Mengatasi Susah Tidur Karena Asam Lambung Dengan Cara Alami

  

Sebagian orang yang memiliki penyakit pada lambung atau asam lambung tinggi, sering merasa kesakitan hingga membuat susah tidur. Pada sebagian penderita penyakit ini, gejala-gejala ini sering kambuh di malam hari ketika ingin tidur. Lalu bagaimana cara mengatasi susah tidur karena asam lambung? Berikut adalah cara mengatasinya secara alami.

1. Minum Rebusan Air Jahe

Cara yang pertama ialah dengan meminum air rebusan jahe. Caranya cukup mudah hanya dengan merebus 400 ml air dan jahe yang telah digeprek. Rebus hingga airnya berkurang sedikit, lalu setelah itu bisa langsung dikonsumsi dalam keadaan yang masih hangat. Air rebusan jahe ini bermanfaat untuk mengurangi asam lambung.

Selain mengurangi asam lambung, jahe juga memiliki kandungan anti inflamasi yang berguna untuk menjaga kestabilan asam lambung dalam tubuh. Konsumsilah air rebusan jahe ini pada malam hari sebelum tidur. Dengan begitu asam lambung tidak akan kambuh dan tidur menjadi lebih nyenyak.

2. Mengkonsumsi Madu

Cara yang kedua untuk mengatasi susah tidur karena asam lambung adalah dengan mengkonsumsi madu. Minum satu hingga dua sendok makan madu pada malam hari atau sebelum tidur. Madu ini memiliki kandungan yang bisa mengobati asam lambung. Dengan mengkonsumsi madu secara rutin setiap harinya, maka asam lambung dalam tubuh akan tetap stabil.

3. Menjaga Berat Badan

Selain dengan mengonsumsi makanan atau ramuan tertentu, agar asam lambung tidak naik saat malam hari bisa dilakukan dengan menjaga berat badan. Penderita dengan berat badan berlebih, memiliki resiko gejala asam lambung yang dialami akan semakin memburuk. Untuk itu sangat penting untuk menjaga berat badan. Dengan melakukan hal ini, maka resiko asam lambung naik saat malam hari akan semakin kecil.

4. Menghindari Makanan Pemicu Naiknya Asam Lambung

Cara berikutnya adalah dengan menghindari atau tidak mengkonsumsi sama sekali makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung. Makanan tersebut adalah alkohol, permen, coklat, kopi, tomat, minuman berkarbonasi, cuka, mustard, saus, dan makanan yang pedas serta berlemak. Makanan yang disebutkan barusan bisa memicu naiknya asam lambung dan menimbulkan gejala yang membuat tidak nyaman.

Maka dari itu ada baiknya untuk menghindari makanan-makanan tersebut dan memilih makanan yang lebih sehat. Dengan tidak mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, maka kemungkinan asam lambung akan kambuh sangatlah kecil.

5. Atur Pikiran dan Stress

Cara selanjutnya adalah dengan mengatur pikiran dan stress. Karena stress menjadi salah satu pemicu naiknya asam lambung. Atur pikiran terutama sebelum tidur, karena biasanya sebelum tidur pikiran menjadi kemana-mana dan dapat menimbulkan stress. Jika stress maka asam lambung akan kambuh dan tidur atau istirahat menjadi terganggu. Untuk itu selalu atur pikiran dan stress agar asam lambung tidak kambuh.

6. Atur Pola Makan

Cara yang terakhir adalah dengan mengatur pola makan. Untuk para penderita asam lambung dianjurkan untuk tidak makan terlalu banyak, terutama jika sudah terlalu larut. Karena makanan tersebut tidak tercerna dengan sempurna dan dapat menimbulkan naiknya asam lambung. Jika asam lambung naik pada malam hari akan sangat membuat para penderitanya sangat tersiksa, karena tidak dapat tidur dengan nyaman.

Maka dari itu ada baiknya untuk mengatur pola makan, supaya asam lambung tidak naik dan tidak mengganggu tidur atau istirahat di malam hari.

Itulah tadi cara mengatasi susah tidur karena asam lambung. Dengan menerapkan cara-cara diatas diharapkan dapat membantu para penderita asam lambung yang susah tidur. Semoga artikel ini bisa membantu untuk mengatasi masalah susah tidur para pengidap saat terkena asam lambung.