berikutnya adalah Triv. Layanan transaksi mata uang crypto ini merupakan portal finansial digital yang bersifat local. Platform ini melayani jasa jual-beli mata uang crypto. Mata uang yang dilayani masih terbilang minim, yaitu hanya BTC dan ETH. Platform ini bisa diakses melalui link www.triv.co.id.

4. Tokocrypto

Tokocripto merupakan salah satu platform untuk transaksi cryptocurrency yang baru saja diluncurkan pada 2018 lalu. Untuk mengaksesnya dapat melalui www.tokocrypto.com. Platform ini juga dapat melayani transaksi virtual money seperti BTC dan ETH.

Itulah ulasan mengenai mata uang digital cyptocurrency yang makin popular di kalangan investor. Untuk melakukan transaksi mata uang tersebut maka dibutuhkan sebuah media yang dapat mewadahi transaksi tersebut. Platform virtual money adalah media yang dapat digunakan untuk menunjang transaksi tersebut seperti Indodax, Luno, Triv dan Tokocrypto.