Manfaat Sholat Hajat yang Perlu Diketahui Oleh Umat Islam

  
Manfaat Sholat Hajat

Manfaat sholat hajat sangat banyak. Maka dari itu seluruh umat islam baik muslim dan muslimat dianjurkan untuk menjalankan ibadah ini. Terutama bagi mereka yang menghajatkan keinginan tertentu.

Untuk artikel islami berikut ini akan dijelaskan tentang manfaat-manfaat sholat hajat. Harapannya semoga bisa meningkatkan semangat umat islam untuk melaksanakannya secara rutin. Ini dia manfaat yang dimaksud:

1. Doa Lebih Cepat Terkabul

Manfaat yang pertama adalah doa akan lebih cepat terkabul. Terutama bagi umat islam yang berdoa dengan isi pengharapan lebih khusus. Seperti keinginan untuk menyembuhkan penyakit tertentu maupun untuk mendapatkan keturunan.

Bahkan di zaman nabi ada orang buta yang meminta didoakan kesembuhan  matanya. Nabi pun memerintahkan sahabat ini untuk menjalankan sholat hajat meminta pertolongan kepada Allah.

2. Doa Pelepas dari Marabahaya

Jika sedang berada dalam bahaya dan jiwa tidak tenang karenanya, maka umat islam disunahkan untuk menjalankan sholat hajat. Karena ternyata ini bisa menjadi penyebab turunnya pertolongan langsung dari Allah.

Agar doa lebih afdol silakan dirikan sholat hajat sebanyak 12 rakaat. Karena ada riwayat yang menjelaskan hal tersebut terutama untuk umat islam yang sedang berada dalam kesulitan dan kesempitan.

3. Menimbulkan Ketenangan di Hati

Manfaat yang berikutnya ialah bisa menimbulkan ketenangan di dalam hati. Sebab segala keinginan sudah diminta kepada Allah zat yang maha pemurah, maha kaya lagi maha mengabulkan doa.

Siapa lagi yang bisa diharapkan selain hanya kepadaNya. Maka dari itu jika ada keinginan yang membuat pikiran mumet segera dirikan sholat sunat hajat. Mintalah segala kepentingannya kepada Allah niscaya pasti dikabulkan.

4. Menimbulkan Penghambaan yang Ikhlas

Manfaat sholat hajat yang ke empat adalah menimbulkan penghambaan yang ikhlas. Dengannya diri ini merasa menjadi hamba yang tiada daya selain adanya kekuatan yang dari Allah.

Penghambaan inilah yang sejatinya bisa membentuk perilaku umat islam yang sesuai dengan Al Quran dan Hadist nabi. Oleh sebab itu tidak salah jika merasa ingin berperilaku baik rajinlah sholat termasuk sholat hajat.

5. Akan Menjadi Manusia yang Dicintai Allah

Amalan yang sangat dicintai Allah selain melakukan sholat fardhu adalah menjaga sholat sunnah termasuk sholat hajat. Sebab ini menjadi bukti kalau manusia hanya menjadikan dzat yang maha pencipta sebagai satu-satunya tuhan yang layak disembah.

Efeknya ialah Allah akan semakin cinta kepadanya. Bahkan jika sudah mendapatkan mahabbah lillah maka segala kebutuhan manusia akan dipenuhi termasuk segala hajat dan doanya akan dikabulkan.

Sebab alasan itulah lakukan sholat hajat semampunya. Yang terpenting tetap istikamah dengan perasaan tawaddu’, tuma’ninah dan khusyu’. Inilah esensi dari nilai sholat yang sesungguhnya.

6. Mendapatkan Pengampunan Dosa

Orang yang melakukan sholat baik wajib maupun sunah pasti mendapatkan pengampunan dari Allah atas dosa-dosa yang telah dilakukan. Tanpa terkecuali sholat sunah hajat.

Alasannya karena di dalam sholat hajat juga terdapat bacaan istigfar yang bermakna memohon ampun atas segala dosa. Sebuah dzikir bermuatan tobat atas segala salah dan khilaf.

Oleh karena itu jika rajin sholat hajat bukan hanya keinginan yang terkabulkan, dosa juga bakal terkikis habis. Syaratnya ialah lakukan tobat nasuha dengan cara meninggalkan segala dosa secara serius dan tawakal.

7. Mendapatkan Keinginan yang Berupa Kebaikan

Tidak jarang orang mendapatkan keinginan atau yang hal dicita-citakannya dengan cepat. Tentu ada kesenangan dan rasa puas padahal sejatinya itu hanya istidraj karena bakal ada hal buruk yang terjadi setelahnya.

Namun keinginan yang tercapai yang dibarengi dengan sholat hajat bukan istidraj yang muncul melainkan memang anugerah yang besar dari Allah. Oleh sebab itu mintalah segala keinginan hanya kepada Nya bukan kepada selainNya.

Demikian beberapa manfaat sholat hajat yang perlu diketahui oleh umat islam. Semoga bisa menjadi dasar pengetahuan sehingga umat lebih tertarik untuk menjaganya dengan istiqomah.