Peluang Usaha Sembako dan Tipsnya Agar Mendapatkan Untung Besar

  

Peluang usaha sembako adalah peluang bisnis yang sangat menggiurkan. Karena ada beberapa hal yang membuat sembilan bahan pokok ini pasti dibeli oleh orang. Artinya untuk mencari pelanggan tidak akan sulit, baik di kota maupun di desa.

Apa Untungnya Menjual Sembako?

Berjualan sembako keuntungannya sangat besar. Pasalnya, bahan yang dijual memang dibutuhkan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Jangan harap masyarakat bisa hidup jika kebutuhan ini tidak dipenuhinya.

Tak hanya itu, usaha sembako tidak akan pernah ada habisnya. Sampai kapanpun bisnis ini akan tetap dijalankan, selama manusia masih makan dan minum. Karena sejatinya sendiri, sembilan bahan pokok (sembako) adalah bahan-bahan agar masih ada yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat.

Ini alasan mengapa peluang usaha sembako begitu besar terkait dengan keuntungan bagi penjual. Maka dari itu, wajar jika para pedagang yang sukses sebagian besar dari berdagang produk jenis tersebut.

Tips Mendapatkan Untung Besar dari Usaha Sembako

Sekalipun peluang usaha sembako sangat besar untuk mendapatkan keuntungan finansial, akan tetapi masih banyak para pedagang yang justru mengalami kebangkrutan ketika menjalankannya. Bahkan di awal memulai bisnis pun, kerugian yang didapatkan sudah membuat usaha menjadi kolaps.

Atas dasar itu, di bawah ini akan dijelaskan tips mendapatkan untung besar dari usaha sembako. Tujuannya supaya masalah di atas tidak menimpa pedagang. Ini dia tipsnya yang bisa dicoba:

1. Melayani Pembeli dengan Ramah

Tidak dimungkiri toko sembako adalah toko yang paling ramai pengunjung. Tak hanya itu, pelanggan di sini lebih “rewel” dibandingkan pelanggan di toko lain. Sekalipun demikian, tetapi layani pelanggan dengan baik serewel apapun mereka. Karena ini yang bisa membuat para pelanggan tidak berpaling ke toko lain.

Akan tetapi jika penjual melayani dengan judes, tentu keesokan harinya pelanggan bisa pindah. Tentu ini bisa menjadi hal buruk bagi usaha. Apalagi jika baru berdiri, yang mana jumlah pelanggannya masih tidak terlalu banyak.

2. Menjual Sembako Berkualitas Tinggi

Sekalipun peluang usaha sembako adalah mudah mendapatkan keuntungan besar dan pelanggan yang banyak, akan tetapi jika yang dijual adalah produk sembako kualitas rendah, tentu pelanggan tidak menyukainya. Apalagi bahan-bahan semacam ini tidak tahan lama.

Maka dari itu, jika ingin membuka usaha ini pastikan bahan-bahan pokok yang dijual bermutu tinggi. Sehingga pelanggan merasa puas dan tidak melirik toko lain sekalipun barang yang dijual bermerek sama.

3. Jual dengan Harga Bersaing

Jual dengan harga bersaing maksudnya menjual dengan harga yang selisihnya tidak terlalu besar antara harga jual dengan harga yang didapatkan dari pemasok. Memang semakin besar selisih, laba juga semakin besar. Akan tetapi, masyarakat bisa mengeluh karena harga menjadi melambung tinggi.

Maka dari itu, silahkan raih keuntungan dari menjual sembako tetapi dengan nominal yang wajar-wajar saja Jangan pula menimbun sembako karena ini sama saja berdagang dengan cara culas dan curang.

4. Sembako Dijual dengan Tester Harus Sesuai

Umumnya orang menjual sembako lengkap dengan tester-nya. Maksudnya supaya pelanggan tahu kalau kualitas bahan yang dijual memang tinggi sebelum ia melakukan pembelian dan pembayaran. Maka dari itu, contoh bahan (tester) dengan bahan sembako yang akan dijual harus sama.

Dengan demikian, pelanggan menjadi puas dan bersedia datang kembali di lain waktu. Sebaliknya, jika tester dan produk sembako yang akan dibeli kualitasnya berbeda, tentu akan membuat  pelanggan menjadi kecewa.

5. Ajak Komunikasi Pelanggan dengan Akrab

Jika menjadi penjual bahan sembako jangan kuper dan kurang gaul. Justru ajak konsumen berkomunikasi agar keakraban antara penjual dengan pembeli semakin terbangun. Jangan sungkan untuk bertanya alamat rumah pembeli, membincangkan masalah ringan yang sedang viral dan lain sebagainya. Jika perlu silahkan puji pembeli setinggi langit, agar pelanggan senang dan semakin akrab.

Itulah peluang usaha sembako dan tipsnya jika penjual ingin mendapatkan keuntungan dari usaha ini. Silakan tips di atas diterapkan dengan baik, dan pastikan berdaganglah dengan jujur dan amanah.