Bertetangga dalam Islam, Ini Adabnya

  

Setiap umat Muslim wajib hukumnya untuk mematuhi perintah Allah Subhanahu Wa’Tala. Termasuk dalam hal keseharian seperti bertetangga. Bertetangga dalam Islam pun memiliki adab-adab yang harus dipatuhi.

Sebagai makhluk sosial, umat Muslim harus menjaga hubungan baik dengan tetangga. Maka dari itu diperlukan adanya pengetahuan tentang ada bertetangga. Bagaimanakah adab bertetangga yang diajarkan dalam Agama Islam? Simak lengkapnya dalam artikel di bawah ini.

1. Menunjukkan Sikap Baik Kepada Tetangga

Kepada siapapun, hendaklah harus selalu bersikap baik, termasuk dengan tetangga. Bersikap baik akan membangun hubungan harmonis dan lebih akrab antar tetangga. Keharmonisan antar tetangga akan menciptakan lingkungan yang kondusif dan membuat betah siapa saja yang tinggal disitu.

Tetangga merupakan saudara yang dipertemukan dalam sebuah lingkungan. Maka dari itu, bersikap baik sangat penting untuk menjaga tali silaturahmi antar tetangga.

2. Dilarang Menghalangi Bangunan Milik Tetangga

Banyak terjadi di luar sana ada orang yang Menghalangi bangunan milik tetangga. Seperti parkir yang tak teratur, menaruh barang yang menghalangi rumah tetangga dan mengadakan acara yang membuat tetangga sulit untuk keluar rumah.

Adab bertetangga dalam Islam mengajarkan untuk mengerti satu sama lain. Salah satunya tidak menghalangi bangunan milik tetangga. Ini berguna agar tidak ada percekcokan yang terjadi antar satu sama lain.

3. Paham Akan Hak Kehidupan Bertetangga

Yang harus diutamakan dalam kehidupan bertetangga adalah menghargai hak-hak tetangga. Salah satunya adalah ikut menjaga keamanan dan ketertiban antar tetangga. Hidup bertetangga harus saling melindungi

Tak hanya itu saja, ketika sedang memiliki rejeki lebih, berbagi kepada tetangga juga diperbolehkan. Karena tetangga berhak mendapatkan perlakukan dari tetangga yang lainnya.

4. Jangan Mengganggu Tetangga

Salah satu poin penting yang sering terjadi pada masyarakat adalah ketidakpahaman antar tetangga. Banyak perilaku orang yang sebenarnya mengganggu kenyamanan bertetangga. Sehingga tetangga merasa risih dan tidak betah.

Seperti memutar musik dengan kencang, tertawa keras, berkumpul hingga larut malam. Hal-hal tersebut sering membuat tetangga terganggu. Padahal adab bertetangga dalam Islam mengajarkan untuk saling menghargai antar tetangga.

5. Berbagi Makanan dengan Tetangga

Berbagi merupakan hal indah dalam hidup bertetangga. Salah satunya adalah berbagi makanan. Tak memandang perbedaan, berbagi akan membuat kehidupan menjadi tentram.

Bisa dibayangkan bagaimana kehidupan di sebuah lingkungan jika warganya saling berbagi, saling mengerti. Tentunya, situasi ini akan menjadi dambaan banyak orang. Setuju?

6. Bersabar Menghadapi Tetangga

Hidup bertetangga dengan berbagai perbedaan memang harus disikapi dengan baik. Sabar adalah salah satu langkah yang tepat agar kehidupan bertetangga selalu harmonis. Memang, hal ini rasanya sulit untuk dilakukan.

Namun, itulah indahnya bertetangga dalam Islam. Islam mengajarkan untuk saling bersabar dalam menghadapi situasi lingkungan tetangga. Sabar akan membawa kedamaian untuk semua.

7. Jenguk Ketika Tetangga Ada Yang Sakit

Memberi dukungan kepada tetangga merupakan salah satu hal baik. Contohnya dukungan secara moral ketika ada tetangga yang terkena musibah seperti sakit. Ini sangat diperlukan untuk meningkatkan semangat tetangga yang sedang sakit.

Dengan memiliki semangat, tetangga akan jauh lebih sehat. Insya Allah, Allah akan berikan balasan kepada orang-orang yang mau berbuat baik kepada orang lain. Setuju?

Nah, itulah beberapa adab yang perlu diterapkan dalam kehidupan bertetangga dalam Islam. Yang harus dipahami, tetangga merupakan saudara dekat yang bisa menolong seseorang jika ada sesuatu. Untuk itu, hendaklah selalu menjaga hubungan baik antar tetangga.