5 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif secara Alami

  

Setiap orang pasti pernah mengalami depresi seperti marah, merasa tidak bahagia, menderita, putus asa, sedih, gagal, lelah, dan kecewa. Hal tersebut terjadi akibat pikiran negatif yang terus merasuki diri, dan membuat langkah kita berhenti. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menghilangkan pikiran negatif dari diri manusia.

Meskipun begitu, untuk menghilangkan pikiran buruk pada otak sangatlah sulit, karena pikiran tersebut biasanya datang berdasarkan pengalaman pahit dalam hidup. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan pikiran negatif diantaranya sebagai berikut:

1. Alihkan Pikiran Pada Hal Positif

Saat pikiran mengarah pada hal yang negatif, alihkanlah diri, perasaan, serta pikiran mengenai hal yang positif. Meskipun hal tersebut tidak mudah, namun berusahalah sekuat tenaga. Caranya yaitu dengan berpikir berdasarkan perspektif maupun sudut pandang lain.

Latihlah diri untuk menggunakan sudut pandang yang berbeda dan tidak fokus kepada satu arah saja. karena hal tersebut membuat pikiran negatif sangat sulit untuk dialihkan ke sisi yang lain. Cara ini membuat pikiran lebih tenang, bahagia, dan bersyukur dengan mudah.

2. Memilih Lingkungan yang Baik

Untuk menghilangkan pikiran negatif, pilihlah lingkungan yang baik dengan berteman atau bergaul bersama orang yang berpikiran positif. Hal tersebut dapat mengubah pikiran buruk pada diri seseorang. Berdasarkan penelitian, mahasiswa cenderung mengikuti perilaku negatif dari teman dekatnya, misalnya khawatir yang berlebihan, overthinking, dan terlalu serius dalam menghadapi sesuatu. Hal tersebut dinamakan ruminasi.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk memilih lingkungan dan teman yang baik agar bisa membawa ke hal yang positif dan menjauhi perilaku negatif. Cobalah untuk bercerita kepada teman yang dipercaya untuk menghilangkan sedikit beban dan mendapatkan masukan yang tepat. Selain itu, hangout bersama teman memberikan energi optimis pada diri. Sehingga, pikiran negatif yang menumpuk di kepala bisa cepat dilupakan.

3. Pergi ke Luar Ruang

Apabila sedang menghadapi masalah dan pikiran-pikiran yang kacau, cobalah untuk pergi dan menghabiskan waktu di luar rumah. Hal tersebut merupakan cara yang tepat untuk menghilangkan pikiran negatif. Lakukan aktivitas yang menyenangkan di luar rumah, seperti berolahraga, pergi ke mall, travelling, dan lainnya.

Hal tersebut bukan hanya melakukan aktivitas fisik melainkan untuk menjauh dari segala pikiran yang mengganggu, dan menghabiskan waktu dengan teman. Ini bisa menjadi solusi yang cukup efektif untuk merilekskan pikiran.

4. Kenali Nilai Pada Diri

Ada beberapa hal yang mengganggu pikiran, contohnya pada dunia kerja. Semua orang pasti menginginkan pekerjaan yang baik, enak, nyaman, gaji tinggi, dan lainnya. Namun apabila hal tersebut tidak bisa dicapai, cobalah untuk mengenali nilai pada diri.

Cobalah bertanya pada diri, Apakah sudah pantas mendapatkan pekerjaan tersebut? Apakah bisa melakukan pekerjaan tersebut dengan baik? Hal tersebut dapat menghilangkan pikiran buruk dan membantu diri menjadi seseorang yang berkompeten dan bersemangat tinggi.

5. Mengekspresikan Pikiran Dengan Cara Lucu

Apabila sedang ditimpa masalah, cobalah untuk mengekspresikannya dengan cara lucu, Karena hidup ini tidak perlu dibawa serius. Cobalah untuk menikmati hidup sendiri, jangan biarkan pikiran negatif mengacaukan hidup. Buatlah diri menjadi lebih nyaman, biarkan orang lain berpikir apapun, asalkan diri sendiri tetap bahagia. Cobalah untuk memikirkan sesuatu agar diri terhibur dan tertawa.

Itulah 5 cara menghilangkan pikiran negatif yang bisa dilakukan agar hidup menjadi lebih berwarna. Intinya jangan pernah putus asa, dan tetap lakukan yang terbaik demi menjalankan hidup yang lebih baik. Jangan biarkan pikiran negatif menghilangkan semangat untuk menjalani hidup.