5 Cemilan Sehat Saat Puasa Yang Enak Dan Bernutrisi

  
cemilan sehat saat puasa

Saat Ramadhan tiba, selain ibadah yang harus ditingkatkan, tak lupa untuk menjaga kesehatan agar kegiatan beribadah tetap berjalan dengan lancar. Salah satu cara menjaga kesehatan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi terlebih pada saat berpuasa. Cemilan sehat saat puasa perlu disiapkan karena selama seharian penuh perut dalam keadaan kosong.

Untuk mengawali berbuka puasa kita bisa berbuka dengan yang manis atau bisa juga dengan camilan. Kemudian bisa dilanjutkan dengan mengkonsumsi makanan berat setelah shalat maghrib ataupun setelah shalat tarawih. Tidak baik jika langsung berbuka dengan makanan yang berat dan tidak sehat. Berikut adalah beberapa rekomendasi cemilan sehat yang cocok untuk berbuka puasa :

1. Kurma dan Segelas Air Putih

Cemilan sehat saat puasa yang pertama adalah kurma dan segelas air putih. Selain rasanya yang manis tentunya kurma juga mengandung nutrisi yang sangat baik untuk tubuh kita. Mengkonsumsi kurma disunnahkan dalam jumlah yang ganjil, kita bisa mengkonsumsi 3 buah kurma dan segelas air putih. Kurma juga sangat mudah untuk didapatkan khususnya di bulan ramadhan, jadi tidak perlu khawatir untuk menemukan cemilan yang satu ini.

2. Buah-buahan

Buah-buahan bisa jadi alternatif untuk cemilan sehat saat puasa. Kita bisa memilih buah favorit untuk dikonsumsi seperti buah melon, anggur, semangka, buah naga atau yang lainnya. Buah-buahan juga kaya akan nutrisi tentunya baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu buah juga mengandung mineral dan gula alami yang bisa mengembalikan cairan dalam tubuh setelah seharian berpuasa.

3. Jenis Kacang-kacangan

Selanjutnya ada kacang-kacangan yang bisa dijadikan sebagai cemilan. Terdapat banyak jenis kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi, seperti kacang almond, kacang mede, kacang hijau, kacang kedelai rebus, kacang tanah rebus dan yang lain-lain. Kacang-kacangan termasuk makanan ringan yang bernutrisi karena mengandung lemak sehat. Sehingga kacang-kacangan cocok untuk dijadikan cemilan sehat saat puasa.

4. Kue Tradisional

Kue tradisional bisa menjadi pilihan cemilan sehat yang selanjutnya. Cemilan ini banyak dijual di pasar sehingga kita tidak perlu khawatir untuk mendapatkannya. Kue tradisional juga banyak macamnya seperti onde-onde, putu ayu, kue lumpur, kue lemper, dadar gulung, pie buah, lontong isi sayur dan masih banyak lagi.

Untuk harga juga sangat terjangkau jadi kita bisa membeli beberapa varian kue untuk menu berbuka puasa. Selain itu, kue tradisional juga cukup mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Dengan begitu cemilan untuk berbuka puasa ini akan jauh lebih higienis karena dibuat oleh diri sendiri.

5. Snack Sehat

Cemilan sehat saat puasa yang selanjutnya adalah snack sehat. Cemilan ini seperti snack yang biasa dikonsumsi setiap hari kita bisa membelinya di supermarket terdekat, tentunya kita juga melihat kandungan nutrisi yang ada pada snack tersebut. Selain itu, kita juga bisa membuatnya sendiri dirumah karena kandungan nutrisinya bisa ditakar sendiri dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Kita bisa membuat beberapa cemilan sehat sendiri, diantaranya adalah stick keju, stik kentang, brownies, jasuke, puding dan yang lainnya. Membuat cemilan sendiri selain terjamin kebersihannya juga bisa mengasah kemampuan kita dalam hal memasak terlebih pada kondisi saat ini yang menuntut kita untuk melakukan aktivitas dirumah saja.

Itulah beberapa rekomendasi cemilan sehat saat puasa yang cocok untuk dikonsumsi sendiri, selain itu bisa juga untuk dijadikan peluang usaha. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat ibadah tidak akan terganggu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan semoga puasanya lancar sampai hari yang fitri datang.