Menurunkan Panas Anak Paling Efektif, Begini Caranya

  

Suhu tubuh yang panas atau biasa memang seringkali membuat khawatir. Terlebih lagi jika yang mengalami adalah buah hati, pasti rasa khawatir akan langsung menyerang. Anak-anak rentan sekali terkena panas, karena daya tahan tubuhnya masih sangat lemah. Menurunkan panas anak bisa jadi berbeda tata caranya, tergantung apakah panas tersebut disertai pilek atau tidak.

Panas pada anak disebabkan oleh banyak hal, bisa karena tubuh sedang melawan bakteri atau virus ataupun karena cuaca. Jika anak mengalami suhu tubuh yang panas, orangtua janganlah terlalu cepat panik dan memberinya obat-obatan. Dibawah ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua untuk menurunkan panas anak, yaitu :

1. Kompres Air Hangat

Cara menurunkan panas anak yang pertama adalah dengan mengompresnya menggunakan air hangat. Penggunaan air hangat akan lebih efisien dalam menurunkan panas dibandingkan dengan air dingin. Hal ini disebabkan air panas akan membuat pembuluh darah melebar dan keringat akan keluar.

2. Minum Air Putih

Saat anak panas, tubuhnya akan mudah dehidrasi, jadi selalu berikan air putih. Air putih berguna untuk memberikan cairan pada anak sehingga proses pemurunan panasnya akan lebih cepat terjadi. Pastikan anak meminum air putih tersebut secara berkala, dan berikan anak makanan yang lembek seperti bubur.

3. Berikan Pakaian Tebal

Selain mengatur suhu aman ruangan, anak dengan tubuh yang panas juga sebaiknya diberikan pakaian tebal dan juga menyerap keringat. Anak yang menggunakan pakaian tebal akan membuatnya berkeringat. Selain itu, cara lain untuk menurunkan panas anak adalah dengan memakaikan kaos kaki yang sudah direndam air hangat.

4. Perbanyak Istirahat

Saat anak panas pasti akan menjadi rewel, hal itu sangatlah wajar. Sebagai orangtua, menjaga anak dan merawatnya sangatlah penting. Untuk mempercepat penyembuhan, pastikan anak beristirahat yang cukup dan tidak banyak bergerak. Selain itu pastikan asupan nutrisinya jugaterpenuhi dengan baik.

5. Berikan ASI Yang Banyak

Bagi bayi yang sedang terkena panas atau demam, pemberian asi yang cukup sangatlah penting. Asi adalah cairan sekaligus makanan yang dibutuhkan oleh anak bayi agar tubuhnya tetap terhidrasi. Untuk itu makanan untuk ibu bayi juga sangat berpengaruh pada nutrisi asi yang diberikan pada anak yang sedang sakit.

6. Memberi Vitamin C

Jika anak mengalami suhu tubuh yang panas. Vitamin C berfungsi sebagai anti radang yang berguna untuk membantu meredakan radang akibat panas pada anak. Selain itu vitamin C jiga berfungsi sebagai sistem imun dan kekebalan tubuh pada anak. Pemberian vitamin C haruslah sesuai dengan usia anak dan resep dokter.

7. Memijit Anak

Memijit juga bisa menjadi cara untuk menurunkan panas anak. Dengan memijit menggunakan minyak kayu putih bisa memperlancar aliran darah. Jika aliran darah lancar, maka proses peredaran oksigen dan zat makanan yang masuk akan menjadi lancar pula. Jadi, jika anak sakit cobalah dengan memijit tubuh anak secara perlahan menggunakan minyak.

8. Memberikan Ramuan Bawang

Bawang adalah rempah dapur yang ternyata kandungannya bisa digunakan untuk menurunkan panas anak. Kandungan atsiri pada bawang bisa untuk meredakan radang dan panas anak. Cara penggunaannya juga cukup mudah, pertama dengan merajang bawang secara kasar. Bawang yang sudah dirajang tadi kemudian dicampur minyak lalu dibalurkan pada tubuh.

Itulah tadi beberapa alternatif yang bisa dipakai untuk menurunkan panas anak. Jadi, jangan buru-buru membawanya ke rumah sakit, cobalah meredakan dulu dengan bahan diatas. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi teman-teman yang sedang mencari cara efektif untuk menurunkan panas pada anak.