Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun, Penting Untuk Diperhatikan

  

Banyak orang tua yang merasa bingung bagaimana cara mendidik anak usia 3 tahun dengan baik dan benar. Hal ini dikarenakan pada usia tersebut, anak mulai bisa menelan informasi meski belum bisa membedakan benar tidaknya.

Sebenarnya, mengasuh anak usia 3 tahun lumayan susah-susah mudah. Ada masa dimana mereka memberontak dan menjadi susah diatur jika orang tua tidak mengajarinya dengan benar. Berikut adalah cara-cara merawat dan mendidik anak berusia 3 tahun dengan baik dan benar :

1. Sering Mengajak Anak Keluar Rumah

Seringkali para orang tua tidak cukup berani untuk mengajak anak balitanya keluar rumah. Hal ini dikarenakan ketakutan jika sang anak rewel dan mengganggu orang lain. Namun ternyata, membawa anak jalan-jalan keluar rumah sangatlah penting terlebih lagi di usianya yang sangat muda.

Anak-anak dapat mengeksplor langsung tentang alam diluar rumah. Hal ini tentu akan menambah pengetahuan sang anak dan membuat anak menjadi lebih pintar dapat memahami akan alam secara langsung.

2. Mengajarkan Potty Training

Potty Training yakni cara untuk melatih dan mengajarkan kepada anak cara buang air di toilet. Cara ini wajib diterapkan oleh para ibu kepada anak-anak mereka agar sang anak dpaat mulai terbiasa untuk membuang air di toilet.

Di usia yang sangat muda yakni 3 tahun, masih banyak anak-anak yang suka bergantung kepada popok mereka. Hal ini sangatlah menyulitkan jika orang tua tidak mulai menerapkan cara ini di usia dini. Membiasakan anak membuang air di toilet mampu membuat sang anak tidak membuang air di sembarnag tempat.

3. Ajarkan Etika

Cara mendidik anak usia 3 tahun yang selanjutnya adalah dengan mengajarkan etika kepada mereka. Hal ini sangatlah penting untuk diterapkan pada balita sedini mungkin. Faktanya bahkan anak usia 3 tahun sudah bisa diajarkan etika dasar dan dapat menerimanya dengan mudah.

Orang tua dapat memulai dengan menerapkan 3 kata mutiara kepada anak yakni “tolong” “Maaf” dan “terimakasih”. Mereka juga dapat ikut mengucapkan ketiga kata itu agar sang anak dapat ikut terbiasa dalam penerapan pengucapan mereka dalam keseharian.

4. Mengajarkan Makan Dan Minum Sendiri

Banyak orang tua yang masih menyuapi sang anak bahkan saat anak itu sudah berusia 5 tahun. Mereka beralasan karena takut baju sang anak kotor atau anak hanya memainkan makanan mereka tanpa berniat memakannya.

Padahal, jika orang tua membiarkan sang anak makan dan minum sendiri, itu akan membuat anak semakin mandiri. Hal ini justru menjadi dampak positif karena anak dapat melakukan kegiatan dasar secara sendiri dan tidak lagi bergantung pada suapan orang tua.

5. Tidak Membentak Saat Anak Melakukan Kesalahan

Bagi sebagian orang tua, memarahi anak kecil memiliki fungsi jera ada sang anak. Namun hal ini tidak bisa diterapkan pada anak kecil terutama yang masih berusia 3 tahun. Alih-alih membuat jera, sang anak justru menjadi trauma karena bentakan orangtua.

Para orang tua sudah seharusnya dapat memilih cara bijak untuk mendisiplinkan anak mereka. Memarahi bukanlah solusi agar anak dapat jera. Banyak sekali kasus orang tua menghukum sadis anak mereka hanya karena sang anak merusak hape ibunya. Dampak dari menghukum anak akan membuat mereka semakin tertekan dan merasa depresi di usia yang sangat dini.

Itu tadi 5 cara mendidik anak usia 3 tahun yang sangat wajib untuk diketahui. Penting bagi para orang tua untuk selalu mengerti bagaimana cara mendidik balita dengan baik dan benar. Sudah sepatutnya para orang tua mulai mempelajari cara terbaik untuk mendidik anak mereka dan menjadikannya sebagai anak yang cerdas dan beretika.