Alasan Pentingnya Asuransi Jiwa Untuk Masa Depan dan Keluarga

  
Pentingnya asuransi jiwa

Dalam kehidupan ini ada banyak risiko yang menanti dan tidak dapat dihindari oleh siapapun dan dapat terjadi kapanpun. Risiko tersebut bisa berkaitan dengan segala aspek kehidupan mulai dari usia, harapan hidup, kondisi finansial hingga musibah seperti kecelakaan. Semua orang tidak dapat memprediksi apa yang akan terjadi kelak. Oleh sebab itu alasan pentingnya asuransi jiwa perlu diketahui.

Asuransi jiwa merupakan salah satu jenis asuransi yang memberikan perlindungan untuk diri sendiri maupun keluarga yang bersangkutan. Perlindungan yang didapat berupa perlindungan terhadap kerugian finansial dan risiko hidup lainnya yang menyebabkan pemegang polis asuransi tidak dapat kembali bekerja atau bahkan meninggal dunia. Berikut beberapa alasan penting memiliki asuransi jiwa untuk masa depan dan keluarga:

1. Meminimalisir Kerugian

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, akan banyak risiko yang menanti dan tidak dapat dihindari oleh siapapun dan kapanpun itu. Tak khayal, risiko yang terjadi justru membawa dampak negatif bagi kehidupan termasuk keadaan finansial yang dimiliki. Untuk meminimalisir kerugian tersebut maka penting untuk memiliki asuransi jiwa yang mampu melindungi aset yang dimiliki tidak hanya untuk diri sendiri dan keluarga.

Asuransi jiwa dapat meminimalisir kerugian yang ditimbulkan dari berbagai risiko yang dialami  karena asuransi jiwa akan memberikan sejumlah uang pertanggungan. Tentu saja uang pertanggungan yang diberikan tidak dalam jumlah yang sedikit sehingga mampu mengatasi masalah finansial ketika risiko tersebut terjadi. Oleh karena itu, penting memilih asuransi jiwa yang tepat agar stabilitas keuangan tidak terganggu saat musibah terjadi.

2. Sebagai Salah  Satu Bentuk Investasi

Pada saat ini, ada beragam asuransi jiwa yang ditawarkan dan dapat dipilih sesuai kebutuhan seperti asuransi jiwa dwiguna (endowment insurance), asuransi jiwa seumur hidup (whole life insurance), asuransi jiwa berjangka (term life insurance) dan unit link. Namun, tidak semua orang tahu manfaat dan pentingnya asuransi jiwa sehingga asuransi jiwa kerap dianggap sebagai beban saja.

Padahal manfaat lain yang dapat dirasakan oleh pemegang polis asuransi yaitu mendapat pertanggungan  jaminan pengembalian investasi jika kontrak telah berakhir. Pertanggungan yang diberikan merupakan dana yang disetorkan selain premi dengan masa pertanggungan yang lebih fleksibel dan disesuaikan dengan kemampuan pemilik polis asuransi. Hal inilah yang membuat asuransi jiwa patut dipertimbangkan untuk dimiliki.

3. Membuat Disiplin dalam Mengatur Keuangan

Karena asuransi jiwa mewajibkan untuk membayar premi setiap bulannya dalam jangka waktu yang panjang, tentunya dapat membuat pemegang polis asuransi harus mengatur keuangan yang didapat. Hal ini juga membuat orang yang bersangkutan lebih disiplin dalam mengelola keuangan dan bijaksana dalam menggunakan uang. Besaran premi yang dibayarkan pun berbeda-beda tergantung jenis asuransi jiwa yang dipilih.

4. Sebagai Tabungan Masa Depan

Tanpa disadari, premi yang dibayarkan setiap bulannya dapat menjadi tabungan untuk masa depan. Hal ini dikarenakan premi yang dibayarkan setiap bulannya tidak dapat diambil sebelum kontrak berakhir. Tentunya menyisihkan uang untuk membayar premi tidak salah untuk dilakukan melihat manfaat yang akan didapatkan kelak terlebih saat dana tersebut diambil hasilnya akan sangat memuaskan.

5. Perlindungan Terhadap Risiko Tidak Terduga

Karena semua orang tidak dapat memprediksi apa yang akan terjadi kelak, memiliki asuransi jiwa tentunya membuat seseorang siap menghadapi segala resiko yang tidak terduga. Premi yang dibayarkan setiap bulannya dapat menjadi pertanggungan dalam menghadapi risiko yang terjadi terlebih ketika pemegang polis asuransi jiwa tidak lagi dapat bekerja karena suatu musibah atau karena meninggal dunia.

Demikianlah beberapa alasan pentingnya asuransi jiwa yang dapat bermanfaat bagi masa depan dan keluarga. Karena segala sesuatu yang terjadi tidak dapat diprediksi dan memiliki risiko. Tentunya dengan memiliki asuransi jiwa sangat bermanfaat bagi masa depan dan keluarga. Dengan memiliki asuransi jiwa, kerugian yang ditimbulkan dari risiko yang ada dapat diminimalisir karena pertanggungan yang ada.