Ide Menu Bekal Makanan Sehat untuk Anak di Sekolah

  

Makanan sehat untuk anak adalah hal yang tidak boleh diabaikan. Apalagi jika anak masuk dalam usia sekolah karena makanan yang dikonsumsi akan mempengaruhi proses tumbuh dan perkembangan anak. Memberi bekal anak di sekolah itu lebih baik, jika dibandingkan dengan memberinya uang saku lalu membiarkannya untuk membeli makanan di kantin.

Mengenal Makanan yang Sehat

Masih ingat dengan pernyataan “4 sehat 5 sempurna”? Makanan sehat itu yang didalamnya mengandung karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin yang merupakan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Dengan makan makanan bergizi, maka proses tumbuh kembang anak menjadi lebih baik, jika dibandingkan dengan anak yang tidak makan makanan yang bergizi. Oleh karena itu, memberikan makanan yang bergizi sudah menjadi tugas dan kewajiban orangtua kepada anaknya.

Bekal Menu Makanan Sehat untuk Anak saat di Sekolah

Bekal menu makanan sehat yang dapat digunakan sebagai bekal anak saat bersekolah harus mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral yang menjadi sumber zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Apa saja ya menu bekal makanan untuk anak di sekolah yang bisa dicoba? Berikut informasinya:

1. Nasi

Jika mencari sumber makanan yang mengandung karbohidrat, maka jawaban pertama adalah Nasi. Dikenal dengan kaya akan karbohidrat, nasi menjelma sebagai sumber energi bagi tubuh. Anak-anak yang suka sekali beraktivitas fisik, maka asupan karbohidratnya harus tercukupi. Untuk mencukupi asupan karbohidrat anak, jangan lupa untuk memasukkan nasi sebagai menu dalam bekal makanan.

2. Tahu dan Tempe

Jangan sampai lupa untuk memasukkan lauk pauk yang satu ini kedalam menu bekal makanan untuk anak. Tahu dan tempe sangat mudah sekali dijumpai di pasar dan harganya sangat murah sekali. Walaupun murah, tahu dan tempe merupakan sumber makanan yang mengandung kaya akan protein.

Protein menjadi sumber gizi yang diperlukan oleh tubuh karena manfaatnya yang sangat banyak sekali bagi tubuh. Beberapa manfaat protein dalam tubuh, yaitu berguna dalam proses pembentukan tulang maupun otot dan berguna dalam antibodi yang digunakan sebagai sistem kekebalan tubuh.

3. Sup Wortel dan Kentang

Menu ketiga yang harus ada dalam bekal anak adalah sayur-sayuran. Ada banyak sekali sayuran yang bisa dicoba salah satunya ada wortel dan kentang, yang banyak sekali manfaatnya bagi tubuh. Kentang sendiri berguna dalam melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang dapat merusak sel. Sebab, di dalam kentang terdapat senyawa-senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.

Tak kalah dengan kentang, segudang vitamin yang ada di wortel juga dikenal ampuh dalam menjaga kesehatan mata. Sebagai anak sekolah, kesehatan mata adalah hal penting yang harus dijaga. Wortel dan kentang bisa dijadikan sebagai sup sayur sebagai teman bagi lauk pauk dan nasi.

4. Buah Pisang

Buah-buahan adalah salah satu sumber mineral yang baik bagi tubuh. Salah satunya adalah buah pisang yang mengandung gizi seperti senyawa fosfor dan magnesium. Senyawa dalam buah pisang ini dikenal memiliki kandungan mineral yang baik bagi tubuh.

Mineral diperlukan oleh tubuh karena mineral membantu proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh. Dimana pada proses metabolisme juga dihasilkan sebuah energi yang berguna sebagai sumber energi bagi tubuh.

5. Susu

Menu terakhir yang tidak boleh dilupakan adalah susu. Susu merupakan sumber protein hewani yang mengandung banyak sekali zat gizi, salah satu zat gizi yang terkandung dalam susu adalah kalsium yang berfungsi dalam pembentukan tulang maupun perbaikan tulang yang keropos.

Memberi bekal makanan sehat untuk anak merupakan hal tepat yang harus dilakukan oleh orangtua. Dengan memberi anak bekal, maka makanan yang dikonsumsi oleh anak dapat dijaga dan dikontrol langsung oleh orangtua.

Nah, itulah bekal menu makanan sehat untuk anak di sekolah yang bisa dibaca pada konten ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.