Tips Menggunakan Sosial Media dengan Bijak Supaya Tidak Mempengaruhi Karier di Kantor Berikut Bisa Dipraktikkan!

  
tips menggunakan sosial media dengan bijak supaya tidak mempengaruhi karier di kantor

Di era sosial media seperti sekarang, kita patut untuk lebih berhati-hati dalam memosting sesuatu. Sebab, nggak sedikit, loh, orang yang kehilangan pekerjaan hanya karena status atau unggahannya di sosmed. Nggak kebayang, kan, bila harus diberhentikan dari kantor padahal kariermu sedang naik-naiknya hanya gara-gara satu kalimat yang kontroversial? Oleh karena itu, terapkan tips menggunakan sosial media dengan bijak supaya tidak mempengaruhi karier di kantor berikut ini!

Kamu tentu tahu bahwa sosial media merupakan sarana untuk menyampaikan kritik dengan mudah. Tinggal membuat status atau thread, segala uneg-unegmu bisa tersalurkan. Tapi, di sisi lain, postinganmu yang berisi kritik tersebut dapat menjadi bumerang. Apalagi bila bahasa yang kamu gunakan bersifat konfrontatif dan cenderung memojokkan pihak tertentu. Dishare oleh banyak orang pula!

Jika ketahuan atasan, kamu bisa diomelin habis-habisan atau yang paling parah langsung diberhentikan kerja saat itu juga. Soalnya mempermalukan nama perusahaan, kan? Nah, supaya terhindar dari hal itu, kamu harus menggunakan sosmed dengan bijak. Perhatikan hal-hal berikut agar nggak kebablasan bikin postingan yang ‘bodoh’:

1. Pikirkan Dengan Baik Sebelum Mengunggah Postingan

Setiap hendak meng-enter komentar atau menerbitkan status di sosial media, pikirkan lah dengan matang terlebih dahulu. Sebab, nantinya itu bakal terekam sebagai jejak digitalmu. Supaya jejak digital tersebut nggak menjeratmu di kemudian hari, pastikan semua hal yang kamu unggah merupakan sesuatu yang positif dan aman buat dibagikan ke publik.

2. Hati-Hati Dalam Menanggapi Isu Yang Sedang Viral

Sekarang, tuh, apa-apa bisa viral. Kayak kasus pemecatan Dirut Garuda yang beberapa saat lalu jadi trending topic. Jika topik yang sedang viral cukup menarik, tentu kamu gregetan dan gampang kepancing buat ikut menyuarakan pendapat, bukan?

Selama pendapat yang kamu sampaikan bernada positif, sih, nggak masalah. Tapi, kalo mengandung unsur kebencian dan bersifat kontroversial, mending nggak usah diunggah, deh! Hal itu bisa memicu konflik antar teman atau mutual di sosmed yang berbeda pendapat. Kamu perlu hati-hati, apalagi jika berteman dengan atasan dan rekan kerja di sosmed.

3. Posting Sesuatu Yang Positif Dan Bermanfaat

Seperti yang telah disampaikan pada poin pertama, tips menggunakan sosial media dengan bijak supaya tidak mempengaruhi karier di kantor adalah dengan mengunggah hal-hal yang positif dan bermanfaat. Misalnya, membagikan pengalaman mengurus anak, menulis quotes orang-orang sukses dan sebagainya.

Dengan tidak memosting hal-hal negatif, seperti ujaran kebencian, hubunganmu dengan followers bakal tetap terjaga. Sebab, mereka merasa yakin bahwa berteman denganmu di sosmed bisa memberikan manfaat. Nggak cuma itu, kariermu pun akan aman.

4. Atur Akunmu Sesuai Kebutuhan

Kamu tentu tahu bahwa di sosmed sering banget terjadi kesalahpahaman. Penyebabnya sepele, salah satunya karena postingan yang sebenarnya biasa saja, menurut followers cenderung bernada negatif. Misal, kamu hanya sekadar mengunggah kata-kata bijak, tapi followers menangkapnya sebagai sebuah sindiran halus bagi mereka. Nggak jarang, kan, yang kayak gitu?

Nah, untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa mem-private akunmu. Beberapa sosial media, seperti Facebook, Twitter dan Instagram memiliki pengaturan yang demikian. Jadi, apabila akunmu diprivate, hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengakses informasi dari akunmu.  Atau kalo kamu mau bebas berekspresi di sosmed tanpa diketahui oleh orang-orang di real life, buat lah akun khusus.

Mulai sekarang, sebelum memosting apapun di sosmed, mending pikir-pikir dulu, deh! Jangan sampai postingan ‘bodoh’ kamu keburu naik, dibagikan atau discreenshot oleh banyak pengguna sosmed dan akhirnya viral. Beruntung kalo bosmu cuma marah, gimana semisal beliau langsung memecatmu?

Nggak mau, kan? Semoga tips menggunakan sosial media dengan bijak supaya tidak mempengaruhi karier di kantor di atas juga bisa membantu!