Mengobati Sakit Kepala Secara Alami, Ini Caranya

  

Sakit kepala adalah sakit yang paling sering dirasakan oleh semua orang. Penyebab dari sakit kepala disebabkan oleh banyak faktor, seperti kurang istirahat, pola makan tidak teratur, dan kecapean. Ada beberapa orang yang tidak suka minum obat kimia. Hal itulah yang mendasari orang untuk mencari alternatif lain untuk mengobati sakit kepala secara alami.

Obat alami bisa dengan mudah didapatkan dirumah, selain bisa menyembuhkan, obat alami juga tidak memiliki efek samping. Itulah mengapa banyak orang yang lebih memilih menggunakan obat alami dibandingkan dengan obat kimia. Dibawah ini cara mengobati sakit kepala secara alami yang wajib untuk dicoba :

1. Perbanyak Minum Air Putih

Sakit kepala biasanya menandakan otak kekurangan oksigen dan darah. Hal ini disebabkan kurang lancarnya aliran oksigen dan juga darah menuju otak. Peredaran darah bisa menjadi lancar jika seseorang rajin menkonsumsi air putih. Pakar kesehatan juga telah menyarankan untuk mengonsumsi air putih minimal 8 liter perhari.

2. Konsumsi Buah-Buahan

Cara mengobati sakit kepala secara alami yang kedua adalah dengan memperbanyak makan buah-buahan. Sudah menjadi rahasia umum jika buah-buahan adalah pencegah penyakit paling ampuh. Selain karena banyak kandungan vitamin, buah-buahan seperti pisang yang kaya akan magnesium dan potasium dipercaya bisa meredakan sakit kepala.

3. Konsumsi Banyak Sayur

Selain buah-buahan yang mengandung magnesium, ternyata menkonsumsi banyak sayuran juga bisa meminimalisir terjadinya sakit kepala. Seperti kentang misalnya, sayuran dengan kandungan kalium yang tinggi ini dipercaya bisa meredakan sakit kepala. Dalam mengkonsumsi kentang, usahakan makan kentang yang direbus jangan yang digoreng.

4. Menggunakan Es Batu

Es batu memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, tapi bukan diminum ya. Penggunaan es batu ketika sakit kepala adalah dengan merendam tangan dengan es batu. Mengapa tangan? Karena saraf-saraf ditangan berhubungan langsung dengan kepala, sehingga bisa meredakan sakit kepala yang dialami.

5. Minum Air Jahe

Jahe adalah rempah yang mampu mengobati sakit kepala secara alami. Selain menjadi rempah yang membuat masakan menjadi nikmat, kandungan gingerol pada jahe memiliki khasiat yang mampu melancarkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar bisa mengurangi resiko terjadinya sakit kepala.

6. Memakai Aromaterapi

Terkadang ada orang yang tidak bisa meminum obat-obatan, nah untuk itu aromaterapi sangat membantu dalam meredakan sakit kepala. Aromaterapi seperti aroma mint dan lavender bisa merileksasikan otot dan saraf yang tegang. Minyak esensial beraroma mint juga bisa digunakan untuk memijit kepala sehingga bisa mengurangi rasa sakit akibat stress, kurang istirahat, dan sebagainya.

7. Perbaiki Pola Tidur

Jika menkonsumsi obat-obatan alami belum mampu meredakan sakit kepala, maka cobalah dengan memperbaiki pola tidur. Usahakan untuk istirahat yang cukup, dengan durasi tidur sekitar 6-8 jam sehari. Tidur lebih awal dan bangun lebih pagi adalah kebiasaan orang terdahulu yang dipercaya bisa mencegah segala penyakit, termasuk sakit kepala.

8. Meminum Kopi

Terdengar sedikit aneh memang bahwa kopi bisa mengobati sakit kepala. Akan tetapi mengkonsumsi kopi secara tepat bisa mendatangkan khasiat yang baik untuk tubuh, seperti sakit kepala. Kandungan kafein pada kopi ternyata bisa menenangkan saraf-saraf yang ada pada kepala, sehingga bisa meminimalisir sakit yang menyerang.

Itulah tadi ulasan singkat tentang cara mengobati sakit kepala secara alami, jadi jangan buru-buru minum obat kimia ya. Selain menimbulkan efek samping, obat kimia juga mengakibatkan ketergantungan. Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman yang mungkin sedang mencari alternatif untuk mengobati sakit kepala yang seringkali datang secara tiba-tiba. Kunci dari semua obat diatas adalah perbaiki pola hidup.