Cara Cek Nomor Kartu Keluarga Dengan Mudah

  

Di era serba digital seperti saat ini, semua dipermudah dalam segala hal. Mulai dari cara mendaftar, mengecek dan mencari sesuatu lewat media online. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara cek nomor kartu keluarga dengan mudah. Saat ini mudah dan cepat memang adalah yang dicari oleh semua orang.

Ada beberapa cara cek nomor kartu keluarga dengan sangat mudah tanpa membuat seseorang menjadi bingung dan pusing. Fungsi dari cek ini adalah untuk mengetahui kevalidan dari kartu keluarga yang digunakan, apakah sudah tersimpan didalam database pemerintah pusat ataukah belum. Berikut beberapa cara mudah yang bisa diikuti tersebut :

Via Website

Alasan yang satu ini perlu dicoba untuk mengetahui apakah kartu keluarga yang digunakan oleh masing-masing orang sudah tersimpan dalam database kependudukan pusat. Masing-masing warga wajib menceknya sendiri agar mengetahui langsung hasilnya.

Semua semakin dekat, efektif dan efisien tak perlu membuang tenaga serta waktu untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Supaya lebih memahami dan mengerti mengenai cara cek nomor KK bisa mengikuti langkah cek via website dibawah ini.

Caranya adalah dengan menggunakan website dengan alamat Dukcapil. Setelah mengetik kata Dukcapil dibagian belakangnya adalah kota tempat tinggal masing-masing warga. Contohnya: https://disdukcapil.demakkota.go.id/. Maka akan langsung muncul menu cek nomor kartu keluarga. Tinggal masukkan saja pada bagian kolom yang wajib diisi, yaitu nomor NIK, KTP dan nama ibu kandung sesuai dengan KK.

Setelah melakukan pengisian tersebut tak lama hasil akan langsung muncul semuanya dengan lengkap. Apabila tidak muncul maka perlu diadakannya pendataan ulang ke kelurahan masing-masing. Fungsinya agar data warga bisa disimpan dan bisa cek secara website, hingga lebih mudah memantaunya.

Via Media Online

Ada acara mudah lainnya tanpa memakan waktu banyak, yaitu dengan cara cek nomor secara online. Menggunakan aplikasi facebook: Halo Dukcapil atau cara lainnya yaitu menggunakan aplikasi twitter: @ccdukcapil. Melalui media email juga ada alamatnya yaitu: callcenter.dukcapil@gmail.com. Meskipun hasil yang didapat via email akan lama didapat.

Apapun jenis cara mengeceknya jangan pernah melakukan share melalui facebook atau twiter kepada umum dan begitu juga pada jenis aplikasi lainnya. Sebelum terjadi sesuatu hal yang buruk sebaiknya hindari saja hal-hal yang dapat membahayakan terhadap diri sendiri.

Via Sms dan Whatsapp

Cara cek nomor kartu keluarga via aplikasi sms dan whatsapp juga sangat mudah. Format yang digunakan tinggal ketik: NIK#nomor induk kependudukan. Kemudian dikirim ke  08118005371. Menggunakan via whatsaap silahkan ke nomor 08118005373. Hotline ke nomor 1500537. Apabila dengan menggunakan metode diatas maka system yang akan menjawabnya dan pada jam kerja akan langsung mendapatkan balasan.

Sudah tahu bagaimana cara cek nomor kartu keluarga dengan cara yang mudah dan cepat bukan? Saatnya mempraktekkan mulai dari kartu keluarga pribadi masing-masing, apakah masih valid atau tidak. Ikuti langkah-langkah diatas supaya tidak tersesat dan salah langkah adalah cara terbaik. Tanpa mencek segala sesuatunya belum bisa dikatakan kalau hal ini adalah mudah dilakukan.

Demikian pembahasan cara cek nomor kartu keluarga. Demi keamanan pribadi, masing-masing dan bersama, dihimbau apabila melakukan cek nomor  tersebut agar tidak menyebar luaskan hasilnya. Hal ini untuk menghindari segala sesuatu hal yang tidak diinginkan. Bisa saja menimpa pribadi masing-masing dan kerugian yang ditimbulkan oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab, bila hasil diketahui oleh publik.