Bagi Pemilik Website Hosting dan Domain Adalah Hal Penting, Ini 3 Alasannya

  
hosting dan domain adalah

Bagi pemilik maupun jasa pembuatan toko online mengetahui apa itu hosting dan domain adalah hal penting. Berikut alasannya.

Hosting dan Domain Saling Bergantung Satu Sama Lain

Hosting dan domain merupakan dua hal yang berbeda. Meski begitu, keduanya bisa menjadi satu kesatuan dan sama-sama penting ketika Anda ingin mengelola website. Hosting merupakan server tempat menyimpan data atau file komputer. Hosting ini bentuknya disesuaikan dengan kebutuhan sehingga bisa disimpan di rak server. Untuk kebutuhan website, hosting yang dibutuhkan adalah web hosting. Ketika Anda menyewa hosting, maka yang disewa hanya layanan penyimpanan data website Anda saja yang nantinya diakses menggunakan IP address.

Sementara itu, domain merupakan nama atau alamat yang mengarahkan ke alamat IP server hosting. Ketika Anda mengetikkan nama domain, itu artinya Anda mengakses ke server IP yang dituju. Menyewa domain sama saja dengan menyewa nama saja namun belum bisa menyimpan data website maupun aplikasi web lainnya.

Itu sebabnya diperlukan pula menyewa hosting sehingga data website bisa ditampilkan ketika diakses pengunjung. Sederhananya, hosting merupakan tempat menyimpan data website, sedangkan domain merupakan nama atau alamat website. Anda bisa menyewa hosting dan domain secara terpisah atau menyewanya di satu penyedia hosting dan domain. Hosting dan domain memang berbeda, namun keduanya saling bergantung satu sama lain.

Hosting dan Domain Berkualitas, Website Lebih Lancar

Meski bisa disewa terpisah, akan lebih baik bila memilih hosting dan domain yang berkualitas. Hosting dan domain adalah dua hal penting yang tak bisa terpisahkan ketika Anda ingin mengelola website sendiri. Pastikan layanan hosting dan domain yang Anda pilih menawarkan garansi dan layanan service terbaik. Pilihlah layanan yang menyediakan media penyimpanan terbaru seperti SSD yang 10 kali lebih cepat dari HDD.

Biasanya layanan hosting dan domain menawarkan paket unlimited bandwith. Manfaatkan penawaran tersebut sehingga tak perlu takut akan kehabisan bandwith ketika mengelola website. Fitur control panel yang memudahkan pengelola website juga layak dipertimbangkan. Hal ini karena tak semua pemilik website memahami bahasa pemrograman sehingga Control Panel yang user friendly sangatlah dibutuhkan.

Mendapat Bonus Paket Gratis

Tak sedikit layanan hosting yang menawarkan paket pembelian hosting gratis domain. Paket seperti ini sangat cocok untuk pemilik website pemula yang belum begitu paham perihal order domain maupun hosting. Paket hosting gratis domain merupakan paket hemat yang tak merepotkan sekaligus lebih murah. Biasanya paket ini sudah dilengkapi dengan SSL murah atau gratis sehingga website Anda lebih aman.

Hosting harus aktif selama 24 jam sehingga website bisa tetap diakses. Untuk itu pilihlah layanan hosting dan domain yang bagus demi mengurangi kemungkinan server down. Sebelum memesan domain, pastikan pula untuk sudah menyiapkan nama domainnya demi mengurangi kesalahan penulisan domain yang berakibat tak bisa melakukan refund. Ingat, hosting dan domain adalah dua unsur penting untuk operasional website yang lancar sehingga pilihlah yang terbaik.