Melirik Usaha Sampingan Dengan Modal Kecil dan Eksis

  

Kebutuhan akan hidup akan terus bertambah namun seringkali tidak diimbangi dengan pemasukan yang baik. Solusi untuk masalah seperti ini adalah mengorbankan sedikit tabungan untuk membuka usaha sampingan dengan modal kecil yang sekiranya tidak memberatkan namun juga tetap mendapatkan laba yang baik.

Untuk usaha tambahan dengan modal minimalis, Anda bisa coba daftar berikut ini!

  1. Jual Gorengan

Modal untuk menjual gorengan hanya sekitar Rp. 1 jutaan saja dengan modal bahan pokok kita anggarkan Rp. 300 ribu sedangkan sisanya untuk tempat. Laba yang diperoleh bersih cukup lumayan.

  1. Jual Pulsa

Jualan pulsa dan loket pembayaran kini memang sudah banyak lewat aplikasi namun bukan berarti tidak ramai. Modal pertama sekitar Rp. 1 juta dengan kelengkapan hp saja, labanya lumayan dan Anda juga tidak terlalu capai.

  1. Warung Makan

Untuk warung makan di rumah, Anda bisa sediakan modal Rp. 1,5 juta untuk tayang perdana. Carilah menu yang sekiranya disukai oleh orang sekitar. Bikin harga standar dengan porsi besar dahulu.

  1. Jasa Desain

Kerja sambilan berikutnya adalah jasa desain gambar, untuk pemula bisa memberikan target Rp. 50 ribu. Setidaknya, di luar job pokok Anda bisa mendapatkan uang kaget.

  1. Jasa Penulis Lepas

Anda hanya perlu mengasah kemampuan menulis artikel dengan baik dan belajar memahami kalimat yang baik. Modalnya hanya komputer, koneksi internet dan bisa dikerjakan dimana saja.

  1. Kerajinan Tangan

Jika Anda suka kerajinan tangan, bisa mengelola semua barang di lingkungan menjadi lebih bermakna. Butuh keahlian khusus seperti merangkai hantaran pernikahan yang lumayan lho!

  1. Jual Busana

Usaha sampingan dengan modal kecil sekitar Rp. 3 jutaan adalah jualan pakaian. Anda juga bisa belanja dahulu baru bayar belakangan jika sudah punya kenalan.

  1. Cuci Kendaraan

Jasa cuci kendaraan pemula, Anda butuh modal air, sabun dan alat pembersihnya saja. Kisaran uangnya mulai dari Rp. 500 ribu apabila Anda hanya ingin mencuci motor saja, namun jika ingin mobil maka modalnya sekitar Rp. 2 jutaan karena sabun mobil itu khusus.

  1. Jual Jajanan Aneka

Tahukan Anda cimol, sempolan, es teh, cilok dan sejenisnya? Mereka merupakan cemilan murah meriah yang digemari oleh semua orang. Hanya dengan Rp. 2 juta saja Anda bisa mendapatkan laba eksis.

  1. Les Privat

Modal yang Anda butuhkan hanya ilmu dan motor, bisa juga anak datang ke rumah. Tarifnya bisa menyesuaikan jam mengajar. Misalnya, les komputer 1,5 jam per datang Rp. 30 ribuan – Rp. 50 ribuan.

Selain membuka usaha tambahan, Anda juga harus tahu cara mengatur keuangan keluarga agar terkumpul dengan baik.