Jenis-jenis Olah Raga Kardio Untuk Membakar Lemak

  
Olah raga kardio untuk membakar lemak

Tubuh ideal memang impian semua orang. Biasanya orang berpikir untuk mendapatkan tubuh yang ideal perlu rutin pergi ke tempat gym untuk berolahraga. Tapi, nyatanya ada loh jenis olah raga kardio untuk membakar lemak yang bisa dilakukan tanpa pergi ke tempat gym.

Olah raga kardio merupakan olahraga yang memacu detak jantung sehingga pembuluh darah bisa mengaliri darah lebih banyak ke otot dan mempercepat proses pembakaran lemak dalam tubuh. Olah raga kardio ini sangat cocok bagi siapapun yang ingin membakar lemak dan menurunkan berat badan.

Banyak sekali jenis olah raga kardio untuk membakar lemak yang efektif untuk meraih tubuh ideal tanpa perlu pergi ke tempat gym. Apa saja ya? Yuk, simak rangkumannya berikut ini:

1. Jogging

Meskipun jogging adalah salah satu aktivitas berlari dengan kecepatan lambat atau santai. Namun ternyata jogging adalah salah satu jenis olah raga kardio karena jogging dapat meningkatkan detak jantung sehingga mampu membakar lemak.

Olah raga jogging ini juga sangat mudah dilakukan. Jenis olah raga satu ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Tapi biasanya waktu terbaik untuk jogging adalah di pagi hari sambil menghirup udara segar kaya oksigen yang sehat.

2. Lompat Tali

Pasti banyak yang sudah tak asing lagi dengan olahraga satu ini. Sejak kecil kita telah mengenal jenis olah raga ini sebagai olah raga yang seru. Tapi nyatanya lompat tali ini juga termasuk kedalam olah raga kardio untuk membakar lemak.

Gerakan lompat yang memacu intensitas detak jantung ini menjadikan alasan mengapa olah raga lompat tali ini jadi salah satu olah raga yang efektif untuk membakar lemak.

3. Zumba

Zumba adalah salah satu jenis senam kebugaran tubuh atau yang sering juga disebut senam jantung. Dengan mendengar nama senam jantung saja, banyak orang pasti sudah tahu bahwa gerakan-gerakan dalam Zumba ini akan memacu pompa darah dari jantung ke otot. Sehingga memudahkan pembakaran lemak.

Jika tertarik untuk melakukan olah raga zumba, selain mengikuti kelas Zumba, bisa juga menonton video senam Zumba yang banyak tersebar di internet dan mengikuti gerakannya di rumah.

4. Naik Turun Tangga

Pernah melihat atlet berolahraga dengan berlari naik turun tangga? Nah, olahraga yang bisa terbilang mudah ini nyatanya juga sangat efektif untuk membakar lemak. Selain itu efektif pula meningkatkan intensitas detak jantung saat berolahraga.

Untuk melakukan olah raga satu ini bisa menggunakan tangga yang ada di rumah atau pergi ke stadion terdekat dan berlatih seperti layaknya atlet.

5. HIIT Cardio

High Intensity Interval Training atau yang lebih sering dikenal dengan HIIT adalah salah satu jenis olah raga kardio yang berisi kumpulan gerakan-gerakan dengan durasi singkat. Dan dengan kombinasi intensitas gerakan rendah dan tinggi.

Gerakan-gerakan HIIT cardio yang sangat efektif untuk membakar lemak di antaranya gerakan burpees, knee push-up, jumping jack, up and down plank, squat jump, high knee, dan masih banyak lagi. Gerakan-gerakan ini biasanya masing-masing dilakukan selama 20 detik dengan jeda 10 detik di setiap perpindahan gerakannya.

Biasanya, dalam melakukan HIIT Cardio kita melakukannya dengan memilih 5 gerakan lalu mengulangi gerakan tersebut sebanyak dua kali dan tetap dengan durasi seperti yang telah dijelaskan di atas.

Demikian jenis-jenis olah raga kardio untuk membakar lemak yang bisa dilakukan dengan mudah dan tanpa perlu pergi ke tempat gym. Lakukanlah olah raga kardio ini secara rutin agar bisa membakar lemak secara optimal. Untuk pemula, pilihlah olahraga yang paling ringan terlebih dahulu. Lalu, tingkatkan intensitas olah raga kardio dari waktu ke waktu agar hasilnya lebih maksimal.