Inilah 10 Daftar Kuliner Solo Legendaris Wajib Dicoba

  

Berencana berlibur ke kota yang terkenal dengan lagunya yang berjudul “Bengawan Solo”? ada baiknya menyiapkan budget berlebih guna mencicipi kuliner Solo legendaris. Oleh karena itu, sebisa mungkin jadikan kunjungan menjadi berkesan dengan memanjakan lidah.

Solo tidak hanya terkenal dengan kekayaan budayanya saja, melainkan juga keragaman kuliner. Cita rasa khas dan unik selalu mampu membuat wisatawan langsung jatuh hati, sehingga berniat kembali berkunjung ke sana. Lantas apa saja kuliner legendaris Solo itu? simak ulasan singkat di bawah ini:

1. Timlo Sastro

Timlo Sastro adalah salah satu kuliner yang sebenarnya wajib dicoba pertama kali. Makanan ini terbentuk dari olahan potongan hati ampela, telur dan aneka sosis Solo lengkap. Kuliner ini bahkan sudah berdiri sejak tahun 1952 dan sampai saat ini masih dipertahankan cita rasanya.

2. Selat Solo Mbak Lies

Namanya yang unik bisa segera ditemui di lokasi Jl. Veteran, Gang II, Kota Sragen, Solo, Jawa Tengah. Julukan makanan ini sebenarnya berasal dari plesetan kata “Salad”. Selain itu di kedai Selat Solo Mbak Lies ini pengunjung bisa turut mencoba olahan daging sapi bersaus rempah lezat.

3. Tahu Kupat

Kuliner legendaris Solo berikutnya adalah Tahu Kupat Sido Mampir yang telah berdiri sejak tahun 1977. Lokasinya sangat strategis yakni berada di depan masjid Solikhin, sehingga mudah ditemukan oleh pengunjung. Olahannya sendiri terdiri dari ketupat, toge, tahu goreng, mie kuning dan kemudian diguyur dengan kuah kecap.

4. Tengkleng Klewer Bu Edi

Kuliner legendaris kota Solo yang jangan sampai terlewatkan adalah Tengkleng Klewer Bu Edi. Sekalipun bentuknya seperti gulai, akan tetapi olahan yang berasal dari tulang iga kambing ini memiliki rasa yang berbeda. Harganya cukup murah, seporsi hanya sekitar Rp. 10.000 saja.

5. Sate Kere Yu Rebi

Namanya yang unik seringkali membuat wisatawan berhasrat untuk singgah sembari memanjakan lidah. Olahannya yakni terdiri dari olahan daging sapi dipadukan dengan tempe gambus, serta dilengkapi saus kacang dan lontong. Bagi yang belum tahu, lokasinya ada di dekat Stadion Sriwedari Solo.

6. Dawet Telasih Bu Dermi

Puas mencoba kuliner legendaris di bidang makanan, kini saatnya berpindah haluan dengan menjajal Dawet Telasih Bu Dermi. Rasakan kemurnian santan dicampur gula merah cair yang menyegarkan di tenggorokan. Harganya juga sangat murah, yakni hanya Rp. 5000,00- satu porsinya.

7. Serabi Notosuman

Serabi Notosuman merupakan salah satu kuliner Solo legendaris yang nikmat disantap saat hujan turun. Sensasi hangat disertai lumernya saus coklat dan taburan keju membuat lidah serasa bergoyang. Para wisatawan bisa menyantap Serabi Notosuman dengan ditemani secangkir teh hangat.

8. Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno

Gudeg ternyata tidak hanya bisa ditemukan di Jogja saja, melainkan Solo juga ada. Makanan ini terkenal legendaris karena sudah dipasarkan sejak tahun 1970 silam. Harganya juga sangat murah, yakni Rp. 18.000,00 per porsi. Namun sayangnya, makanan ini hanya buka pada pukul 01.00 dini hari sampai 07.00.

9. Soto Ayam Daging

Jika tengah berada di Jalan Brigjen Sudiarto No. 75, Solo ada baiknya melepas lelah sejenak dengan memanjakan lidah di warung Soto Ayam Daging. Kuliner legendaris Solo ini cukup unik karena sekalipun diolah menggunakan aneka rempah, namun tetap bisa disajikan dalam keadaan bening.

10. Nasi Liwet Wongso Lemu

Kelegendarisan Kuliner Solo yang bernama Nasi Liwet Wongso Lemu ini dibuktikan dengan usia penjualnya yang sudah berumur sekitar setengah abad. Bahannya berupa sayuran rempah labu pedas manis yang sukses membuat rindu semua yang telah memakannya.

Kesepuluh daftar kuliner Solo legendaris di atas, manakah yang menjadi minat untuk dikunjungi pertama kali? Pastikan tidak melewatkannya satu pun. Sangat disarankan agar mengunjungi tempat makan tersebut sesuai dengan kedekatan lokasi, ya? Selamat mencoba.