Masakan Khas Makassar Yang Lezat Dan Wajib Dicoba

  

Ibukota dari Provinsi Sulawesi Selatan ini memiliki ragam masakan yang khas dan unik. Berkunjung ke Makassar tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi masakan khas Makassar yang menggugah selera. Di Makassar terdapat banyak ragam masakan khas yang wajib banget untuk dicoba. Kalau belum tahu apa saja masakan khas di kota pelaut ini, berikut beberapa masakan khasnya. Yuk simak!

1. Coto Makassar

Masakan khas Makassar yang sangat populer sepanjang masa adalah coto Makassar. Belum berkunjung ke Makassar kalau belum mencoba coto Makassar yang sudah berhasil dikenal sampai mancanegara ini. Masakan yang kaya akan bumbu-bumbu rempah pilihan menghasilkan rasa yang sangat lezat. Lengkap dengan daging sapi beserta jeroannya semakin membuat coto Makassar terasa lezat dan tentunya mengenyangkan. Biasanya coto ini dilengkapi dengan Buras, makanan yang mirip seperti lontong hanya saja lebih pipih.

2. Konro

Salah satu masakan tradisional dari Kota Makassar adalah konro. Masakan ini bahan dasarnya daging atau iga sapi. Sebelum dimasak daging direbus lebih dulu bersamaan dengan kayu manis dan juga air dari asam Jawa serta bahan rempah yang lainnya. Konro hampir sama dengan sup, hanya saja kuahnya lebih hitam agak pekat karena ada tambahan kluweknya. Bagi pecinta daging sapi khususnya bagian iga, wajib banget cobain konro. Rasanya yang khas dan lezat tentu akan semakin menggoyang lidah.

3. Pallu Basa

Masakan yang juga populer di kota Makassar adalah pallu basa. Berbahan dasar daging sapi beserta jeroannya hampir serupa dengan cotto Makassar. Hanya saja pallu basa terkadang ditambah dengan kuning telur agar semakin lezat. Pallu basa adalah masakan khas Makassar yang berkuah segar dan disukai oleh banyak orang. Menu masakan ini sangat cocok disantap dengan nasi panas yang masih mengepul.

4. Bebek Palekko

Berkunjung ke Makassar jangan lupa untuk mencicipi bebek palekko. Masakan khas Makassar satu ini adalah masakan khas dari suku Bugis yang berbahan dasar daging bebek. Sebelum dimasak daging bebeknya di cincang terlebih dahulu. Selain itu, bebek palekko juga memiliki cita rasa sangat pedas. Bagi para pecinta kuliner pedas, bebek palekko merupakan pilihan yang tepat untuk menemani makan siang.

5. Kapurung

Salah satu masakan tradisional khas Sulawesi Selatan di daerah Luwu adalah kapurung. Masakan ini berbahan dasar tepung sagu. Ada yang memasak kapurung menggunakan campuran ikan, ada juga yang menggunakan ayam ditemani dengan bermacam sayuran. Masyarakat Luwu lebih sering menyebut kapurung dengan sebutan Pagulu. Masakan ini cukup unik karena berbahan dasar sagu dan memiliki cita rasa yang manis asam. Jika sedang ke Makassar masakan ini wajib untuk dicoba!

6. Gagape

Masakan khas Makassar yang selanjutnya adalah gagape. Terbuat dari daging sapi atau daging ayam yang sudah dipotong dan kemudian direbus bersamaan dengan santan. Dan dilengkapi dengan parutan kelapa yang sudah di sangrai. Bumbu rempah yang digunakan untuk memasak gagape sangat kaya sehingga rasa yang diciptakan pun sangat kuat. Beragam bumbu rempah yang sudah dihaluskan kemudian ditumis sampai harum. Lalu masukan daging yang sudah direbus bersamaan dengan kelapa yang sudah disangrai.

Itulah masakan khas Makassar, Ibukota Sulawesi Selatan yang wajib dicoba. Tidak lengkap memang jika berkunjung ke suatu daerah tidak mencicipi masakannya. Setiap daerah memiliki makanan khas yang tentunya memiliki cita rasa yang berbeda. Begitu juga dengan masakan Makassar yang kaya akan rempah sehingga masakannya begitu lezat dan menggugah selera.