5 Cara Menghemat Uang Saat Pandemi Corona Agar Tetap Bisa Menabung

  
cara menghemat uang saat pandemi corona

Indonesia termasuk negara yang terkena pandemi corona dengan jumlah penderita cukup tinggi. Hal ini berdampak pada kondisi ekonomi penduduknya. Jumlah pekerja yang harus diberhentikan paksa atau PHK tidak sedikit. Sebagian pekerja pun ada yang diliburkan demi menyesuaikan kondisi perusahaan. Untuk itu penerapan cara menghemat uang saat pandemi corona sangat penting.

Banyak masyarakat Indonesia yang mengalami rasa panik dan merasa butuh membeli beragam produk. Faktanya kegiatan tersebut membuat kita lebih boros, pengeluaran jadi tidak terkira. Ditambah karena anggota keluarga beraktivitas di rumah, kebutuhan pokok pun jadi lebih banyak lagi. Lima cara mudah dalam mengatur keuangan disaat pandemi corona adalah sebagai berikut:

1. Masak Sendiri di Rumah

Semua orang harus memenuhi kebutuhan pokok lebih banyak seperti makanan, cobalah lebih rajin masak sendiri. Tidak sedikit orang yang terbiasa mengandalkan masakan yang dibeli dari luar. Apalagi jika memang terbiasa mengkonsumsi makanan dan minuman dari luar, pasti akan kesulitan menghadapi kondisi seperti saat ini.

Mulai masak segalanya di rumah, mencoba membuat jajanan yang biasa dibeli dari luar. Selain dapat menghemat uang, membiasakan masak sendiri lebih terjamin kualitas bahan-bahan makanan yang digunakan. Selain itu, tentu lebih terjamin kebersihannya dari segi peralatan masak hingga dalam proses masaknya.

3. Hindari Membeli Barang yang Sebenarnya Tidak Penting

Cara menghemat uang saat pandemi corona kedua adalah usahakan hindari membeli barang yang sebenarnya tidak begitu penting. Misalnya ketika seseorang menemukan barang menarik yang dipercaya bisa membuat kita tidak terserang virus corona.

Padahal barang tersebut tidak dibutuhkan atau dapat diganti dengan barang yang jauh lebih murah. Memang di saat pandemi ini, kebanyakan dari orang mengalami panik dan berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga diri. Inilah yang dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu dalam kegiatan bisnis mereka

4. Jangan Menyerah Mencari Harga Termurah

Berikutnya, luangkan sedikit waktu dan tenaga untuk mencari harga yang paling murah saat membeli produk-produk dalam memenuhi kebutuhan. Caranya bisa dengan mengandalkan toko berbasis online melalui internet, maupun secara offline.

Tidak jarang harga yang ditawarkan toko online lumayan lebih murah dibandingkan membeli offline. Saat ini banyak e-commerce yang menawarkan harga produk menarik ditambah layanan gratis ongkos kirim.

4. Hindari Berhutang

Memiliki kebutuhan mendadak lalu keuangan tidak mendukung, jalan yang sering sekali dipilih ialah berhutang. Baik berhutang dengan skala kecil, maupun besar. Saat kondisi sedang tidak stabil seperti saat ini, kegiatan berhutang pasti banyak dipilih sebagai solusi mudah.

Sayangnya, tidak sedikit mereka yang berhutang berpikir lebih jauh. Sebab kondisi ekonomi yang tidak stabil bukan dirasakan satu dua orang saja, tetapi satu dunia. Maka tidak mudah diprediksi bagaimana ke depannya. Lebih baik sebisa mungkin hindari berhutang apabila memiliki pilihan lainnya. Solusinya dengan mengandalkan tabungan atau mengurangi pengeluaran bisa dipilih.

5. Atur Keuangan Lebih Rinci

Cara terakhir untuk menghemat uang ketika pandemi corona adalah mengatur keuangan dengan lebih rinci dibanding biasanya. Mulai sekarang coba atur keuangan setiap minggu atau bulannya jika biasanya tidak terlalu peduli dengan urusan keuangan. Buatlah catatan dengan tujuan menghitung pendapatan, pengeluaran, dan tabungan.

Masih banyak cara menghemat uang saat pandemi corona lain yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing. Perlu diingat untuk tidak hanya menghemat, seseorang juga perlu menyiapkan tabungan sebagai motif berjaga-jaga saat kondisi tidak stabil seperti sekarang ini.