Jenis Kopi Terbaik Di Nusantara Yang Mendunia

  

Jenis kopi terbaik adalah kopi yang memiliki kualitas terbaik, baik secara bentuk, aroma dan kandungan kopi. Di Indonesia sendiri ternyata memiliki berbagai jenis kopi terbaik bahkan termahal di dunia, setiap daerah  memiliki jenis kopinya sendiri. Walaupun hanya mendapat peringkat ke 4, kopi Indonesia tetap yang ternikmat dan termahal di dunia.

Indonesia terkenal sebagai bangsa yang kaya akan hasil rempah dan sajian alam yang eksotik dan indah dipandang mata. Kopi nusantara juga sangat terkenal di dunia, hingga tak heran jika para wisatawan lokal hingga manca negara datang berkunjung. Berikut jenis kopi terbaik asal nusantara.

1. Kopi Gayo, Aceh

kopi arabika ini, merupakan kopi sangat terkenal, dinamakan gayo, karena kopi ini tumbuh di dataran tinggi daerah gayo propinsi aceh. Daerah gayo memang memilki perkebunan kopi, tidak itu saja, beberapa ekor luwak juga dipelihara yang dilepas bebas di perkebunan kopi. Melalui fermentasi alami di perut luwak, kopi gayo menjadi nikmat.

2. Kopi Toraja, Sulawesi Selatan

Kopi yang dihasilkan dari perkebunan kopi yang berada di pegunungan toraja Sulawesi selatan ini tumbuh secara subur. Karena kesuburannya maka tak heran perkebunan ini menghasilkan dua jenis kopi sekaligus, yakni kopi arabika dan robusta. Kopi yang memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi, begitu juga kadar kafein yang dihasilkan pada kopi,

3. Kopi Kintamani, Bali

Ternyata bali juga menghasilkan kopi terbaik di nusantara bahkan di dunia, selain pesona alamnya yang sangat memukau. Kopi yang ditanam di perkebunan daerah kintamani, ternyata memiliki citarasa tersendiri dan khas yang berbeda. Rasa yang dihadirkan juga unik, percampuran rasa asam dan segar, inilah yang membuat kopi ini memiliki penggemar tersendiri.

4. Kopi Flores, NTT

Menjadi rahasia umum, keindahan alam yang dimiliki flores juga sangat menawan dan memukau terlebih wisata pantainya. Yang paling mengejutkan adalah, flores juga menghasilkan kopi terbaik di nusantara, perkebunannya berada di daerah Ngada NTT. Kopi yang memiliki citra rasa tersendiri aroma buah dan tembakau menjadi satu ketika meminumnya dalam keadaan hangat.

5. Kopi Jawa, Jawa Timur

Jenis kopi yang berasal dari perkebunan yang berada di pegunungan Ijen daerah Banyuwangi, propinsi jawa timur ini juga memiliki kualitas baik. Kopi berjenis arabika ini ternyata sudah dikenal di dunia pada abad ke 17, dan menjadi produsen kopi terbesar saat itu. Kopi yang tipis beraroma rempah ini, memiliki citra rasa tersendiri.

6. Kopi Lanang, Jawa

Kopi lanang tercipta dikarenakan adanya kopi yang berbentuk bulat, tanpa ada belahan di tengahnya seperti bentuk kopi pada umumnya. Kata lanang sendiri diambil dari bahasa jawa yang artinya lelaki atau pria ini, ternyata memiliki manfaat yang khusus juga. Dan manfaat dari kopi ini adalah menambah vitalitas atau menambah keperkasaan pria.

7. Kopi Luwak, Indonesia

Jenis kopi terbaik satu ini merupakan kopi yang sangat difavoritkan oleh semua orang di dunia, kopi ini memiliki citarasa nikmat. Tak heran jika orang di seluruh dunia sangat mengidolakan kopi ini, selain produksinya yang terbatas, bisa dibilang kopi ini langka. Kopi yang difermentasikan dari perut luwak ini menjadikannya sangat nikmat.

8. Kopi Wamena, Papua

Di pegunungan Wamena, Papua, perkebunan kopi yang memiliki aroma tersendiri ini menjadi ciri khas menjadi karakter kopi asal Wamena. Petani lokal masih menanam kopi dengan mengunakan bahan yang organik, jadi rasa kopi yang original sangat terasa. Tidak hanya itu, kopi wamena, tidak meninggalkan ampas dan rasa asam pada lidah penikmatnya

Jenis kopi terbaik ini masih banyak lagi dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia, kopi-kopi tersebut memiliki aroma dan citarasa tersendiri. Sebagai warga tentu memiliki rasa bangga, pada hasil alam nusantara yang melimpah, termasuk penghasil kopi terbaik di dunia. Maka, sebagai masyarakat haruslah menjaga alam agar apa yang dihasilkan selalu berkualitas.