Manfaat Backlink Yang Sangat Berguna Bagi SEO

  

Perkembangan zaman menuntut orang untuk mulai merubah kebiasaannya dari konservatif menjadi serba online. Hal inilah yang mendorong munculnya banyak website guna menunjang kegiatan tersebut. Pada awal kemunculannya, pembangun website mengerti pentingnya manfaat backlink untuk websitenya. Faktanya pada zaman sekarang banyak pemula yang mengabaikan penggunaan hal tersebut.

Backlink secara sederhananya merupakan kata kunci utama untuk peningkatan SEO. Secara spesifik berarti link yang terhubung dengan salah satu website yang berkaitan. Nantinya apabila link tersebut di klik, maka akan muncul halaman baru. Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa backlink merupakan link untuk menuju ke suatu website tertentu dari website lain.

Salah satu manfaat dari backlink yang paling terkenal adalah peningkatan SEO. Hal inilah yang menyebabkan para pengembang website ramai-ramai membangun koneksi agar bisa menaruh backlinknya di website lain. Selain sebagai alat untuk meningkatkan SEO, ternyata masih banyak lagi manfaat dari backlink yang jarang disadari, diantaranya :

1. Meningkatkan Peringkat Pencarian

Manfaat pertama dari backlink adalah meningkatkan perangkat pencarian. Backlink bisa membantu menaikkan peringkat search engine menjadi lebih baik. Bahkan pada awalnya baclink ini bisa menjadi tolak ukur bagus atau tidaknya peringkat suatu website. Halaman yang memiliki banyak backlink cenderung mendapatkan peringkat tinggi di hampir semua mesin pencarian, termasuk google.

2. Menjadi Rujukan Lalu Lintas Situs

Lalu lintas suatu situs atau blog tidak hanya bergantung pada mesin pencarian seperti google, bing, atau yahoo. Sebuah lalu lintas arahan atau rujukan juga bisa menjadi penentu besar dari lalu lintas suatu situs atau website. Dengan pengguna mengklik suatu link yang merupakan backlink dari website tertentu, maka pengguna akan dibawa menuju website terkait tersebut.

3. Membangun Kekuasaan Website

Dengan memiliki backlink di berbagai situs populer dan memiliki peringkat yang tinggi pengguna bisa memanfaatkan hal tersebut untuk membangun kekuatan atau otoritas websitenya. Berdasarkan hal tersebut beberapa mesin pencarian akan mulai memperhitungkan website tadi sebagai website yang berguna. Sehingga website tersebut akan ditampilkan pada halaman awal hasil pencarian.

4. Indeks yang Lebih Cepat

Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa website bisa muncul di halaman awal pencarian karena backlink, maka bisa dipastikan indeks bisa dilakukan lebih cepat. Hal ini dikarenakan mesin pencaharian akan lebih mudah untuk menemukan website tersebut melalui backlink yang ada di beberapa website lain, yang lebih terkenal.

5. Membangun Relasi Baru

Dalam dunia online sebuah relasi sama pentingnya dengan dunia bisnis konvensional. Dengan bergerak aktif dalam membuat sebuah backlink pada website lain, maka secara tidak langsung ada relasi baru yang terbangun. Hal ini dapat mendatangkan keuntungan berupa pengunjung baru, dan para pengguna yang ingin berlangganan berita baru dari situs tersebut.

6. Pengukuhan Merek Sebuah Situs

Saat seorang pembaca atau pengguna membaca suatu konten, maka identifikasi suatu link pun akan berjalan lebih cepat. Saat pengguna menyadari bahwa website ini memiliki banyak hubungan dengan website yang lebih besar, maka mulai ada pengukuhan dari pengguna. Hal ini tentu merupakan sebuah keuntungan karena website dapat dikenal luas, dan diakui.

Ternyata manfaat backlink sangatlah banyak dan sangat berguna untuk membangun suatu website menjadi lebih baik, dan besar. Jadi, sangat disayangkan apabila zaman sekarang para pemula justru melupakan manfaat penting dari backlink. Mulailah untuk aktif membangun backlink dengan website lain yang kiranya berhubungan agar situs menjadi lebih dikenal.