Masakan Khas Jawa Tengah Yang Wajib Dicoba

  

Ketika kita mengunjungi suatu daerah tentu tidak hanya ingin menikmati panorama saja, namun adanya kuliner juga patut untuk dicoba. Hal ini menjadikan alasan mengapa banyak orang yang berburu kuliner serta makanan khas daerah tersebut. Sama halnya ketika berkunjung ke jawa tengah, adanya makanan khas menjadi kewajiban tersendiri ketika mengunjungi. Berikut beberapa masakan khas jawa tengah yang bisa dicoba, antara lain:

1. Lumpia Semarang Yang Populer

Semarang menjadi salah satu kota besar yang berada di jawa tengah. Semarang ini memiliki makanan khas berupa lumpia yang rasanya sangat luar biasa. Masakan yang menjadi cemilan dengan bahan dasar  terigu ini dijadikan sebagai kulit yang nantinya akan diberi sebuah isi yang enak. Isi lumpia tersebut bisa berupa sayuran bahkan lauk seperti udang, telur dan juga ayam. Ketika menikmati lumpia ini sewaktu hangat akan sangat enak.

2. Nasi Liwet Yang Sangat Tradisional

Adanya sebuah istilah tradisional bukan menjadikan alasan untuk rasa sebuah makanan yang kuno. Menu nasi liwet ini sangat tidak boleh di lewatkan ketika berkunjung ke jawa tengah. Cara memasak yang unik dengan adanya tambahan santan dan juga daun pandan akan menjadikan rasa dari nasi ini sangat gurih. Terlebih ketika dihidangkan dengan menggunakan daun pisang yang terdapat lauk lengkap, tentunya masakan khas jawa tengah yang satu ini sangat luar biasa.

3. Soto Kudus

Lain halnya dengan daerah jawa timur yang memiliki ikon soto Lamongan, di jawa tengah juga memiliki masakan khas yang tidak kalah enaknya. Salah satunya yaitu soto kudus. Menikmati soto -kudus di pagi hari akan menambah gairah untuk menjalankan aktivitas kesehariannya. Lagi-lagi cara penyajian dari masakan ini yang menjadi ciri khasnya.

4. Mangut Beong

Keunikan dan juga kelezatan dari masakan khas jawa tengah yang satu ini menjadikan alasan banyak orang yang mencarinya. Meskipun begitu, masakan ini hanya akan ditemui di daerah Magelang saja. makanan  yang terlihat layaknya ikan lele ini faktanya bukanlah sejenis ikan tersebut, rasanya yang sangat menggugah selera menjadikan banyak orang ketagihan dengan masakan yang satu ini.

5. Mie Ongklok Yang Lumer

Bagi pecinta kuliner yang pernah mengunjungi Wonosobo, akan banyak ditemukan tulisan kuliner mie ongklok di sepanjang jalan tersebut. Campuran kol dan juga daun kucai menjadikan rasa dari mie ongklok ini berbeda. Adanya sensasi lumer yang terdapat did alam mie ini dikarenakan campuran kuah yang berasal dari tepung kanji. Tambahan sate sapi, tempe kemul dan juga kerupuk tahu menjadi penambah nikmat kuliner satu ini.

6. Garang Asem

Ketika berkunjung ke jawa tengah ,tidak lengkap rasanya ketika tidak mengunjungi kuliner yang  satu ini. banyak sekali daerah di jawa tengah yang menyajikan makanan garang asem ini. Masakan yang berbahan dasar daging ayam ini diolah dengan santan, asam dan juga cabai. Rasanya yang sangat unik dan juga lezat ditambah penyajian menggunakan daun pisang menjadikan masakan ini terbilang tradisional.

7. Nasi Gandul Yang Enak

Nasi yang disajikan dengan daun pisang ini serta rasanya yang gurih menjadikan banyak orang yang mencari nasi gandul ketika berkunjung ke jawa tengah. Seperti halnya nasi liwet yang ditambahkan daun pandan saat memasak menjadikan nasi lebih wangi dan enak. Kuah yang segar dan juga adanya daging sapi menjadi pelengkap dari nasi ini.

Berbagai masakan khas jawa tengah ini tentunya sangat wajib dicoba karena rasanya yang berbeda. Resep yang turun temurun menjadikan cita rasa dari masing-masing makanan khas tetap terjaga.