Mengalami Acropobhia? Inilah Cara Menghilangkan Rasa Takut Ketinggian

  
cara menghilangkan rasa takut ketinggian

Lakukan cara menghilangkan rasa takut ketinggian agar perjalanan semakin nyaman. Pada dasarnya kejadian ini menimbulkan rasa cemas, stress berkepanjangan, trauma hingga panik pada penderitanya. Pasien fobia ini tidak perlu takut karena penyakit ini bisa disembuhkan.

Beberapa Gejala Yang Dialami Penderita Acrophobia

Fobia pada hal apapun memang sudah seharusnya diwaspadai karena untuk menghindari berbagai hal tidak diinginkan. Begitu pula termasuk penderita acrophobia, ketahui beberapa gejala yang dialami, diantaranya yakni sebagai berikut:

1. Merasakan Gemetar

Orang yang mengalami acrophobia cenderung merasakan gemetar saat sedikit saja mendapati dirinya berada di ketinggian. Gejala ini umum dirasakan karena rasa cemas berlebihan akan bahaya yang ditimbulkan bilamana dirinya terjatuh.

2. Dada Berdebar Kencang

Selain merasakan gemetar, jika penderita tidak lekas beralih dari ketinggian tersebut biasanya akan mengalami detak jantung yang sangat kencang. Hal ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan penderita acrophobia pingsan dalam waktu lama.

4. Pusing

Tidak hanya itu, sebagai besar orang yang merasa takut akan ketinggian akan merasakan kepala semakin pusing. Kejadian itu disebabkan karena otak terlalu memforsir pikiran negatif, apalagi bagi penderita acrophobia berdarah rendah alias anemia akibatnya bisa fatal.

5. Keringat Dingin

Penderita takut ketinggian ketika mengetahui dirinya berada di tempat yang tinggi, biasanya secara otomatis akan mengeluarkan keringat dingin. Hal ini disebabkan karena suhu tubuhnya meningkat diiringi kecemasan tinggi. Jika sudah begitu, sebaiknya segera beralih dan pergi.

6. Mual dan Sesak Napas

Parahnya lagi orang yang mengalami rasa takut ketinggian sebegitu parah akan merasakan perut mual dan sesak napas. Hal ini disebabkan karena detak jantungnya tidak stabil sehingga mempengaruhi kinerja organ pernapasan. Apabila tidak lekas dibawa ke dokter fatalnya dapat menyebabkan kematian.

Cara Mengatasi Rasa Takut Terhadap Ketinggian

Setelah mengetahui beberapa gejalanya, kini saatnya segera mengatasinya. Simak baik-baik ulasan singkat berikut ini agar penderitanya bisa sembuh. Pastikan didampingi oleh pakar ahli, guna menghindari kesalahan fatal saat proses sedang berlangsung:

1. Memunculkan Tekat Berani

Bagi penderita yang ingin benar-benar sembuh dari agoraphobia nya maka cara yang paling ampuh untuk mendukung penyembuhan adalah memunculkan tekad berani. Tanpanya, maka segala usaha akan sia-sia dan percuma karena faktor intern tersebut sangat berperan penting.

2. Rileks dan Atur Pernafasan

Rasa takut yang semakin kuat saat penderita acrophobia berada di ketinggian disebabkan karena dirinya kurang mampu mengatur pernapasan. Cara menghilangkan rasa takut ketinggian paling membantu adalah dengan berusaha rileks, pejamkan mata dan atur pernapasan dada.

3. Virtual Reality

Berdasarkan penelitian, ternyata virtual reality bisa membantu mengatasi rasa takut terhadap ketinggian. Cara ini bahkan sangat efektif karena tidak mengeluarkan biaya sepeserpun dan mempersingkat waktu. Minta bantuan orang terdekat agar proses virtual reality berjalan lancar.

4. Terapi Konseling

Apabila penderita acrophobia sudah cukup parah maka sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Sekalipun terapi ini terbilang lambat dalam menangani pasien yang takut ketinggian, akan tetapi setidaknya bisa membantu dan mencegah phobia nya semakin meningkat.

5. Terapi Pemaparan

Terapi yang berupa terapi perilaku kognitif dan melibatkan penderita acrophobia ke dalam skenario ketinggian, disebut dengan terapi pemaparan. Kiat ini dilakukan dengan melalui 5 langkah pengobatan, diantaranya evaluasi, tanggapan, eksposure, hierarki dan tahap lanjutan.

Jika penderitanya mampu melewati setiap tahap tersebut maka bisa dinyatakan sembuh dari acrophobia. Asalkan dengan catatan harus berhati-hati demi menghindari gejala yang sama timbul dan berakibat fatal maupun semakin parah.

Demikian ulasan singkat mengenai cara menghilangkan rasa takut ketinggian, semoga bisa membantu penderita agar lekas sembuh. Sangat disarankan untuk memperbanyak bercerita kepada orang lain guna mendapatkan semangat baru dan selalu motivasi diri sendiri semaksimal mungkin.