Lakukan Cara Jitu Mengatasi Susah Tidur Demi Sembuhkan Insomnia

  

Apa jadinya jika istirahat malam hari tidak sesuai porsinya? pasti akan merasakan lelah, letih dan lesu bukan? Kejadian yang akrab dikenal dengan sebutan insomnia itu menjadi wabah menjengkelkan bagi sebagian orang. Sehingga berbagai cara jitu mengatasi susah tidur terus dicari-cari.

Tidak banyak orang tahu bahwa kejadian susah tidur bukan hanya disebabkan oleh faktor bawaan saja, melainkan ada penyebab lainnya. Beberapa diantaranya seperti pikiran terlalu stress, ketidak stabilan emosi, kebiasaan begadang yang tidak penting dan masih banyak lagi.

Segenap orang yang mengalami hal tersebut seringkali mencari-cari cara untuk mengatasi kebiasaan buruk tersebut. Naasnya, beberapa referensi bahkan gagal menyembuhkannya. Oleh karena itu jangan berputus asa terlebih dahulu, lakukan cara jitu mengatasi susah tidur yang tertulis di bawah ini:

1. Mandi Menggunakan Air Hangat Saat Sore Hari

Bagi pekerja yang cenderung menghabiskan waktu di luar ruangan, sebaiknya begitu pulang ke rumah segera mandi menggunakan air hangat. Hal ini dilakukan untuk merelaksasi tubuh. Bahkan menurut penelitian, air hangat mampu meregangkan otot-otot yang kaku sehingga badan terasa lebih segar.

2. Berlatih Mengatur Pernapasan

Penderita insomnia biasanya memiliki riwayat penyakit yang menyerang pernapasannya, seperti misalnya sesak, jantung dan lain sebagainya. Hanya dengan melakukan latihan mengatur pernapasan setiap pagi dan sore, niscaya mampu membantu mengatasi susah tidur.

3. Hindari Makanan Berlemak Sebelum Tidur

Apabila sudah mulai merasakan susah tidur dalam waktu beberapa pekan terakhir, ada baiknya terlebih dahulu mengoreksi diri sendiri. Coba ingat kembali makanan apa yang dikonsumsi sebelum tidur. Apabila sering makan makanan mengandung lemak, sebaiknya segera hentikan demi menyembuhkan insomnia.

4. Hidupkan Lampu Atau Peralatan Elektronik Lain

Mematikan lampu atau peralatan elektronik lain ternyata mampu mengatasi gangguan susah tidur. Hal ini dipercaya karena bisa membuat suhu tubuh menjadi lebih rileks dan tenang. Tidak hanya itu, bahkan para dokter pun mengungkapkan bahwa lampu yang menyala semalam bisa menguras energi positif tubuh.

5. Berusaha Tidur di Jam yang Sama Setiap Malam

Orang yang mengalami susah tidur kebanyakan berasal dari kalangan penggiat begadang, baik karena urusan penting atau hanya sekedar main-main. Sebaiknya segera hentikan kegiatan tersebut dengan sebisa mungkin berusaha tidur di jam yang sama setiap malam demi mengobati insomnia semakin parah.

6. Membaca Literatur 10 Menit Sebelum Tidur

Cara paling mudah yang bisa mengatasi susah tidur adalah dengan membaca, baik berupa buku, majalah atau literatur lain. Lakukan kegiatan ini dengan posisi duduk selama 10 menit saja. Pastikan tetap berada di bawah penerangan cukup demi menghindari kerusakan mata.

7. Melakukan Hitung Mundur

Sebuah film kartun di televisi pernah menayangkan tentang cara mengatasi insomnia dengan cara menghitung mundur. Ternyata, hal tersebut masih efektif dilakukan di kehidupan nyata, namun tentu harus menggunakan trik tersendiri. Caranya adalah dengan tidur terlentang sambil menatap langit-langit kamar dan mulai hitung mundur dari angka 60.

8. Mematikan Smartphone

Sejak adanya ponsel pintar, masyarakat cenderung buta akan waktu bahkan sampai rela tidur larut malam demi memenuhi hasrat bermain gadget. Jika memang ingin menyembuhkan insomnia, sebaiknya segera matikan smartphone sebelum tidur dan dijauhkan dari tubuh.

9. Melatih Mental

Melakukan latihan mental faktanya bisa membantu penderita insomnia. Caranya sangat mudah yakni dengan mengalihkan berbagai pikiran berat yang menjadi beban hari itu. Sebisa mungkin kelola pola berpikir dengan mencoba memikirkan indahnya masa depan agar pikiran menjadi tenang.

10. Meminum Ramuan Daun Putri Malu

Jika cara nomor 1 sampai dengan 9 belum juga berhasil mengatasi gangguan insomnia, ada baiknya lakukan cara terakhir ini. Meminum ramuan daun putri malu sebanyak 1x sehari sebelum tidur dapat membantu mengobati susah tidur.

Itulah cara jitu mengatasi susah tidur yang bisa segera diterapkan demi menyembuhkan insomnia. Lakukan tips di atas secara rutin dan sebisa mungkin hindari mengkonsumsi minuman mengandung alkohol atau kafein. Serta jangan lupa selalu berdoa padanya agar tidur senantiasa terjaga.