Khasiat Air Zam-Zam yang Luar Biasa bagi Manusia

  
Khasiat Air Zam-Zam

Berbicara mengenai sejarah-sejarah Islam dan orang-orang di masa lampau memang selalu bisa membangkitkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.Wabilkhusus bagi muslim dan muslimah di seluruh penjuru negeri. Salah satu kisah yang tidak pernah terlupakan ialah tentang Air Zam-Zam. Khasiat air zam-zam sudah tidak diragukan lagi.

Salah satu alasannya adalah karena pada tiap tahunnya air zam-zam selalu digemakan terutama pada saat orang-orang melaksanakan Haji dan Umroh. Dengan segala kuasa Allah dan kehendak-Nya, sejak hari dimana sejarah tersebut dimulai hingga detik ini khasiat air zam-zam selalu terdengar dan membuat banyak orang takjub.

Manfaat air zam-zam sangat erat kehadirannya dalam kehidupan manusia sehari-hari. Beberapa dari khasiat air zam-zam tersebut adalah sebagai berikut:

1. Uuntuk Kesehatan

Dalam Hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas dapat kita pelajari suatu pengetahuan tentang air zam-zam. Rasulullah mengatakan bahwa air zam-zam memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Salah satu kisah nyata adalah datang dari Ibn Al-Qayyim yang tertuang didalam kitab yang berjudul Al-Thibb Al-Nabawi.

Dalam kitab tersebut ia berkisah bahwa dimasa hidupnya pernah tinggal dikota Mekkah dan jatuh sakit.  Kala itu ia tidak dapat berobat kepada Thabib, maka ia menjadikan Surah AL-Fatihah dan air zam-zam sebagai obatnya. Dengan segala kuasa Allah, ia pun mendapatkan kesembuhan kembali.

2. Khasiat Untuk Tubuh

Dalam hadits yang sama, Rasulullah SAW juga menyebutkan bahwa khasiat air zam-zam selain menjadi obat bagi segala penyakit ialah menjadi makanan yang dapat mengenyangkan. Sebagai suatu air yang suci dan memiliki kualitas tinggi. Air zam-zam sangat dipercaya dapat memberikan khasiat bagi tubuh manusia yang mengkonsumsinya dalam hal menunda lapar ataupun mengenyangkan.

3. Untuk Wajah

Selain banyak orang yang mengkonsumsinya untuk diminum, air zam-zam juga digunakan untuk membasuh wajah ataupun berwudhu. Air zam-zam dipercaya memiliki khasiat untuk kulit wajah yang dalam hal ini berguna untuk regenerasi kulit.

Sejak dahulu kala banyak orang yang mengatakan bahwa membasuh wajah dengan air zam-zam dapat membuat wajah menjadi lebih cerah. Jika mendengarkan kisah dari orang-orang yang sudah pernah berkunjung ke Baitullah, mungkin beberapa diantaranya ada yang mengalami kulit kering dan menjadikan air zam-zam untuk memulihkannya.

4. Bagi Ibu Hamil

Mendapati calon ibu yang tengah mengandung bayinya yang selalu berbekal air zam-zam bukanlah suatu hal yang baru. Hal ini telah menjadi tradisi turun-temurun di tengah masyarakat. Dengan segala harapan dan do’a dari sanak keluarga, sang calon ibu percaya bahwa khasiat air zam-zam sangat banyak.

Manfaat bagi tubuh sangatlah luar biasa.  Air zam-zam dipercaya dapat mendetoksifikasi tubuh ibu hamil dari racun berbahaya, memperkuat rahim calon ibu yang tengah dikuasai si bayi, dan juga dapat melancarkan persalinan.

5. Khasiat Untuk Segala Keinginan

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Rasulullah SAW bersabda bahwa air zam-zam itu berkhasiat sesuai dengan apa yang diniatkan. Dari hadits ini dapat kita pelajari, bahwa atas izin Allah SWT, manakala kita meminum air zam-zam dan meniatkan suatu hal, maka apapun yang diniatkan dapat terwujud. Wallahua’lam bisshowaf.

Membahas khasiat air zam-zam memang tidak ada habisnya. Air suci yang sumurnya tidak pernah kering ini mengandung berbagai macam zat yang dapat dibuktikan secara ilmiah sangat baik untuk dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan tidak sempurna rasanya suatu perjalanan Haji atau Umroh jika tidak membawakan air zam-zam saat kembali ke negeri tercinta. Selain sejuta khasiat yang dimilikinya, air zam-zam selalu menghadirkan kerinduan bagi umat muslim untuk berkunjung kembali ke Baitullah.