7 Keutamaan dan Manfaat Tadarus Alquran di Bulan Ramadhan

  
Manfaat Tadarus Alquran di Bulan Ramadhan

Tadarus alquran adalah kegiatan membaca al quran yang dilakukan oleh dua orang atau lebih secara bergantian. Bagi umat islam kegiatan membaca alquran merupakan sebuah kewajiban dan kebutuhan. Terlebih di bulan yang ramadhan yang suci ini, karena segala sesuatu bisa dinilai sebagai ibadah dan pahalanya juga berlipat ganda. Oleh karena itu mari kita perbanyak melakukan kegiatan yang positif dan salah satunya adalah dengan tadarus. Berikut beberapa keutamaan dan manfaat tadarus alquran di bulan ramadhan.

1. Pahala yang Dilipatgandakan

Alquran merupakan kitab suci bagi umat islam, alquran juga berfungsi sebagai pedoman bagi manusia untuk mengarungi kehidupan di dunia ini. Kegiatan membaca al quran tentunya akan memberi kita pahala, apalagi jika kegiatan ini dilakukan secara bersamaan dan dilakukan pada bulan ramadhan.

Setiap orang yang membaca alquran akan dihitung pahala di setiap hurufnya. Pada bulan ramadhan pahala membaca alquran akan dilipat gandakan sepuluh kali. Allah memberikan ganjaran yang berlipat kepada umatnya sebagai motivasi agar lebih banyak lagi melakukan hal-hal kebaikan. Oleh karenanya jangan ragu untuk tadarus al quran selama bulan suci ini.

2. Menjalin Silaturahmi

Manfaat tadarus alquran di bulan ramadhan yang selanjutnya adalah saling menjaga tali persaudaraan. Dengan tadarus al quran kita akan saling bertemu antara satu dengan yang lain. Kegiatan tadarus alquran biasanya dilakukan di masjid atau mushola hal ini tentunya akan semakin mempererat tali persaudaraan.

3. Mendekatkan diri kepada sang pencipta

Selanjutnya manfaat tadarus alquran di bulan ramadhan adalah mendekatkan diri kepada sang pencipta. Kegiatan tadarus merupakan salah satu sarana untuk mendekatkan diri dan mengingatkan kita kepada sang pencipta. Kesempatan ini belum tentu bisa dilakukan pada hari-hari biasanya, oleh karena itu mari kita manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

4. Pikiran menjadi lebih positif

Dengan tadarus alquran ternyata bisa mempengaruhi psikologis seseorang, terlebih untuk seseorang yang sedang mengalami hal-hal yang sulit atau sedang tertimpa sebuah masalah. Orang yang sedang tertimpa masalah cenderung akan berfikir negatif oleh karena itu tadarus alquran bisa menjadi solusi agar pikiran bisa lebih positif.

5. Hati menjadi lebih tenang

Manfaat tadarus alquran di bulan ramadhan yang selanjutnya adalah untuk menghindari sifat iri hati, dengki dan sebagainya. Jika kegiatan tadarus ini dilakukan secara rutin akan membawa pengaruh yang baik untuk pembacanya dan bisa menciptakan ketenangan hati lebih tenang.

6. Menghindari dari perbuatan ghibah

Dengan datang ke masjid atau mushola untuk tadarus kita akan terhindar dari perbuatan yang kurang terpuji, seperti membicarakan kejelekan orang atau ghibah. Daripada waktu luang kita tidak bermanfaat lebih baik diisi dengan kegiatan positif yang menghasilkan pahala seperti tadarus alquran.

7. Sebagai penolong di hari akhir

Al quran selain sebagai pedoman hidup bagi manusia juga bisa sebagai penolong kita di akhirat kelak. Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW “Baca lah Alquran oleh kamu sekalian, karena bacaan Alquran yang sering dibaca ketika hidup di dunia ini, akan menjadi penolongnya nanti di hari Kiamat nanti” . (HR. Muslim). Oleh karena itu kita tidak perlu ada keraguan lagi, dengan membaca alquran kita akan mendapat jaminan kelak di hari akhir sebagai penolong.

Itu dia 7  Manfaat tadarus alquran di bulan Ramadhan yang bisa kita dapatkan. Bukan hanya pahala yang kita peroleh tapi kita juga akan mendapatkan ketentraman jiwa didalam diri kita. semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.