Begini Cara Mengobati Trauma Yang Patut Dicoba

  

Sebagian orang pasti pernah yang namanya mengalami sebuah trauma. Baik itu di masa lalu yang sudah berhasil dihilangkan maupun di masa lalu tetapi masih ada hingga sampai saat ini. Beberapa orang mungkin berhasil membuang rasa trauma tersebut. Namun beberapa lainnya banyak yang sulit untuk menghilangkan dan sedikit yang tau cara mengobati trauma.

Sulit hilangnya trauma biasanya disebabkan dari seseorang yang terus merasa terbayang-bayang dengan kejadian di masa lalu. Terkadang seseorang yang belum bisa menghilangkan traumanya hingga merasa tertekan dengan apa yang pernah dialami. Berikut merupakan cara mengobati trauma.

1. Mencoba Mengenali Rasa Trauma

Cara mengobati trauma yang pertama yaitu dengan mengenali trauma yang dimiliki. Dengan mengingat kembali apa yang menjadikannya trauma dengan suatu hal. Kemudian bagaimana bisa sampai setrauma itu. Dengan begitu trauma bisa sedikit demi sedikit hilang.

2. Mencoba Memaafkan

Cara mengobati trauma yang kedua yaitu dengan cara memaafkan. Memang memaafkan sesuatu tidaklah mudah. Terlebih lagi sesuatu yang membuat seseorang merasa trauma, maka sulit sekali rasanya jika harus memaafkannya. Namun jika memaafkan saja tidak bisa, bagaimana trauma tersebut dapat hilang?

Memaafkan tidak mengharuskan seseorang untuk melupakan. Hanya saja dengan cara memaafkan penyebab yang membuat trauma terhadap pengalaman, maka dengan otomatis rasa trauma tersebut akan sedikit demi sedikit hilang. Dan anggaplah pengalaman tersebut sebagai bekal untuk masa depan yang tidak perlu lagi di ulangi.

3. Fokus Terhadap Diri Sendiri

Fokus terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitar merupakan cara mengobati trauma yang mudah diterapkan. Dengan lebih menyayangi diri sendiri dan memperhatikan orang di sekitar. Tidak hanya itu, dengan mencari kegiatan produktif untuk diri sendiri, tentu akan membuat diri sendiri lebih fokus dengan apa yang sedang dilakukan.

Serta memulai untuk mengenal orang baru lagi dan melakukan pengembangan diri. Mulailah berfikir positif bahwa orang yang ada di sekitar dan benda yang ada di sekitar, tidaklah sama dengan orang-orang dan benda-benda yang ada di masa lalu yang membuat diri sendiri memiliki trauma.

4. Mencari Tenaga Profesional Atau Ahli Traumatis

Dengan menemui ahli trauma yang sangat mengganggu, tentu menjadi alternatif dalam penyembuhan trauma. Cobalah lebih sedikit terbuka dengan orang yang ahli dalam bidang ini. kemungkinan ada orang-orang di sekitar yang dapat membantu untuk mencoba menghilangkan rasa trauma yang ada pada diri sendiri.

Dengan orang yang sudah ahli mengatasi trauma. Maka rasa trauma tersebut dapat dihilangkan dengan langkah-langkah yang akan diberikan. Karena rasa trauma yang berlebihan jika tidak dibantu dengan orang yang ahli maka akan sulit untuk dihilangkan.

5. Terapi dan Dengan Obat-Obatan Medis

Cara mengobati trauma yang terakhir yaitu dengan cara terapi ke ahli dalam bidang ini. setelah terapi pasien akan diberi obat-obatan yang sesuai untuk mengatasi rasa trauma yang sangat mengganggunya. Terapi yang diberikan tentu beda-beda pada setiap trauma yang dialaminya.

Dengan lebih terbuka menceritakan apa yang membuat trauma. Maka nanti ahli dalam bidang ini akan mencarikan terapi yang sesuai dengan kondisi pasien. Setelah terapi ada yang membutuhkan obat-obatan untuk pemulihannya, ada pula yang tidak membutuhkan obat-obatan dalam masa pemulihannya.

Tergantung pasien yang mengalami trauma. Jika memang membutuhkan obat-obatan maka segera tanyakan kepada psikiater apa obat yang cocok dengan diri sendiri. Yang sekiranya tidak memiliki efek samping yang lain.

Orang yang memiliki rasa trauma tentu akan sangat merasa terganggu sekali. Dengan tahu cara mengobati trauma, maka dapat dicoba dengan cara yang mudah dan dapat dilakukan sendiri. Pada dasarnya tidak ada penyakit yang tidak memiliki obat, termasuk penyakit psikis pun.