Stres Karena Buah Hati Sulit Tidur Malam? Berikut Ini Cara Mengatasi Anak Suka Begadang

  
Cara Mengatasi Anak Suka Begadang

Khusus bagi para ibu pasti merasa lelah karena telah mengerjakan semua pekerjaan rumah, belum lagi apabila memiliki buah hati berusia belia. Sebagaimana diketahui, anak di usia tersebut sering tidur larut malam dan orang tua kurang mengetahui cara mengatasi anak suka begadang. Sehingga seringkali merasa stres.

Kebiasaan begadang bukanlah suatu hal baik yang tidak masalah apabila dibiarkan. Selain mampu merusak sistem kerja otak, ternyata tidur larut malam dapat menyebabkan kerusakan organ tubuh lainnya. Beberapa diantaranya seperti jantung, empedu, usus dan masih banyak lagi.

Sehingga tidak mengherankan apabila sekarang ini banyak anak-anak yang terserang penyakit komplikasi. Pasalnya, anak-anak tersebut suka tidur larut malam dan orang tua membiarkannya. Lantas, bagaimana cara mengatasi anak suka begadang? Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan di bawah ini:

1. Pastikan Aktivitas Malam Hari Terhindar Dari Gadget

Cara mengatasi anak suka begadang yang pertama adalah dengan memastikan bahwa buah hati terhindari dari gadget. Mengapa hal tersebut perlu dipastikan? karena apabila anak sudah kecanduan ponsel maka akan berdampak buruk pada sistem saraf motoriknya.

Selain itu juga, apabila memang kiranya merasa terpaksa anak hanya bisa diam apabila memegang gadget, maka hindarkan dari cahaya redup. Mengapa? karena hal tersebut dapat merusak mata dan mampu menyebabkan rabun di usia dini. Tentu, tidak ingin bukan apabila anak mengalami cacat mata?

2. Usahakan Untuk Mengkonsistenkan Jam Tidur Anak

Anak yang suka begadang bisa diatasi dengan menerapkan jam tidur malam yang konsisten. Seperti apakah itu? Misalnya, anak harus sudah berada di atas tempat tidur dan terpejam pada pukul 21.00, maka seterusnya pastikan kebiasaan tersebut tertanamkan. Jangan sesekali membiarkan anak tidur malam di waktu berbeda.

Mengapa? karena hal tersebut akan membuat anak menjadi susah tidur dan merasa tidak nyaman apabila harus dipaksa tidur cepat. Oleh karena itu pastikan dengan tegas perihal waktu istirahat malam hari anak agar kesehatannya tetap terjaga. Untuk melakukan hal ini sebenarnya sangat mudah, asalkan sebagai orang tua tetap sabar.

3. Ciptakan Suasana Malam Hari yang Tenang

Biasanya, anak yang susah tidur di malam hari dikarenakan merasa terganggu. Misalnya karena suara di sekitarnya bising atau memang buah hati tidak terlalu suka dengan munculnya suara saat tidur. Oleh karena itu, sebisa mungkin biasakan untuk menciptakan suasana yang tenang.

4. Jangan Biarkan Anak Tidur Siang Terlalu Lama

Untuk bisa mengatasi anak suka begadang dengan mudah dan cepat adalah jangan membiarkan anak tidur siang terlalu lama. Baiknya berikan batasan waktu, seperti misalnya tidur mulai pukul 12.00 sampai 14.00, kiranya sudah lebih dari cukup. Mengapa? karena apabila terlalu lama dapat menyebabkan malamnya tidak mengantuk.

Lantas apa tujuan utama dari diterapkannya tidur siang kepada anak? Perlu diketahui bahwa tidur siang memang sangat dibutuhkan agar aktivitas di sore hari terasa ringan. Apalagi jika cuaca sedang panas, setidaknya tubuh dan pikiran bisa sedikit beristirahat agar tetap bisa beraktivitas.

5. Mencontohkan Teladan yang Baik Seputar Kebiasaan Tidur Malam

Cara mengatasi anak suka begadang yang terakhir adalah dengan memberikannya contoh teladan yang baik. Misalnya, sebagai orang tua menekankan agar anak sudah tidur pada pukul 21.00. Lantas sebagai orang tua jangan menunjukkan segala bentuk aktivitas pada jam, tersebut.

Sekian ulasan singkat mengenai cara mengatasi anak suka begadang, semoga para orang tua lekas tersadar dan tidak lagi stres. Selain itu juga, sebaiknya segera terapkan semua cara di atas, demi menjaga sistem kekebalan tubuh dan kesehatan buah hati terjaga. Selamat membaca dan semoga bermanfaat!