Cara Menjadi Penulis Lepas yang Handal Dan Profesional

  
cara menjadi penulis lepas

Banyak peluang yang dapat dijadikan karir dari sekedar hobi menulis. Salah satunya dengan menjadi penulis lepas yang tidak terikat dengan instansi manapun dan bersifat independen. Agar hobi menulis dapat dijadikan sandaran hidup, maka diperlukan cara menjadi penulis lepas yang handal dan profesional.

Mengingat semakin banyaknya blog dan situs yang terus tumbuh dan berkembang seiring dengan perkembangan dunia informasi digital, tentunya diikuti juga dengan meningkatnya kebutuhan artikel. Sehingga mendorong para pemilik blog dan website untuk mendapatkan artikel yang berkualitas sesuai dengan target marketnya. Maka, cara menjadi penulis lepas yang handal dan profesional haruslah memperhatikan sebagaimana berikut:

1. Gaya Penulisan

Salah satu cara menjadi penulis lepas adalah pemilihan gaya penulisan yang sesuai dengan genre dan kemampuannya.  Secara sederhana pilihlah gaya penulisan yang langsung kepada pokok persoalan dan mudah dipahami. Dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan tidak terlalu panjang serta bertele-tele kalimatnya..

Setiap penulis pastinya memiliki gaya kepenulisan yang menjadi ciri khasnya, meskipun artikel yang dibuatnya dari beragam jenis topik. Maka, agar lebih nyaman dalam berkarya sebaiknya gunakan spesialisasi topik yang sesuai kemampuan. Dengan begitu bisa menghasilkan naskah  yang berkualitas baik.

2. Perhatikan Keyword

Cara menjadi penulis lepas yang handal adalah selalu memperhatikan keyword dan penempatannya dalam artikel yang akan dibuat. Penempatan dan penggunaan keyword dalam sebuah artikel sangat penting, sehingga menjadi point yang harus diperhatikan seorang penulis. Untuk itu selalu memperhatikan instruksi penempatan artikel menjadi langkah terbaik.

Kebanyakan penulis pemula menempatkan keyword hingga melebihi dari batas maksimal sebuah artikel. Untuk itu maksimal keyword yang digunakan sebanyak 10% dari jumlah kata yang hendak dibuat. Sehingga tidak menjadikannya spam, yang dapat merugikan klien. Selain itu penempatannya tidak boleh ditumpuk dalam satu paragraf, maka harus disebar sedemikian rupa.

3. Kemampuan Googling

Untuk membuat artikel yang berkualitas, tentunya dibutuhkan bahan rujukan atau sumber informasi yang tepat. Setidaknya gunakan 3 sumber informasi yang berbeda dan terpercaya sebagai bahan rujukannya. Sehingga materinya yang dapat dijadikan pembanding untuk menyusun artikel yang akan dibuat.

4. Format Artikel

Hal yang selalu menjadi persoalan dasar para penulis pemula adalah cara memformat artikel yang dibuatnya, agar sesuai dengan instruksi atau permintaan klien. Untuk itu perhatikan instruksi yang berkaitan dengan naskah tersebut. Pahami cara penggunaan heading yang benar, jangan asal membagi topik saja.  

Selain itu hindari penggunaan kalimat yang panjang dan menjemukan, maka pilih kalimat yang pendek dan mudah dipahami. Apabila terjadi kesalahan dari artikel yang dibuat tentunya akan diminta revisi atau perbaikan naskah. Maka seorang penulis yang baik harus segera merespon dan memperbaiki naskah tersebut, sesuai dengan instruksi editornya.

5. Disiplin Bekerja

Menjadi penulis handal yang tidak cukup hanya menghasilkan karya yang berkualitas saja, tetapi juga sesuai dengan deadline kerjanya.  Sikap profesionalisme kerja seorang penulis lepas adalah bekerja dengan disiplin sesuai target waktunya. Sehingga akan mendapatkan nilai lebih dari klien pengguna jasanya.

Meskipun sifatnya freelance, jangan sampai pengerjaan naskah molor hingga tidak sesuai dengan kesepakatan waktunya. Untuk itu diperlukan manajemen waktu bagi seorang penulis lepas. Agar tidak asal menerima pekerjaan, tanpa memperhatikan deadline waktunya. Yang berakibat kekecewaan klien dan berujung dengan enggan bekerja sama

6. Komunitas Penulis

Agar kemampuan dalam menulis artikel semakin berkembang, sebaik terus belajar. Sehingga artikel yang dibuat semakin berbobot dan berkualitas. Selain itu dengan bergabung ke dalam komunitas penulis juga akan mendapatkan banyak informasi yang berkaitan dengan proyek artikel. Yang tentunya akan menjadi peluang mendapatkan uang.

Nah, demikian cara menjadi penulis lepas yang handal dan profesional. Sehingga tidak hanya mendapat tambahan penghasilan, tetapi dapat dijadikan sandaran hidup. Apalagi kebutuhan informasi saat ini juga semakin berkembang, tentunya peluang mendapatkan uang dari menulis juga semakin besar.  Semoga menginspirasi dan bermanfaat.