Masakan Khas Jawa Timur Yang Bikin Nagih

  

Memang benar adanya istilah bahwa Jawa Timur memiliki sebuah kuliner dengan rasa tiada duanya. Provinsi yang menjadi surganya wisata kuliner ini menjadikan seseorang yang mengunjungi salah satu dari kota yang ada di Jawa Timur wajib mencoba makanan khas yang ada. Masakan khas Jawa Timur berikut ini wajib dicoba dan dinikmati ketika berkunjung, antara lain:

1. Soto Lamongan Yang Fenomenal

Tidak hanya di Jawa Timur saja yang terkenal akan soto Lamongan. Karena saking fenomenal dengan rasa yang menggugah selera, banyak didaerah lain yang juga menyediakan kuliner soto Lamongan ini. namun tentu ketika berada di Jawa Timur, rasa khas yang ada akan berbeda karena memiliki resep yang berbeda. Masakan khas Jawa Timur yang satu ini memiliki bubuk gurih yang membedakan dengan soto lainnya. tambahan koya dan juga kerupuk udang menjadi penambah nikmat soto ini.

2. Rawon Yang Melegenda

Masakan kuliner khas dari Jawa Timur yang wajib untuk dicoba yaitu rawon. Adanya kluwek yang menjadi ciri khas dari rawon yang berwarna kehitaman ini menjadi salah satu penambah kenikmatan rasa yang ada. bagi yang menyantap dengan nasi dan juga kerupuk serta bawang goreng, kenikmatan akan semakin terasa. Terlebih isi dari rawon yang terbilang sangat komplit, tak heran masakan ini sangat melegenda. Isi dari rawon tersebut bisa berupa telur, sayuran, tauge, dan daging sapi.

3. Tahu Tek Yang Nagih

Cita rasa yang menjadikan orang ketagihan dengan masakan yang berasal dari tahu ini bernama tahu tek. Tahun yang digoreng setengah matang bahkan terbilang tidak matang ini dipadukan dengan kentang goreng, tauge serta potongan lontong ini mungkin yang menjadi nagih. Siraman bumbu kacang seperti halnya ketoprak memang menambah sensasi dari rasa yang ada.

4. Nasi Tumpang Atau Sego Tumpang

Masakan khas Jawa Timur yang wajib untuk dicoba lainnya yaitu sego tumpang. Makanan yang berasal dari Kediri ini memang sangat menarik dan wajib untuk dicoba. Menu yang terdapat adanya sambal tumpang serta tempe basi atau tempe bosok menjadi kesukaan masyarakat Jawa Timur. Tempe yang telah bosok (busuk) ini memiliki rasa tersendiri ketika dicampur dengan ayam. Tambahan kerupuk rambak dalam penyantapan akan menambah rasa dari nasi tumpang ini.

5. Bakso Malang

Kuliner yang ada di Jawa Timur memang sudah banyak yang meniru di daerah lain. Rasanya yang menggoda menjadikan alasan mengapa daerah lain yang juga meniru kuliner tersebut. Bakso malang ini sangat banyak peminatnya serta selalu menjadi pencarian orang yang ingin merasakan kuliner di daerah ini. Hal yang paling mencolok dari masakan khas Jawa Timur ini yaitu adanya kuah yang terbilang bening ditambah adanya pangsit.

6. Lontong Balap

Seperti namanya yang sangat unik, makanan tradisional yang satu ini sampai sekarang masih menjadi makanan yang populer di kalangan pecinta kuliner Jawa Timur. Perbedaan dengan makanan yang lainnya yaitu cara penyajian dari lontong balap ini. lontong ini diberi dengan beberapa campuran taoge, lethok, tahu goreng, dan juga bawang serta kecap. Cara menjual yang masih tradisional menjadi ciri khas dari masakan ini.

Berbagai macam masakan khas Jawa Timur tersebut sangat wajib untuk dicoba agar tidak kecewa saat berkunjung ke Jawa Timur. Rasanya yang berbeda serta resep yang masih terjaga memang menjadi hal yang patut diacungi jempol. Tentunya dari beberapa masakan tersebut jangan sampai terlewat agar tidak merugi.