5 Keutamaan Shalat Dhuha Yang Sangat Bermanfaat Dan Luar Biasa

  
Keutamaan shalat dhuha

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Islam mewajibkan pengikutnya untuk shalat lima waktu.  Selain shalat yang hukumnya wajib, ada juga shalat sunnah yang bila di kerjakan dapat pahala, dan bila tidak di kerjakan tak akan berdosa. Salah satu contoh shalat sunnah ialah shalat dhuha. Ada banyak keutamaan shalat dhuha yang penting untuk diketahui umat Islam.

Sesuai namanya, shalat dhuha adalah shalat yang waktu pelaksanaannya pada waktu dhuha, yakni antara waktu setelah matahari terbit sepenggalah sampai dengan tengah hari. Atau sekitar pukul 8 pagi hingga pukul 11 siang. Seperti yang disebutkan di atas bahwa shalat dhuha memiliki banyak keutamaan. Berikut ini adalah 5 keutamaan shalat dhuha yang sangat bermanfaat dan luar biasa:

1. Shalat Dhuha Bisa Menggugurkan Dosa

Manusia memang tempatnya salah dan dosa, dan tentu mengharapkan ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan. Salah satu keutamaan mengerjakan shalat dhuha yang pertama ialah mampu menggugurkan dosa. Bagi orang-orang yang rajin melaksanakan ibadah shalat dhuha, maka dosa-dosanya akan diampuni. Meskipun dosa-dosa itu tak dapat dihitung seperti banyaknya buih di lautan.

2. Pahala Orang yang Shalat Dhuha seperti Pahala Orang Bersedekah

Keutamaan shalat dhuha yang kedua ialah pahala shalat dhuha setara dengan pahalanya orang yang bersedekah. Dalam hal ini yang dimaksud dengan bersedakah ialah sedekah yang harus dikeluarkan oleh 360 persendian. Karena tiap-tiap sendi harus dikeluarkan sedekahnya dengan cara melaksanakan shalat dhuha. Orang yang mengerjakannya akan mendapat pahala sebanyak persendian itu.

3. Orang yang Mengerjakan Shalat Dhuha akan Dibuatkan Pintu Khusus Di Surga

Barang siapa yang rajin melaksanakan shalat dhuha, maka Allah berjanji bahwa hamba tersebut akan dibuatkan pintu khusus di surga nanti. Pintu itu akan diberikan nama pintu Dhuha. Orang-orang yang istiqamah melaksanan shalat sunnah dhuha ini akan memasuki surga lewat pintu Dhuha.

Betapa istimewanya kedudukan hamba yang rajin mengerjakan shalat dhuha. Mengerjakan shalat dhuha sangatlah mudah, tetapi balasan yang didapat sungguh luar biasa indahnya.

4. Mendapatkan Ghanimah yang Lebih Cepat

Shalat dhuha juga disebut shalat yang mampu membuka pintu rezeki. Bagi orang yang rajin dan rutin melaksanakan shalat dhuha akan diberikan nikmat ghanimah atau keuntungan atas izin Allah. Tapi tetap saja shalat dhuha diniatkan untuk mengharap ridho Allah semata, bukan untuk urusan duniawi saja.

Keutamaan shalat dhuha yang satu ini sangat cocok untuk yang sedang kesulitan dalam mencari pekerjaan, agar dimudahkan. Selain itu, sangat bermanfaat dalam dunia perniagaan agar mendapatkan keuntungan yang banyak dan juga berkah.

5. Doa akan Cepat Diijabah Jika Rajin Shalat Dhuha

Umat islam memang diwajibkan berdoa kepada Allah ta’ala. Allah akan mengabulkan doa hamba-Nya baik dikabulkan di dunia atau pun disimpan untuk Allah berikan di akhirat kelak. Bisa juga doa seorang hamba diganti dengan sesuatu yang lebih baik untuk si hamba.

Salah satu cara mustajabnya sebuah doa ialah dengan cara memperbanyak shalat dhuha. Pelaksanaan shalat dhuha bisa sebanyak 2 rakaat, 4 rakaat, 6 rakaat, dan sampai 12 rakaat, tergantung kesanggupan si hamba. Dan dengan izin Allah, doa-doa yang dipanjatkan akan segera dikabulkan.

Itulah tadi ulasan mengenai keutamaan shalat dhuha yang sayang untuk dilewatkan. Sebagai hamba yang taat sudah sepatutnya untuk mengamalkan shalat sunnah dhuha ini karena keutamaannya yang luar biasa. Baik yang akan kita dapatkan di dunia atau pun yang akan didapatkan di akhirat kelak atas izin Allah.