6 Makanan Buka Puasa untuk Anak yang Sehat dan Bergizi

  
Makanan Buka Puasa untuk Anak

Senang rasanya jika si kecil sudah mulai belajar untuk berpuasa. Kita sebagai orang tua wajib memperhatikan asupan makanan buka puasa untuk anak. Hal tersebut dilakukan agar anak tetap terjaga staminanya dan ibadah puasa dapat berjalan dengan lancar. Jika masih kebingungan menu apa saja yang perlu dipersiapkan agar anak tetap bersemangat, jangan khawatir kali ini kita akan membahasnya, yuk intip saja.

Anak yang sedang belajar berpuasa pada bulan ramadhan hendaknya asupan makanan harus diperhatikan dengan baik. Karena membutuhkan perhatian khusus dan ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar anak tidak kekurangan nutrisi. Diantaranya adalah kebutuhan kalori, karbohidrat dan juga jangan lupa kontrol anak, jika tidak kuat untuk menyelesaikan puasa sempurna tidak apa-apa. Karena anak masih dalam tahap belajar. Langsung saja ini beberapa makanan puasa yang bisa dijadikan referensi

1. Buah Kurma

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini. Kurma bukanlah makanan yang asing untuk dikonsumsi pada saat berbuka puasa. Bahkan buah ini memang dianjurkan oleh Nabi untuk dikonsumsi pada saat berbuka. Selain itu kandungan yang ada dalam buah kurma sangat baik untuk kesehatan. Rasanya yang manis tentunya cocok untuk dijadikan berbagai takjil tentunya anak pasti akan suka.

2. Salad

Salad buah atau salad sayur sangat cocok sebagai makanan buka puasa untuk anak. Baik itu salad sayur ataupun salad buah. Seperti yang kita ketahui sayur dan buah kaya akan vitamin dan serat jadi cocok sekali untuk kebutuhan anak. Pilihlah buah yang disukai oleh anak dan bisa juga dicampur dengan sayur sesuai dengan selera anak. Jika perlu ajak si kecil untuk membuat salad langsung agar tambah bersemangat dan menyenangkan.

3. Puding Buah

Menu makanan buka puasa untuk anak yang selanjutnya adalah puding buah. Perpaduan puding dan buah adalah dua hidangan yang kaya akan vitamin dan serat. Oleh karenanya puding buah sangat cocok untuk menjadi menu andalan untuk anak pada saat berbuka puasa.

4. Buah Potong

Buah potong yang segar bisa menjadi hidangan berbuka puasa untuk anak. Buah-buahan sangat baik dengan segala kandungan didalamnya. Pilihlah buah kesukaan anak dan usahakan untuk memilih buah dengan tekstur yang lembut dan tidak masam. Potong buah dengan bagian kecil-kecil agar anak lebih mudah untuk memakannya.

5. Sup

Sup adalah salah satu makanan buka puasa untuk anak yang menyehatkan dan bernutrisi. Jenis sup juga berbagai macam bisa dikreasikan sendiri sesuai dengan apa yang disukai anak. Sup mengandung banyak manfaat yang salah satunya adalah dapat mengembalikan energi setelah seharian berpuasa.

6. Air kelapa

Air kelapa mengandung cairan elektrolit yang cocok sebagai pengganti cairan dalam tubuh anak setelah seharian berpuasa. Dengan minum air kelapa anak tidak akan merasakan lemas pada badannya. Usahakan anak minum air kelapa murni tanpa dengan campuran apapun.

7. Yoghurt

makanan buka puasa untuk anak yang selanjutnya adalah salah satu olahan dari susu yaitu yoghurt. Olahan ini kaya akan sumber energi diantaranya protein, mineral dan vitamin. Selain itu yoghurt juga bermanfaat untuk memperbaiki pada sistem pencernaan. Sehingga anak akan tetap nyaman dan sehat dalam menjalankan ibadah puasa. Agar lebih segar dan menarik kita bisa menambahkan buah-buahan.

Pastikan anak terpenuhi kebutuhannya agar ibadah puasa yang dijalankan bisa lancar dan anak tetap merasa senang. Itulah makanan buka puasa untuk anak yang sehat dan cocok untuk diterapkan dirumah,