Manfaat Berpuasa Yang Baik Bagi Kesehatan

  

Puasa merupakan salah satu ibadah yang dilaksanakan oleh umat Islam. Ibadah yang dilakukan sedari terbit fajar hingga petang dengan menahan lapar dan haus. Selain puasa Ramadhan yang wajib untuk dilaksanakan, ada banyak jenis puasa sunnah yang juga dilakukan umat Islam. Terlepas dari sisi ibadah atau kewajiban untuk melaksanakannya, puasa memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan baik secara fisik maupun mental bagi yang melaksanakannya. Penasaran? Simak manfaat berpuasa untuk kesehatan berikut ini.

1. Menurunkan Berat Badan

Selain mendapat pahala ibadah, manfaat berpuasa adalah dapat menurunkan berat badan secara efektif. Puasa dapat mengurangi risiko pengendapan lemak jahat di dalam tubuh sebab sel-sel lemak tersebut akan diubah menjadi sumber energi. Proses ini dapat menurunkan berat badan.

2. Melancarkan Proses Metabolisme

Manfaat berpuasa selanjutnya adalah melancarkan proses metabolisme tubuh. Asupan makanan yang tidak berlebih memungkinkan sistem pencernaan untuk beristirahat. Organ tubuh tidak harus bekerja keras untuk mengolah asupan makanan yang masuk pada siang hari. Sehingga memungkinkan fungsi sistem pencernaan dan metabolisme bekerja lebih optimal.

3. Membuang Zat Beracun pada Tubuh

Saat puasa tubuh akan mengalami proses detoksifikasi secara efisien. Pada saat proses ini tubuh akan melakukan pembakaran terhadap lemak berlebih menjadi energi. zat-zat racun sisa metabolisme yang tidak diperlukan tubuh seperti trigliserida, garam, gula dan kolesterol akan dibuang atau dibersihkan. Sehingga tubuh terhindar dari darah tinggi dan kencing manis.

4. Menghambat Penuaan Dini

Awet muda dapat didapatkan dari melakukan puasa. Sebab dengan hal ini dapat meningkatkan proses regenerasi. Pembentukan sel baru dalam tubuh berlangsung dengan baik sehingga memperlambat proses penuaan dini.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Meningkatnya produksi protein brain derived neurotropic factor menjadi salah satu manfaat berpuasa. Protein ini berfungsi untuk meningkatkan produksi sel induk otak menjadi lebih banyak neuron baru serta merangsang senyawa yang berguna untuk memperbaiki kesehatan saraf. Brain derived neurotropic factor juga berguna untuk kesehatan sel otak agar terlindung dari risiko penyakit Parkinson dan Alzheimer.

6. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Puasa juga memiliki manfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sebab selain menangkal radikal bebas, puasa juga dapat meningkatkan hingga 10 kali lipat fungsi dari sel getah bening. Hal tersebut akan menguatkan ketahanan tubuh  atau imunitas terhadap penyakit.

7. Menyehatkan Jantung

Manfaat berpuasa juga dapat meningkatkan kerja otot jantung.  Saat berpuasa seorang dituntut untuk sabar. Sabar dapat menurunkan kadar kathekolamin dalam tubuh. ketika kadar zat ini tinggi akan memicu peningkatan denyut jantung dan tekanan darah. Sehingga terjadi penyempitan aliran pembuluh darah dan risiko penyumbatan.

8. Meningkatkan Kesehatan Mental

Selain manfaat secara fisik, manfaat berpuasa juga dirasakan pada kesehatan mental. Saat berpuasa tubuh tubuh akan memproduksi hormon endorphin yang berfungsi untuk memperbaiki suasana hati, mencegah depresi dan kecemasan berlebih.

9. Meningkatkan Komunikasi Psikososial

Puasa dapat meningkatkan komunikasi psikososial kepada Allah dan sesama manusia. Oleh karena itu puasa dapat menjadi sarana efektif  untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas keimanan. Membersihkan hati dari sifat iri, dengki dan amarah serta mengendalikan diri hawa nafsu agar mampu meminimalisir untuk melakukan maksiat. Selain itu manfaat berpuasa ialah meningkatkan kesadaran seorang untuk berempati terhadap orang lain sehingga terdorong untuk memperbanyak sedekah.

Itulah beberapa manfaat puasa. Dari uraian diatas menunjukkan bahwa puasa memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Tidak hanya secara fisik namun juga secara mental.