Manfaat Pull Up Bagi Tubuh Yang Sangat Baik

  

Pull up merupakan gerakan olahraga calisthenic yang berfungsi untuk membentuk otot tubuh bagian atas. Olahraga ini banyak dilakukan oleh kaum pria karena memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Manfaat pull up secara nyata terlihat pada tubuh khususnya pada bagian atas seperti bahu, lengan hingga dada.

Olahraga ini terbilang simple namun memerlukan kekuatan lebih. Pull up menjadikan berat badan sebagai bebannya. Dalam pelaksanaannya, pull up memanfaatkan bar atau ventilasi pintu rumah untuk bergelantungan menahan bobot tubuh. Meskipun terlihat sederhana, namun olahraga pull up memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Berikut manfaat pull up bagi tubuh manusia.

1. Membentuk Otot Tubuh Bagian Atas

Hanya dengan menahan bobot tubuh diri sendiri menggunakan tangan maka otot-otot bagian lengan akan terbentuk. Bukan hanya lengan, otot pada bagian leher, punggung hingga dada juga ikut terlatih dan terbentuk secara perlahan. Gerakan ini dapat menjadikan proporsi tubuh bagian atas terlihat lebih bagus.

2. Meningkatkan Kekuatan Cengkraman

Kemampuan untuk mencengkram sesuatu dengan erat sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Kekuatan cengkraman dapat dilihat dari hal-hal sederhana seperti mengangkat benda yang berat, membuka dan menutup botol, menarik sesuatu dan sebagainya. Untuk melakukan semua hal tersebut kekuatan akan bertumpu pada tangan dan jari, hal itu dapat melatih kekuatan cengkraman.

3. Pemanasan Tubuh

Salah satu manfaat pull up adalah membantu pemanasan tubuh untuk melangkah ke tahap olahraga yang selanjutnya. Gerakan-gerakan yang dilakukan selama pull up dapat mengaktifkan otot tubuh bagian atas dan memanaskan suhu tubuh. Pemanasan dikatakan berhasil apabila setelah melakukan pull up maka keringat akan bercucuran melalui pori-pori.

4. Mengurangi Berat Badan

Meskipun manfaat pull up lebih banyak pada tubuh bagian atas bukan berarti tidak melatih otot pada bagian tubuh lainnya. Selain membentuk otot bagian atas tubuh pull up juga bisa membakar lemak di bagian perut melalui panas tubuh saat melakukan gerakan pull up. Untuk hasil yang maksimal, tambahkan durasi waktu dan variasi dalam melakukan pull up.

5. Meningkatkan Kemampuan Paru-paru

Saat tubuh melakukan gerakan pull up yang menguras energi, maka pastilah dibutuhkan kemampuan untuk mengatur pernapasan selama berolahraga. Orang akan otomatis menyelaraskan teknik pernapasannya saat berolahraga agar tidak mudah lelah. Kemampuan paru-paru akan terlatih saat melakukan olahraga ini.

6. Menambah Tinggi Badan

Manfaat pull up bagi tubuh selanjutnya adalah menambah tinggi badan. Olahraga yang dilakukan dengan bergelantungan ini memicu peregangan otot dan tulang secara efektif sehingga tinggi badan akan bertambah. Bagi yang masih berada dalam proses pertumbuhan atau program menambah tinggi badan, olahraga pull up adalah hal yang wajib dicoba.

7. Melatih Keseimbangan Tubuh

Saat melakukan gerakan-gerakan pull up keseimbangan akan sangat dibutuhkan. Misalkan saja saat bergelantungan di ventilasi pintu, maka tubuh harus tetap lurus dengan tubuh bagian atas tetap aktif bergerak. Oleh karena itu, saat rutin melakukan olahraga pull up maka secara otomatis tubuh akan terlatih untuk seimbang dalam melakukan variasi gerakan pull up.

8. Membuat Otot Lebih Awet

Seperti push up, melakukan gerakan-gerakan pull up secara rutin menjadikan otot-otot tubuh lebih awet. Berbeda dengan angkat beban yang membentuk otot dengan cepat, gerakan pull up lebih natural dalam membentuk otot karena menggunakan tangan untuk menahan bobot tubuh. Otot tubuh akan lebih mudah hilang saat tidak melakukan angkat beban lagi, berbeda dengan pull up.

Dari manfaat pull up yang dijabarkan di atas, semoga menjadi tambahan pengetahuan dan wawasan dalam melakukan olahraga pull up. Meskipun sederhana pull up memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Hal ini tentunya hanya akan diperoleh saat melakukannya secara berkala dan rutin.