5 Manfaat Siwak Untuk Kesehatan Yang Sangat Mengejutkan

  
Manfaat siwak untuk kesehatan

Siwak merupakan kebiasaan yang dilakukan Rasulullah setiap hari. Selain bernilai sunnah, banyak juga manfaat siwak untuk kesehatan yang belum banyak diketahui muslimin. Begitu banyak manfaatnya siwak ini sampai sampai Rasulullah pernah hampir mewajibkan kebiasaan bersiwak jika tidak memberatkan umatnya, seperti dikutip dalam beberapa riwayat Bukhari Muslim.

Menurut beberapa pendapat ulama, keutamaan bersiwak sebelum shalat sebanyak 70 kali lipat shalat tanpa bersiwak. Selain sebelum shalat, bersiwak juga dianjurkan untuk ibadah lainnya seperti ketika akan membaca Al Qur’an. Siwak sendiri berasal dari pohon siwak (Salvadora persica) atau pohon kayu sugi. Mari simak beberapa penjelasan manfaat siwak untuk kesehatan dibawah ini:

1. Menjaga Kesehatan Gigi

Sudah menjadi rahasia umum jika di dalam kayu siwak mengandung senyawa yang sangat penting untuk gigi. Sebut saja flourida yang terbukti dapat menjaga kekokohan gigi dan kebersihan rongga mulut.

Selain itu, adanya kandungan fluoride pada kayu siwak juga dapat membantu memutihkan dan memperkilau gigi. Sehingga banyak yang merekomendasikan kayu siwak ini sebagai alat untuk membersihkan gigi dan rongga mulut secara alami seperti yang dianjurkan oleh beberapa badan kesehatan dunia.

2.Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Tak banyak yang tahu jika manfaat siwak untuk kesehatan yakni sebagai pencegah batu ginjal. Penyakit mematikan satu ini terbukti dapat ditaklukkan oleh sebatang kayu siwak jika rutin mengaplikasikannya ke mulut dan gigi.

Hal itu sebagaimana fungsinya, kayu siwak merupakan tumbuhan yang berasal dari jenis salvadora yang memiliki sifat anti urolithiatic. Yakni penggumpalan batu urin di dalam ginjal (batu ginjal), sehingga banyak dipercaya dengan bersiwak secara rutin akan mencegah penyakit batu ginjal ini.

3. Menjernihkan Suara

Bersiwak atau menggosok gigi selain dapat menjaga kekokohan dan kebersihan rongga mulut dan gigi juga mempunyai manfaat lain. Manfaat bersiwak untuk kesehatan kali ini adalah dipercaya dapat menjernihkan suara seseorang.

Senyawa yang terkandung dalam siwak juga berperan sebagai pembunuh bakteri yang dapat mengakibatkan radang gusi, mencegah risiko turunnya produksi air liur. Hubungannya dengan kejernihan suara yakni dapat menyeimbangankan kondisi asam basa dalam mulut. Selain itu, bermanfaat sebagai pengatur lendir dan liur yang dapat menentukan keindahan suara seseorang. Semakin stabil liur yang diproduksi semakin indah pula suara yang tercipta.

4. Membantu Melancarkan Metabolisme Tubuh

Adapun manfaat lainnya yakni melancarkan pencernaan dan metabolisme tubuh manusia. Hal ini sebagaimana beberapa penelitian yang menjelaskan bahwa akar siwak dapat mengobati sakit perut, nyeri bahkan dapat diolah menjadi salep.

Hal ini karena kandungan zat aktif didalamnya seperti asam palmitat, laurat dan miristat. Selain itu sifat anti bakterinya dapat menjaga tubuh dari serangan virus dan bakteri, mengingat mulut adalah gerbang utama tubuh. Tak lupa dalam kulit kayu siwak mengandung lateks yang sangat berguna dalam penyembuhan luka.

5.Memperkuat Daya Ingat

Sunnah dalam bersiwak sangat besar manfaatnya bagi masyarakat muslim. Lalu apa hubungannya bersiwak dengan peningkatan daya ingat seseorang. Keutamaan beribadah yang sebelumnya diawali dengan bersiwak adalah 70 kali lipat menurut beberapa ulama.

Hal ini karena dengan bersiwak selain menjaga kesehatan tubuh juga dapat memunculkan keridhaan Allah terhadap hamba-Nya. Seseorang yang gemar membersihkan mulutnya (bersiwak) sebelum membaca al Qur’an dipercaya dapat meningkatkan daya ingatnya dengan izin Allah.

Nah, begitulah beberapa ulasan terhadap manfaat siwak untuk kesehatan. Selain bernilai amalan sunnah, bersiwak juga membantu menjaga kesehatan tubuh dari serangan virus dan bakteri. Yang perlu diperhatikan dalam bersiwak adalah pemilihan kayu siwak yang halus dan berserat serta memperhatikan tata cara pemakaiannya. Gerbang utama tubuh manusia adalah mulut sehingga harus diperhatikan dengan serius.