5 Keutamaan Dari Sholat Tarawih Berjamaah

  
keutamaan dari sholat tarawih

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang selalu dirindukan oleh semua umat Islam di dunia. Selain berpuasa, umat Islam juga dianjurkan untuk melaksanakan Sholat Tarawih selama Bulan Ramadhan. Sholat tersebut dapat dilaksanakan secara berjamaah ataupun sendirian dan dapat dilaksanakan di masjid, mushala ataupun di rumah saja. Berikut adalah beberapa penjelasan tentang keutamaan dari Sholat Tarawih berjamaah.

1. Mendapatkan Ampunan Dosa Yang Telah Lalu

Umat Islam yang melakukan Sholat Tarawih secara berjamaah, maka nantinya Allah SWT akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Semua orang pasti pernah melakukan sebuah dosa setiap harinya. Maka dari itu, hal yang harus dilakukan adalah memohon ampunan.

Cara yang tepat untuk memohon ampun adalah dengan Sholat Taubat. Selain melaksanakan Sholat Taubat, seseorang juga dapat melakukan Sholat Tarawih secara rutin dan sungguh-sungguh selama Bulan Ramadhan.

2. Lebih Mendekatkan Diri Dengan Allah SWT

Perlu diketahui bahwa setiap ibadah yang dilakukan seseorang selama Bulan Ramadhan, nantinya bertujuan untuk mendekatkan diri dengan sang pencipta atau Allah SWT. Seseorang harus melaksanakan Sholat Tarawih secara sungguh-sungguh selama Bulan Ramadhan, supaya bisa lebih dekat dengan Allah SWT.

Pada umumnya Sholat Tarawih dikerjakan sebanyak 20 rakaat, jika seseorang kuat melaksanakan Sholat Tarawih dari awal sampai akhir maka Allah akan memberikan pahala yang lebih. Namun jika seseorang hanya kuat melaksanakan Sholat Tarawih berapa rakaat saja, juga tidak masalah, asalkan selalu rutin berjamaah ke masjid.

3. Memperbanyak Peluang Ibadah

Keutamaan dari Sholat Tarawih yang selanjutnya adalah dapat memperbanyak peluang ibadah. Jadi, jika seseorang selalu melaksanakan Sholat Tarawih secara rutin selama Bulan Ramadhan, maka nantinya akan dapat membuka peluang lain untuk melakukan ibadah.

Contohnya, seseorang dapat melakukan tadarus Al-Qur’an setelah Sholat Tarawih selesai. Melakukan tadarusan selama beberapa jam setelah Sholat tarawih dan bisa menghabiskan beberapa juz yang ada dalam Al-Qur’an. Tak hanya itu saja, seseorang juga dapat membawa beberapa makanan atau minuman yang nantinya dapat diberikan kepada orang-orang yang sedang tadarus Al-Qur’an.

4. Mengendalikan Rasa Malas

Salah satu keutamaan dari Sholat Tarawih adalah dapat mengendalikan rasa malas pada seseorang. Perlu diketahui bahwa musuh terbesar seseorang saat akan melaksanakan ibadah adalah rasa malas yang tinggi. Rasa malas tersebut dapat memicu seseorang untuk enggan melakukan ibadah, termasuk Sholat tarawih di masjid secara berjamaah.

Padahal Sholat Tarawih hanya muncul satu tahun sekali pada Bulan Ramadhan saja. Maka dari itu jangan sia-siakan kesempatan ini untuk meraih pahala yang banyak. Seseorang yang sudah terbiasa melakukan Sholat Tarawih secara berjamaah di masjid, maka nantinya seseorang tersebut tidak akan merasa malas untuk melakukan ibadah di masjid.

Banyak orang yang merasa malas saat ingin Sholat Tarawih berjamaah di masjid. Hal tersebut dikarenakan banyak orang yang merasa ngantuk saat Sholat Tarawih. Untuk menghilangkan rasa kantuk tersebut adalah dengan menunda memakan makanan berat saat berbuka puasa. Jadi setelah Sholat Tarawih barulah makan makanan berat.

5. Meningkatkan Sosialisasi Dengan Orang Lain

Banyak sekali masyarakat yang harus bekerja dari pagi hingga sore hari. Dengan begitu maka nantinya akan jarang bertemu dengan orang lain termasuk para tetangga. Padahal di dalam ajaran Islam menyebutkan bahwa berinteraksi dengan tetangga merupakan salah satu hal yang penting.

Meningkatkan sosialisasi dengan orang lain merupakan salah satu keutamaan dari Sholat Tarawih berjamaah. Dengan melaksanakan Sholat Tarawih berjamaah di masjid, maka nantinya seseorang akan sering bertemu dan berinteraksi dengan para tetangga.

Itu tadi merupakan beberapa penjelasan tentang keutamaan dari Sholat Tarawih berjamaah. Sangat banyak manfaat yang bisa didapatkan dari Sholat Tarawih berjamaah. Maka dari itu marilah perbanyak ibadah di Bulan Ramadhan ini, supaya mendapat rahmat dan hidayah dari Allah SWT.