104. Jenis-Jenis Olahraga Yang Aman Saat Pandemi Corona

  

Sekarang banyak Negara di dunia yang terpapar virus corona salah satunya adalah Negara Indonesia. Untuk memutus mata rantai virus corona, pemerintah menghimbau melakukan Physical Distancing.  Selain itu, masyarakat harus menjaga kesehatan. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan berolahraga. Berikut adalah beberapa penjelasan tentang jenis olahraga yang aman saat pandemi corona

1. Senam Aerobik

Perlu diketahui bahwa senam aerobik ini sangat cocok dilakukan seseorang saat berada di rumah. Seseorang bisa melakukan gerakan senam yang mudah terlebih dahulu misalnya saja senam zumba. Untuk bisa melakukan senam zumba dengan baik dan benar, seseorang bisa melakukannya dengan mengikuti video tutorial.

Selain itu, seseorang juga bisa melakukan senam aerobik bersama teman-teman di rumah masing-masing melalui video conference. Nantinya akan ada seorang instruktur senam yang akan mengarahkan dan memberikan berbagai macam gerakan senam.

Gerakan-gerakan senam tersebut nantinya akan membuat tubuh menjadi berkeringat. Dengan begitu maka tubuh akan menjadi segar dan bugar. Tak hanya itu saja, ternyata senam aerobik juga dapat meredakan stress dan kecemasan karena pandemi corona.

2. Kardio

Salah satu olahraga yang aman saat pandemi corona adalah kardio. Perlu diketahui bahwa olahraga jenis ini sangat bermanfaat untuk membakar lemak dalam tubuh. Selain itu, kardio juga dipercaya dapat membuat tubuh menjadi berkeringat, sehingga tubuh menjadi lebih segar.

Untuk seseorang yang mempunyai alat kardio seperti sepeda statis, treadmill dan lain-lain, maka seseorang dapat memanfaatkan alat tersebut untuk berolahraga kardio. Namun untuk yang tidak mempunyai sepeda statis atau treadmill, jangan khawatir, karena kardio juga bisa dilakukan dengan menggunakan skipping atau lompat tali.

3. Yoga

Olahraga yang satu ini memang kelihatanya sangat mudah untuk dilakukan. Namun jika yoga ini dilakukan dengan sungguh-sungguh, maka yoga ini dapat membakar lemak yang ada dalam tubuh. Tak hanya itu saja, yoga juga dapat membuat tubuh menjadi berkeringat. Gerakan-gerakan yoga ini nantinya akan membuat tubuh menjadi segar, tenang dan santai.

Dengan begitu maka gangguan kecemasan yang datang saat pandemi corona ini akan berkurang bahkan menghilang. Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang aman saat pandemi corona, karena dapat dilakukan di rumah, gerakan-gerakan yoga dapat membuat metabolisme tubuh menjadi kuat serta dapat meningkatkan energi dalam tubuh.

4. Push Up

Perlu diketahui bahwa ada beberapa olahraga yang aman saat pandemi corona salah satunya adalah push up. Olahraga push up ini sangat cocok dilakukan saat pandemic corona karena bisa dilakukan di rumah dan tidak membutuhkan alat khusus.

Bagi seseorang yang ingin memiliki tubuh yang ideal dan kuat, maka tidak ada salahnya jika melakukan olahraga push up ini secara teratur. Hal tersebut dikarenakan, push up dapat memperkuat tubuh bagian dada. Lakukan olahraga push up secara rutin dan teratur, supaya otot dada menjadi kuat dan tubuh menjadi segar.

5. Tai Chi

Mungkin masih banyak orang yang bertanya-tanya apa itu Tai Chi. Tai Chi adalah seni beladiri yang berasal dari China dimana didalamnya terdapat gerakan senam kesehatan. Seni beladiri yang satu ini dapat mengembalikan mood dan mengembalikan energi positif pada tubuh seseorang.

Tai Chi ini hampir mirip dengan yoga, namun dalam Tai Chi ini terdapat lebih banyak gerakan daripada yoga. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa seseorang yang rutin melakukan Tai Chi selama 3 bulan nantinya akan mampu membawa perubahan terhadap perilaku seseorang menjadi lebih baik. Selain itu, melakukan Tai Chi secara rutin dan teratur juga bermanfaat untuk menurunkan tingkat kecemasan.

Itu tadi merupakan beberapa penjelasan tentang jenis-jenis olahraga yang aman saat pandemi corona. Saat pandemi corona seperti ini, alangkah baiknya untuk selalu melakukan hal-hal positif agar tubuh tetap sehat dan pikiran tetap tenang. Hal-hal positif yang bisa dilakukan dirumah antara lain adalah olahraga, beribadah, masak dan lain sebagainya.