Begini Mudahnya Belajar Berenang Secara Otodidak di Rumah

  

Berenang sudah menjadi hobi bagi remaja bahkan anak-anak, namun bagaimana jika sedang ada pandemi seperti sekarang ini. Bahkan mau belajar berenang saja tidak bisa. Yang harus dilakukan adalah belajar berenang otodidak di rumah karena harus di rumah aja. Jadi beginilah cara mudah belajar berenang secara otodidak di rumah:

1. Kumpulkan Niat

Siapa saja jika ingin melakukan sesuatu yang utama adalah niat dahulu. Bila niat saja belum terkumpul maka hasil tidak akan maksimal. Kunci utama dari ingin bisa adalah dengan niat dan tekad yang kuat untuk mencapainya.

Tentunya niat saja tidak cukup untuk bisa belajar berenang secara otodidak di rumah. Harus ada persiapan seperti  menyiapkan peralatan seperti kolam renang portable jika tidak memiliki kolam di rumah. Tak hanya itu, harus ada pengamanan yang lainnya. Bagi yang sering malu belajar berenang di kolam renang umum ini sangat cocok untuk diapikasikan di rumah.

2. Cari Teman yang Pintar Berenang

Cara kedua yaitu dengan mencari teman yang sudah pintar berenang. Namanya belajar harus didampingi dan diajarkan oleh yang sudah bisa. Selain untuk meminimalkan biaya les, berenang dengan teman juga dapat meningkatkan rasa semangat. Pastinya lebih terkesan santai tetapi tetap harus pada niatan awal untuk bisa.

3. Melatih Mental Nyemplung ke Kolam

Cara ketiga belajar berenang secara otodidak adalah dengan merendamkan badan ke dalam kolam sebatas leher.  Kemudian basahi bagian muka dan kedua tangan, lalu  rapatkan kaki serta taruh kedua tangan pada masing-masing paha. Kemudian melompat ke dalam kolam. Hal ini bisa dilakukan secara berulang  agar terbiasa melompat ke dalam kolam.

4. Melatih Belajar Jalan di Dalam Kolam

Ini sangat penting bagi pemula belajar berenang secara otodidak di rumah. Sebab dengan berjalan di dalam kolam tanpa gemetar akan memudahkan dalam belajar berenang. Dengan cara berjalan dengan kedua lutut ditekuk, kemudian diayun ke dalam air ke depan dan belakang secara berulang-ulang.

Berjalan ke arah depan dan belakang dengan step panjang dan pendek. Dilakukan secara berulang-ulang dan juga menendangkan kaki ke arah yang sama. Cara ini dapat membantu untuk menyeimbangkan kaki untuk berdiri tegak di atas kolam.

5. Belajar Pernapasan

Saat berenang harus bisa mengatur nafas. Dalam berenang harus bisa mengatur kapan harus mengambil nafas dan kapan saatnya menghembuskan udara. Caranya adalah ambil nafas lalu masuk ke dalam kolam dengan tahan nafas selama beberapa detik. Serta buat gelembung – gelembung dengan cara mengeluarkan nafas melalui mulut atau hidung.

Hal ini penting dilakukan agar tidak merasa ngos-ngosan ketika sedang berenang. Setelah itu keluarkan kepala dari kolam. Baru ambil nafas panjang dengan mulut dan kemudian buka mata. Lakukan latihan ini sesering mungkin dan berulang-ulang agar nanti dapat terbiasa bernafas di dalam air.   

6. Belajar Mengapung, Tengkurap, dan Telentang

Cara untuk mengapung adalah dengan saling berhadapan dengan Partner, kemudian condongkan badan ke depan secara perlahan. Buka kedua kaki serta tungkai dan lengan, sehingga terlihat mengapung. Sementara tugas dari Partner adalah dengan membantu saat kesulitan bangun. Posisi kepala harus benar – benar telungkup saat sedang akan melakukan gerakan mengapung.

Untuk latihan telentang adalah dengan cara berhadapan dengan partner. Kemudian tugas dari Partner adalah menahan kepala bagian belakang saat yang dilatih susah untuk bangun. Latihan ini perlu diulang berkali-kali agar bisa maksimal dalam posisi utama.

Demikianlah ulasan tentang cara belajar berenang secara otodidak di Rumah yang dapat dengan mudah dipraktekkan. Dengan belajar di berenang di rumah bisa lebih maksimal dan lebih sering karena tidak perlu keluar dan mengeluarkan biaya. Serta dapat dilakukan kapan saja selagi waktu selang.