Apa Itu Blogging dan Jenis-Jenis Blog

  
apa itu blogging

Istilah Blog pertama kali dikenalkan oleh seorang laki-laki yang bernama Peter Merholz. Blog saat ini menjadi wadah alternatif bagi seseorang yang memiliki hobi menulis. Banyak orang yang mengenal Blog sebagai diary online, namun makin kesini fungsi blog lebih fleksibel. Dalam dunia per”blog”an ada istilah-istilah seperti blogging dan bloger. Kedua istilah tersebut berkaitan langsung dengan blog namun memiliki arti yang berbeda. Apa itu blogging ? Simaklah penjelasan dibawah ini arti dari blogging dan 5 jenis blog.

Apa Itu Blogging?

Blog adalah sebuah website berisikan konten-konten yang bersifat personal bagi penulisnya. Wadah ini sering digunakan orang untuk menulis jurnal, ide, pengalaman pribadi, dan opini penulis terhadap suatu masalah yang sedang viral di masyarakat. Orang dulu menyebut blog sama dengan diary online. Namun presepsi mengenai blog itu berubah seiring berjalannya waktu. Kini blog sudah banyak difungsikan untuk hal-hal lainnya seperti sarana edukasi, bisnis, artikel pengetahuan, dan lain-lain.

Di dunia blog orang banyak menyebut istilah blogging. Apa itu blogging? Sebuah kegiatan menulis konten atau jurnal yang diposting ke blog. Saat ini blogging menjadi hobi kebanyakan orang yang suka menulis. Orang yang dulu menulis pengalamannya di buku secara manual berganti pindah ke blog karena lebih mudah untuk dilakukan. Istilah blogging sering digunakan oleh blogger untuk menyebutkan kegiatannya. Ap aitu blogger? Yaitu penulis blog yang sering memposting jurnalnya.

Jenis-Jenis Blog

Perkembangan dunia yang semakin canggih membuat semua hal mudah untuk dilakukan. Itulah pengaruh dari jaringan internet yang saat ini sudah menyebar kemana-mana. Blog ialah contoh produk dari perkembangan teknologi. Jika dulu orang menulis di buku, sekarang sudah pindah haluan menulis di blog. Fungsi blog sangat banyak sekali bisa digunakan sebagai media informasi, media komunikasi, media untuk menghasilkan uang dan seterusnya yang bersifat menguntungkan manusia. Ada 5 jenis blog, apa saja itu? Inilah penjabarannya:

1. Blog Pribadi

Jenis blog yang pertama adalah blog pribadi. Sejak kemunculan blog pertama kalinya memang digunakan untuk hal-hal yang bersifat personal seperti diary online atau jurnal harian si penulis. Kini jenis blog ini masih eksis di masyarakat. Blog pribadi adalah blog yang berisikan tentang diri penulis. Konten dari blog ini biasanya tidak teratur dan bebas sesuai dengan apa yang diinginkan penulis. Salah satu blogger sukses yang berhasil menjalankan blog pribadi adalah Raditya Dika.

2. Blog Profesional

Nah, jenis blog ini adalah kebalikan dari blog pribadi yaitu blog professional. Mendengar kata professional berarti sudah tau bahwa blog jenis ini bertujuan untuk menjadi ahli dibidangnya. Blog professional dijalani oleh penulis yang serius dalam mengisi atau menjelaskan kontennya. Contohnya ada sebuah blog di bidang animal maka penulis akan mengisi blog tersebut dengan konten-konten yang bersingunggan langsung dengan dunia hewan.

3. Blog Bisnis

Lain lagi dengan jenis blog lainnya, blog bisnis merupakan blog yang di-alih fungsikan untuk menghasilkan uang dari internet. Blog ini biasanya mendaftar ke Google AdSense untuk mendapatkan layanan iklan dari Google. Iklan yang ditampilkan di dashboard blog lalu dilihat oleh orang banyak akan menghasilkan pundi-pundi rupiah yang tidak sedikit. Banyak yang mencari pundi-pundi rupiah (uang) dengan dengan melakukan hal ini. Selain mudah untk dilakukan, tenaga pun tidak akan terkikis terlalu banyak.

4. Blog Niche

Selanjutnya adalah blog niche. Apaitu blog niche? Blog yang bertujuan kontennya menduduki halaman pertama pada mesin pencarian. Blog ini biasanya menaruh focus pada kata kunci (keyword) agar artikel pemiliki blog dapat mudah dicari di mesin pencarian atau Google Search. Kelemahan dari blog niche adalah apabila Google mengubah algoritmanya maka blog tersebut akan kehilangan pengunjungnya dalam sekejap.

5. Blog Perusahaan

Jenis blog terakhir adalah blog perusahaan. Sesuai dengan namanya blog ini sering dipakai oleh perusahaan untuk memberikan pengumuman, meletakkan produk perusahaan, memperkenalkan produk, dan berkomunikasi dengan customer. Saat ini sudah banyak perusahaan yang memasukkan blog ke website resmi perusahaan. Cara ini sangat efektif untuk memperluas pasar dan memasarkan produk-produk perusahaan.

Postingan pada blog bersifat kronologis yang artinya diurutkan sesuai waktu pemostingan konten tersebut. Justin hall merupakan pionir lahirnya blog ke dunia ini. Beliau membuat jurnal harian dengan background sederhana yang berwarna putih. Dulu namanya bukanlah blog melainkan personal home page dan berganti lagi menjadi web blog. Nah pada tahun 1999 seorang designer mengubah web blog menjadi blog karena menurutnya lebih singkat. Itulah penjelasan mengenai apa itu blogging dan jenis-jenis blog.