Cara Membuat Tanda Tangan Digital di Word Dengan Cepat dan Mudah

  
Cara Membuat Tanda Tangan Digital di Word

Tanda tangan digital merupakan salah satu bentuk legitimasi suatu dokumen yang terenkripsi secara elektronik. Apalagi di era serba digital, kebutuhan tanda tangan yang terenkripsi di aplikasi ms word sangatlah penting. Tetapi banyak orang yang belum paham atau mengetahui cara membuat tanda tangan digital di word. Untuk itu diperlukan tips membuat tanda tangan dalam bentuk digital yang praktis cepat dan mudah.

Pada umumnya tanda tangan digital dilakukan dengan menggunakan pena dan teknik khusus. Tentu saja tidak semua orang dapat melakukannya, sehingga diperlukan tips untuk membuat tanda tangan secara digital. Cara membuat tanda tangan digital di word dengan cepat dan mudah dapat dilakukan sebagaimana berikut:

1. Dengan Kertas HVS

Cara membuat tanda tangan digital di word yang paling sederhana adalah dengan menggunakan kertas HVS. Dimulai Dengan membuat tanda tangan seperti biasa di atas kertas HVS. Lalu hasilnya di foto menggunakan kamera  ponsel, bidik dan jepret tanda tangan tersebut.  Agar hasilnya bagus sebaiknya dilakukan dengan presisi mungkin.

Selanjutnya transfer hasil foto tanda tangan tersebut ke laptop atau komputer pribadi pengguna. Lakukan proses editing foto tersebut menggunakan adobe photoshop untuk hasil yang lebih bagus. Tempatkan hasil editan tersebut pada tempat di word yang sudah dipersiapkan.

2. Dengan Scanner

Untuk cara membuat tanda tangan digital di word yang kedua adalah dengan menggunakan scanner. Meskipun sedikit lebih rumit, tetapi cara ini ini relatif lebih halus hasilnya. Apalagi jika tanda tangan yang hendak dibuat tersebut cukup sulit dan rumit. diawali dengan menuliskan tanda tangan di atas kertas HVS.

Buka adobe photoshop yang telah disambungkan dengan scanner dan letakkan kertas HVS tersebut di atasnya. Lakukan proses scanner, selanjutnya edit dan simpan hasilnya ke dalam format jpg. Lalu sisipkan hasil edit scanner tersebut ke dalam ms.word yang telah disiapkan dan atur posisinya sebaik mungkin.

3. Program Paint

Program Paint merupakan salah satu cara untuk membuat tanda tangan digital yang terbilang paling mudah. Waktu yang dibutuhkan hanya kurang lebih 2 menit saja.  Diawali dengan membuka program-paint, selanjutnya di bagian ribbon-nya, buka brush dan pilih jenis kuasnya. Kemudian buat tanda tangan, simpan lalu tekan ctrl+C, untuk copy dan sisipkan tanda tangan tersebut ke dalam ms.word-nya.

4. Cara Tampil Alami

Agar tanda tangan digital tersebut tampak lebih alami dan tidak berkesan kaku, tentunya dibutuhkan pengaturan khusus. Untuk itu gunakan teknik pengaturan gambar tanda tangan tersebut, seolah-olah muncul dari balik tulisan. maka, lakukan klik di gambar tanda tangan tersebut, lalu  pilih behind text pada wrap text-nya.

5. Menggunakan Baris

Menggunakan baris pada tanda tangan digital juga dapat dilakukan dengan  mengklik lokasi yang menjadi keinginan. kemudian klik dan  sisipkan baris-tanda-tangan.  Setelah di klik baris-tanda-tangan ms.word-nya.  Lakukan pengaturan posisi tanda tangan dan ketikan nama terang dalam kotak penandatangan. dan klik ok.

6. Dua Kolom

Membuat dua buah kolom tanda tangan secara berdampingan juga dapat dilakukan. Diawali dengan menyisipkan foto tanda tangan yang telah dipersiapkan sebelumnya di lokasi dalam dokumen ms.word. Selanjutnya klik ribbon-insert dan table, ketik keterangan yang diperlukannya. Agar terlihat rapi klik borders dan pilih no border.

7. Digital Signature Ms.Word 2010

Digital Signature Ms.Word 2010 ini biasanya diperuntukan untuk dokumen yang akan dicetak setelah ada pengesahannya. Dimulai dengan memilih dokumen yang hendak diberikan tanda tangan. Lalu klik file, pilih info. Selanjutnya klik protect document pada bagian permissions-nya dan pilih add-a-digital-signature.

Nah, demikian cara membuat tanda tangan digital di word dengan mudah dan cepat khususnya untuk pemula. Sehingga dokumen  word tersebut lebih tervalidasi dengan adanya tanda tangan. Kemajuan di era digital ini, semakin memudahkan bagi seorang pemula untuk membuat tanda tangan secara digital. Semoga menginspirasi dan bermanfaat