Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini yang Perlu Dipahami Orang Tua

  
Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

Pentingnya pendidikan anak usia dini tidak boleh diremehkan. Bahkan tidak berlebihan jika konsep pendidikan inilah yang menjadi pembentuk perilaku mereka kelak saat sudah dewasa. Sebuah perilaku yang tentunya positif dan luhur.

Tidak sedikit masyarakat yang mengecilkan peran Paud. Padahal ada beberapa manfaat yang bisa diraih darinya. Terutama jika membaca peradaban modern saat ini yang mengharuskan seorang anak memiliki filter moral yang bagus dan intelek.

Sebab alasan tersebut di bawah ini akan dijelaskan tentang pentingnya Paud yang harus diketahui oleh orang tua. Minimal ada semacam pemahaman kalau pendidikan formal paling dasar ini penting untuk diberikan. Berikut uraian lengkapnya:

1. Mencetak Etika Anak

Pentingnya pendidikan anak usia dini yang pertama adalah untuk mencetak etika anak. Utamanya etika saat berkomunikasi dengan guru maupun ketika berinteraksi dengan teman-temannya. Sebuah pendidikan moral yang memang harus diberikan sejak dini.

Memang di pendidikan ini tidak diajarkan pendidikan etika secara langsung. Tetapi adanya guru yang telaten dan sabar dalam memperbaiki etika anak bisa dijadikan pengalaman pertama bagi mereka.

Dalam tahap ini sinergi guru dengan orang tua sangat penting. Tentunya kerja orang tua di rumah lebih mudah karena tinggal mengarahkan saja bagaimana cara beretika yang benar. Karena pendidikan yang lebih sistematis sudah diberikan oleh gurunya di sekolah Paud.

2. Untuk Stimulasi Motorik dan Psikomotorik

Pendidikan anak usia dini perlu diberikan semata untuk merangsang stimulus motorik dan psikomotorik anak. Termasuk di dalamnya diajari cara memegang, menulis, mewarnai, menjahit dan lainnya.

Selain itu dengan pendidikan semacam ini anak juga dilatih memiliki sifat empati dan simpati pada segala hal yang ditemukannya. Termasuk ketika ada teman yang jatuh sakit, teman yang tidak mampu dan lainnya.

3. Untuk Mencetak Karakter Sejak Dini

Anak harus diberi pendidikan sejak dini. Ini berpotensi untuk mencetak karakternya ketika sudah dewasa nanti. Minimal ada pengajaran karakter apa yang perlu dipertahankan dan apa yang ditinggalkan oleh si kecil. Ini bisa dilakukan di rumah maupun di Paud.

Alangkah lebih baiknya silakan disekolahkan di Paud saja karena pendidikan karakternya jauh lebih sistematis, tertata, tepat sasaran dan menyenangkan. Sedangkan jika diberikan di rumah secara penuh dikhawatirkan tidak maksimal. Apalagi masih banyak orang tua yang beranggapan kalau karakter anak di masa kecilnya tidak akan dibawa ketika dia sudah dewasa.

4. Merangsang Pertumbuhan Otak Anak

Pentingnya pendidikan anak usia dini yang keempat adalah untuk merangsang pertumbuhan otak anak. Baik otak kanan maupun otak yang di sebelah kirinya. Artinya pendidikan semacam ini bisa menggali kecerdasan dan kepintarannya.

Anak yang tidak dibekali dengan pendidikan semacam ini dikhawatirkan akan mengalami shock brain. Terutama ketika dia masuk ke pendidikan jenjang sekolah yang kadar belajarnya lebih intens bahkan rumit.

Oleh karenanya, lahirlah banyak Paud semata untuk menampung anak usia dini yang ingin meningkatkan stimulus otaknya. Sehingga ketika sudah masuk TK dan SD sudah tinggal menerima pelajaran dengan baik dan nyaman.

5. Merangsang Kreativitas Si Kecil

Pendidikan anak usia dini juga untuk merangsang kreativitas si kecil. Sehingga otaknya mampu belajar inisiatif sendiri tanpa selalu menggantungkan kepada orang lain termasuk guru dan orang tuanya.

Jika anak sudah berani menumpahkan kreativitas-nya bisa dipastikan prospek kehidupannya jauh lebih cerah. Karena ada saja hal yang membuatnya tetap berani tampil sekalipun dalam kehidupan yang serba sulit.

Oleh karena alasan diatas maka pentingnya pendidikan anak usia dini harus dipahami oleh orang tua. Supaya mereka lebih memiliki greget untuk mendidik anak lebih serius dan telaten lagi.