Sering Gagal Fokus? Inilah Cara Mengatasi Susah Konsentrasi yang Perlu Diketahui

  

Terkurung pekerjaan menumpuk tentu akan membuat diri mengalami gagal fokus, sehingga terkadang selalu salah mengerjakan hal lain. Untuk itu, lakukan cara mengatasi susah konsentrasi agar tidak mengganggu pekerjaan lain, sehingga tetap berjalan dengan lancar.

Pada umumnya, susah konsentrasi disebabkan karena kurangnya tidur saat malam hari. Kesulitan dalam hal konsentrasi juga pasti mempengaruhi segala aktivitas di pagi hari. Lalu, sebenarnya apa saja yang membuat orang susah berkonsentrasi hingga dalam taraf yang parah?

Penyebab susah konsentrasi tentu sangat banyak sekali. Beberapa diantaranya seperti karena mengerjakan beberapa tugas sekaligus, sering begadang setiap malam, memikirkan banyak hal hingga terlalu sering menatap gadget. Lantas apakah ada cara mengatasi susah konsentrasi? Tentu saja ada, oleh karena itu simak ulasan di bawah ini:

1. Fokus Mengerjakan Satu Tugas

Baik anak sekolah, mahasiswa maupun pekerja pasti akan mengalami penumpukan deadline setiap harinya. Hal tersebut tentu akan membuat pikiran menjadi penat dan memacu diri agar bisa mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus. Padahal, kegiatan tersebut sangat tidak dianjurkan. Mengapa? pasalnya dapat merusak konsentrasi.

Apabila konsentrasi sudah rusak dan terpecah maka akan mempengaruhi terhadap hasil pekerjaan. Oleh karenanya, untuk mengatasinya sebisa mungkin latih diri sendiri untuk terlebih dahulu mengerjakan satu pekerjaan. Manage waktu semaksimal mungkin agar deadline yang bersamaan bisa terselesaikan dengan sempurna.

2. Batasi Penggunaan Gadget

Sejauh ini tidak banyak orang mengetahui bahwa ternyata terlalu sering memandangi layar gadget mampu menyebabkan gagal fokus. Kenapa? karena sinar radiasi yang ditimbulkan pada layar gadget mampu merusak saraf mata dan otak apabila sudah parah dan berkepanjangan.

Membatasi diri untuk tidak menggunakan gadget selama beberapa jam dalam sehari ternyata mampu mengatasi masalah susah konsentrasi. Sisakan waktu tersebut untuk melihat dedaunan yang hijau atau hamparan rumput yang luas. Pasalnya, hal ini dapat membantu memulihkan syaraf mata yang lelah.

3. Pastikan Waktu Tidur Cukup dan Teratur

Sebagaimana telah disebutkan di atas bahwa salah satu penyebab susah konsentrasi adalah kurangnya waktu tidur. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari begadang apabila tidak diperlukan. Serta, pastikan juga waktu tidur di malam hari teratur dan jangan membiasakan tidur pada jam yang berbeda.

4. Luangkan Waktu Untuk Beristirahat dan Santai

Cara mengatasi susah konsentrasi berikutnya adalah dengan meluangkan waktu sejenak, entah untuk bercengkrama ringan atau lain sebagainya. Tidak hanya itu, bersantai juga dapat meletakkan kepenatan pikiran akibat pekerjaan yang terlalu menumpuk selama seharian.

Waktu bersantai tersebut sebaiknya digunakan untuk berbaring sambil memejamkan mata dan mendengarkan musik yang menenangkan. Upaya ini bahkan sudah banyak disarankan oleh para pakar syaraf dan tidak sedikit juga orang menerapkan cara tersebut. Sehingga, tidak ada salahnya mencoba, bukan?

5. Selalu Konsumsi Makanan yang Sehat

Mengatasi gagal fokus juga bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat. Pastikan nutrisi tubuh tercukupi dengan maksimal. Seperti misalnya, karbohidrat, protein, vitamin dan masih banyak lagi. Semua itu bisa didapatkan dengan mengkonsumsi empat sehat lima sempurna.

Selain mengatasi susah konsentrasi, mengkonsumsi makanan yang sehat juga dapat meningkatkan stamina tubuh. Sehingga, sistem imun di dalam tubuh terjaga dengan baik. Apabila sistem imun di dalam tubuh terbentuk dengan baik, maka segala macam penyakit tidak akan mudah menjangkiti.

Beberapa cara mengatasi susah konsentrasi yang ada di atas, apakah kiranya cukup membantu? Pastikan memahami dan menerapkannya sejak sekarang, agar tidak lagi mengalami gagal fokus. Demikian ulasan tersebut, semoga membawa kemanfaatan serta jangan lupa untuk selalu berolahraga, ya?