Kuliner Wajib Di Jogja Yang Bisa Dinikmati Saat Malam

  

Yogyakarta memiliki berbagai daya tarik tersendiri untuk para wisatawan baik lokal atau mancanegara untuk mengunjunginya. Karena memiliki banyak ragam budaya hingga berbagai tempat wisata. Siapapun yang berkunjung ke tempat ini pasti akan merindukan keunikan dan kekhasan Jogja. Selain terkenal dengan kota pelajarnya, terkenal juga dengan olahan kuliner wajib di Jogja dengan cita rasa khasnya seperti salah satunya Gudeg yang namanya sudah sangat tersohor diseantero nusantara.

Selain makanan yang lezat, beragam makanan juga dapat diperoleh dengan harga sangat murah meriah. Tentunya bersahabat di kantong. Tanpa banyak basa-basi lagi, berikut ini 7 kuliner wajib di Jogja yang bisa dinikmati saat malam tiba.

1. Sate Klathak

Sate ini sangat terkenal di Kabupaten Bantul. Kuliner ini berasal dari olahan daging kambing memiliki bentuk penyajian yang unik. Bukan dengan ditusuk bambu melainkan sate akan ditusuk dengan jeruji besi.

Salah satu warung sate klatak paling legendaris adalah warung milik Pak Bari yang dulu sempat digunakan sebagai part lokasi yang ada di film AADC 2. Selain itu ukuran sate disini besar, jadi kapan mencoba sate Klathak ini?

2. Gudeg Bu Mardjo

Mampir ke Jogja tanpa makan gudeg memang serasa ada yang kurang. Salah satu rekomendasi untuk gudeg yang pedas ada di warung ini. Walaupun hanya lesehan kaki lima tapi rasanya sangat nendang dan pastinya bikin nagih.

Harganya mulai dari 15 ribu hingga 25 ribu saja pengunjung bisa merasakan rasa gudeg yang tidak ada duanya ini. Warung ini sudah mulai buka sejak pukul setengah 10 malam.

3. Wedang ronde

Khas kuliner jogja yang tidak diragukan lagi adalah wedang ronde. Minuman ini terdiri dari potongan roti tawar, kacang tanah, candil dan kuah jahe yang hangat. Tentunya membuat banyak orang menyerbu warung Wedang Ronde Lek Dhie ini.

Selain rasa yang enak, penjualnya juga ramah. Ia juga suka memutar beberapa lagu dangdut untuk menemani pengunjungnya menikmati semangkuk ronde. Jika berminat bisa langsung ke tempat ini sejak pukul 5 sore.

4. Gudeg Lesehan

Salah satu kuliner yang ada di Malioboro ini sangat direkomendasikan saat lapar di malam hari. Warung ini buka mulai jam 22.30 hingga pukul 03.00. Selain rasa masakan yang juara harganya juga tidak sampai menguras kantong. Salah satu menu andalannya adalah nasi gudeg ceker.

Pasalnya ditempat lesehan milik Bu Sastro, rasa gudegnya tidak terlalu manis dan cekernya yang gurih membuat seporsi nasi gudeg semakin lezat. Cukup dengan membawa uang mulai dari 15 ribu saja sudah bisa menikmati gudeg ini.

5. Serabi Bandung

Serabi salah satu makanan khas Bandung, Namun tidak usah jauh-jauh, warga Jogja bisa menikmati enaknya serabi ini di warung Serabi Bandung milik Kang Sena Gejayan. Rasa yang gurih dan hangat memang nikmat untuk disantap kala malam hari.

Beraneka toping seperti nangka, keju, taro, green tea dan masih banyak lagi telah disiapkan untuk pengunjung. Warung ini buka mulai dari pukul 6 sore hingga 11 malam dan tentunya harganya sangat ramah di kantong yaitu sekitar 6 – 8 ribu rupiah saja.

6. Sate Taichan Senayan Jogja

Kuliner yang lagi hits akhir-akhir ini ada sate taichan. Berbeda dengan sate pada umumnya. Sate ini memiliki cita rasa yang cenderung gurih dengan perpaduan asin karena dibakar tanpa bumbu kecap namun bumbu garam dan jeruk nipis.

Penyajian sate ini akan ditemani nasi putih, jeruk nipis dan tidak ketinggalan sambal yang khas sehingga tempat ini lumayan terkenal. Buka mulai dari pukul 17.00 hingga 24.00 sangat membuat tempat ini sepi pengunjung.

Malam-malam saat perut mendadak lapar di Jogja, tidak ada salahnya untuk mencari makan sembari menikmati kuliner wajib di Jogja ini. Semoga dengan beberapa rekomendasi kuliner malam di Jogja tersebut dapat membantu saat berlibur ke kota Gudeg ini.