Mengupas Cara Investasi Emas di Pegadaian yang Tepat Untuk Pemula

  

Cara investasi emas di Pegadaian sangat penting untuk dipahami terutama bagi para pemula. Bukan sekedar ikut-ikutan maupun iseng belaka. Berinvestasi emas merupakan salah satu cara mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Sebab emas satu-satunya aset keuangan yang cenderung stabil terhadap laju pertumbuhan inflasi.

Berinvestasi emas sebenarnya sangat menguntungkan, apabila mengetahui cara  dan kendaraan investasi yang tepat. Pegadaian sebagai salah satu BUMN, merupakan salah satu kendaraan untuk berinvestasi emas yang dapat diandalkan. Terutama bagi para pemula yang sedang memulai berinvestasi emas. Beberapa cara investasi emas di Pegadaian yang tepat untuk pemula dapat dijabarkan sebagaimana berikut:

1. Mulia Tunai

Memulai cara investasi emas di Pegadaian yang pertama adalah dengan pembelian logam mulia secara tunai. Layanan Mulia Tunai di Pegadaian ini relatif mudah, karena tersedia di 629 outlet milik Galeri 24 Pegadaian. Nasabah cukup datang langsung ke salah satu outlet Galeri 24 terdekat.

Calan nasabah hanya perlu menunjukan identitas diri, seperti KTP/SIM/ yang berlaku. Dan memilih emas batangan yang hendak dibeli, mulai dari 1 gram hingga 1 kilogram. Dengan proses layanan yang cepat dan mudah, nasabah pun dapat memiliki emas batangan yang hendak dijadikan investasikan secara mandiri.

2. Arisan Dan Kolektif

Untuk para nasabah yang kesulitan dalam berinvestasi emas, pegadaian  menawarkan layanan Mulia kolektif dan arisan emas. Dan produk arisan emas ini merupakan cara investasi emas di Pegadaian yang cukup murah dan mudah bagi pemula. Nasabah dapat mengikuti program arisan emas ini dengan membuat kelompok yang anggotanya minimal 6 orang.

Dengan menyertakan persyaratan administrasi masing-masing anggotanya, seperti; fotocopy KTP dan uang muka mulai 10% dari harga emas yang akan dipakai arisan pada waktu pendaftaran program. Pelaksanaan arisan dilaksanakan secara terbuka dan cukup transparan. Sedangkan uang muka sebesar 20% untuk mulia kolektif dengan masa program hingga 36 bulan.

3. Tabungan Emas           

Salah produk unggulan dalam berinvestasi emas di lembaga BUMN ini adalah produk Tabungan Emas. yang merupakan bentuk kepedulian Pegadaian untuk memudahkan masyarakat dalam berinvestasi emas. Hanya dengan nominal Rp 5 ribu saja seseorang sudah dapat mengikuti program investasi ini.

Untuk mengikuti program tabungan emas di BUMN ini, calon nasabah hanya cukup menyerahkan fotocopy KTP-nya dan setoran awal serta mengisi kelengkapan data informasi. Uang yang ditabung tersebut akan dikonversikan ke dalam bentuk gram emas, sesuai dengan harga emas dunia saat itu. Setelah tabungan emas tersebut terkumpul sejumlah 1 gram, maka dapat dicairkan dalam bentuk emas fisik.  

4. Konsinyasi Emas

Produk layanan konsinyasi emas di Pegadaian, merupakan salah satu layanan investasi dengan skema titip jual. Jadi dengan skema ini, seorang nasabah akan dapat menitipkan emasnya di pegadaian untuk dijualkan kepada nasabah Pegadaian lainnya. Dengan harga jual sesuai nilai pasar pada saat itu. Nasabah yang berminat mengikuti program konsinyasi ini, hanya perlu menyerahkan fotocopy KTP yang berlaku saja.

5. Produk Emasku

Pegadaian juga menawarkan produk investasi emas batangan, yang lebih dikenal dengan layanan Emasku. Merupakan salah cara memiliki emas untuk investasi dengan mengangsur hingga 1 bulan. Selain mudah dan praktis, juga cukup ekonomis dengan nominal mulai Rp150 ribu saja. Hanya dengan melengkapi persyaratan fotocopy KTP dan administrasi, seseorang sudah dapat mengikuti layanan Emasku.

Keuntungan dari produk layanan Emasku adalah kemudahan bagi setiap orang untuk berinvestasi emas, meskipun dana yang dimilikinya cukup terbatas. selain itu setiap peserta juga akan mendapat perlindungan asuransi. Dari kecelakaan, meninggal hingga cacat tetap akibat kecelakaan. Dengan nilai pertanggungan hingga Rp30 juta.

Nah, demikian cara investasi emas di Pegadaian yang tepat untuk para pemula. Kestabilan nilai beli emas terhadap tekanan inflasi layak untuk dijadikan investasi masa depan. Karena setiap orang memiliki kemampuan keuangan yang berbeda, maka pilih cara berinvestasi emas yang tepat. Semoga menginspirasi dan bermanfaat.