Pegadaian Digital! Inilah Cara Mudah Gadai Online di Pegadaian

  

Di era digital saat ini aspek kehidupan bisa dilakukan dengan menggunakan kecanggihan teknologi. Termasuk menggadaikan barang yang hanya memerlukan gawai dan koneksi internet. Seseorang yang ingin menggadaikan barang tidak perlu lagi mengunjungi pegadaian yang harus antri, menyita waktu dan tenaga. Pegadaian Indonesia telah memfasilitasi layanan untuk menggadaikan barang menggunakan aplikasi atau situs resmi pegadaian. Cara mudah gadai online di pegadaian ini hanya terdiri dari beberapa langkah saja. Yuk simak ulasannya.

1. Download Aplikasi atau Kunjungi Situsnya

Pertama yang harus dilakukan ialah unduh aplikasi Pegadaian Digital resmi dari Pegadaian Indonesia di PlayStore gawai dan pastikan mengunduh aplikasi yang benar. Jika mengunduh aplikasi tidak memungkinkan, memori tak cukup misalnya maka bisa mengunjungi situs resmi pegadaian yaitu digital.pegadaian.co.id. Langkahnya sama saja dengan menggunakan aplikasi.

2. Daftar Akun

Daftar dengan menginput nomor ponsel dan email. Kode registrasi akan dikirim via email atau nomer tersebut. Jadi pastikan nomor ponsel atau email aktif. Melalui aplikasi ini pengguna bisa mendapatkan semua informasi semua, produk pegadaian persis jika mengunjungi kantornya. Mulai dari kredit, tabungan emas dan sebagainya.

3. Masuk ke Menu Gadai dan Isi Formulir

Jika sudah dapat masuk ke aplikasi klik menu Gadai dan selanjutnya akan muncul formulir pengajuan gadai. Isi formulir atau data diri nasabah dan barang tanpa ada kesalahan dan tidak ada yang terlewat. Kesalahan pengisian data akan menyulitkan proses selanjutnya. Jadi, pastikan data telah terinput dengan benar sebelum di submit.

4. Pilih Jenis Barang yang akan Digadaikan

Pilih jenis barang yang akan digadaikan. Barang yang bisa digadaikan diantaranya emas termasuk koin emas, logam mulia, emas batangan, dinar dan perhiasan. Selain itu barang elektronik mulai dari televisi, kulkas, laptop, ponsel, kamera. Alat pertanian seperti mesin diesel, traktor tangan, mesin air dan lain sebagainya.

Kendaraan sepeda motor dan mobil juga bisa digadaikan dengan menyertakan STNK dan BPKB. Sertifikat rumah dan tanah pun bisa menjadi nilai yang paling tinggi diantara barang lainnya.

5. Input Data Barang

Masukkan data barang selengkap dan sejelas mungkin. Foto barang yang diinput pun harus menampakkan kondisi barang yang sesungguhnya agar tidak ada masalah di kemudian hari. Semakin baik kondisi barang maka nilai gadainya pun akan semakin tinggi. Jadi, jika ada barang yang lebih baik kondisinya silahkan diajukan untuk memperoleh nilai gadai yang tinggi.

6. Pilih Layanan Pickup and Delivery Service

Selesaikan proses pengisian formulir dengan memilih layanan Pickup and Delivery Service. Jika pengajuan gadai telah disetujui maka petugas akan datang ke alamat yang dicantumkan. Barang akan dicek kelayakan dan keasliannya terlebih dahulu sebelum disimpan di Pegadaian. Siapkan pula berkas-berkas yang dibutuhkan seperti BPKB dan STNK jika menggadaikan kendaraan.

7. Besar Agunan akan Dikirim ke Rekening

Nilai gadai yang telah disebutkan dalam proses pengisian formulir akan dikirim ke rekening yang telah dicantumkan. Cara mudah gadai online di pegadaian pun selesai dan tunggu petugas datang ke alamat nasabah.

Bagaimana? Cara mudah gadai online di pegadaian ini adalah solusi tepat bagi nasabah yang butuh dana di masa pandemi karena tanpa keluar rumah dan terhindar dari kerumunan yang biasanya terjadi di kantor pegadaian.Cara ini pun lebih praktis karena tidak membuang waktu dengan menunggu antrian.

Jika terdapat kesulitan atau masalah bisa menghubungi Customer Service, selain via nomor, nasabah juga bisa menghubungi via email di email cs.digital@pegadaian.co.id.