Cara yang Benar Melakukan Diet Sehat Golongan Darah O

  

Memiliki tubuh sehat dan ideal tentu menjadi idaman semua orang, terlebih kaum hawa. Bahkan banyak cara yang dilakukan supaya body goals tercapai dengan beraneka macam cara diet, salah satunya menyesuaikan dengan golongan darah. Oleh karena itu, inilah beberapa tips diet sehat golongan darah O.

Diet Sesuai Golongan Darah

Pada dasarnya memang terdapat berbagai macam  metode diet yang bisa diterapkan. Salah satunya dengan diet sesuai golongan darah. Hal tersebut karena setiap tipe darah memiliki berbagai pantangan kandungan gizi supaya tidak terjadi masalah pada tubuhnya terlebih pencernaan.

Misalkan saja kandungan lektin pada makanan. Tidak semua orang bisa menerimanya, jika tidak maka akan mengalami gangguan pencernaan. Oleh karena itu, diet sesuai golongan darah ini cukup bagus untuk diterapkan.

Kemudian, untuk pola makan metode diet seperti ini biasanya didasarkan pada tiga kategori. Diantaranya dengan memperhatikan makanan-makanan yang harus dihindari, netral dan memiliki manfaat bagus untuk tubuh.

Rekomendasi Makanan Terbaik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa diet sesuai golongan darah artinya harus menyesuaikan makanan apa yang bisa masuk ke dalam tubuh. Maka dari itu, untuk orang-orang yang memiliki tipe golongan darah O ini sangat dianjurkan mengkonsumsi sumber pangan tinggi protein.

Pada dasarnya memang mirip dengan diet rendah karbohidrat dan paleo, yaitu dengan banyak mengkonsumsi daging-dagingan, sayur dan buah. Akan tetapi, ada beberapa makanan yang harus dihindari oleh pemilik golongan darah ini karena pencernaannya akan terasa kurang nyaman.

Sedangkan makanan yang paling baik untuk tipe golongan darah ini adalah yang memiliki kandungan protein tinggi. Hal ini karena tipe darah O memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik terlebih dalam melawan infeksi.

Tips Diet Ala Golongan Darah O

Oleh karena tipe golongan darah O lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan rendah karbohidrat sehingga ada kemungkinan akan mengalami beberapa efek samping. Misalnya seperti tubuh menjadi lemas, lesu, mudah mengantuk hingga tidak semangat dalam menjalani hari.

Maka, dalam melakukan diet metode ini ketika mengkonsumsi makanan harus tetap seimbang. Walaupun dianjurkan memakan pangan tinggi protein, namun bukan berarti harus makan daging-dagingan atau sayur saja.

Sebagai pelaku diet harus tetap memenuhi kebutuhan kalori harian. Sebab rata-rata tubuh memerlukan kalori setidaknya 2400 dalam sehari untuk konsumsi normal. Maka, apabila ingin melakukan diet artinya harus tetap memenuhinya dengan mencari makanan pengganti yang memiliki gizi sepadan.

Misalkan diet sehat golongan darah O tidak bisa mengkonsumsi sumber karbohidrat terlalu banyak, terlebih yang mengandung gandum, maka bisa diganti dengan bahan lain. Contohnya seperti jagung, umbi-umbian dan sejenisnya.

Resiko Diet Ala Tipe Darah O

Pada dasarnya saat melakukan diet, tubuh akan mengalami perubahan. Sebab terjadi perubahan pola makan yang tidak seperti biasanya. Walaupun begitu apabila dilakukan diet dengan tepat, maka tubuh ideal dan sehat pun bukan impian lagi.

Hanya saja perlu diperhatikan pula makanan-makanan yang masuk ke dalam tubuh. Terlebih tanpa pengawasan dokter, seseorang tak bisa melakukan diet secara sembarangan atau justru akan berdampak buruk untuk kesehatan.

Seperti diet golongan darah O. Akibat harus mengkonsumsi makanan yang tinggi protein, maka tubuh bisa mengalami resiko seperti sembelit apabila tidak diimbangi dengan zat gizi lain. Jadi, sudah seharusnya tetap didampingi buah dan sayur.

Itulah beberapa cara tepat untuk melakukan diet sehat golongan darah O. Pada dasarnya dalam diet adalah kalori yang masuk harus sesuai dengan kalori keluar sehingga tidak terjadi penumpukan. Hal tersebut pun juga perlu diimbangi dengan olahraga teratur.