Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur, Ini 6 Cara yang Dapat Dilakukan

  
Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur

Mendengkur setiap tidur tentunya membuat kualitas tidur tidak baik dan istirahat menjadi kurang nyenyak. Selain itu, kondisi tersebut bisa mengganggu pasangan maupun teman ketika tidur bersama. Sehingga, ada baiknya untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur agar tidur semakin nyaman.

Mendengkur atau ngorok merupakan gangguan pernapasan yang terjadi ketika seseorang sedang tidur, dimana orang tersebut bernafas dengan suara yang berisik. Nah untuk mencegahnya, Berikut ini merupakan beberapa cara menghilangkan kebiasaan mendengkur yang perlu diketahui, diantaranya adalah:

1. Menurunkan Berat Badan

Berat badan yang berlebih meningkatkan seseorang untuk mendengkur ketika beristirahat. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan deposit jaringan lemak berada pada bagian leher, sehingga menghalangi jalur respirasi. Alhasil suara nafas jadi lebih berisik. Untuk menghilangkan kebiasaan ini, yaitu dengan menurunkan berat badan. Lakukanlah olahraga serta konsumsi makanan diet agar berat badan turun dan intensitas dengkuran berkurang.

2. Lakukan Olahraga Dasar

Olahraga memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya yaitu untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur. Lakukanlah olahraga dasar agar otot wajah aktif bergerak serta membantu menguatkan otot tenggorokan, rahang, serta otot lidah. Caranya yaitu dengan memajukan rahang bagian bawah dengan gigi terekspos ke depan hingga 10 detik. Melakukan gerakan tersebut secara rutin agar hasilnya dapat dibuktikan dengan benar.

3. Mengubah Posisi Tidur

Seseorang yang berbaring telentang, cenderung sering mendengkur atau ngorok. Hal tersebut terjadi karena lidah dapat bergerak ke belakang tenggorokan sehingga pernapasan lebih sulit dan menyebabkan getaran mendengkur. Untuk menghilangkan dengkuran, ubahlah posisi tidur agar getaran berkurang dan memungkinkan udara mengalir dengan lancar.

Selain itu, ada baiknya untuk meninggikan kepala 10 cm agar lidah serta rahang terdorong untuk bergerak maju dan meredakan pernapasan. Gunakanlah bantal yang dirancang khusus untuk mencegah dengkuran dan pastikan otot leher tidak menekuk.

4. Berhenti Merokok serta Jangan Mengkonsumsi Alkohol

Merokok dan mengkonsumsi alkohol memang tidak baik untuk kesehatan tubuh, termasuk dapat memperburuk dengkuran. Asap tembakau merupakan iritan yang menyebabkan radang pada jaringan tenggorokan. Hal tersebutlah yang membatasi aliran udara masuk ke dalam tubuh.

Selain itu meminum alkohol juga dapat merilekskan otot tenggorokan. Ketika otot tenggorokan rileks maka terjadilah dengkuran. Oleh sebab itu,.untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur, mulailah untuk berhenti merokok serta tidak mengkonsumsi alkohol.

5. Minum Air Putih serta Gunakan Produk Peppermint

Seseorang yang mengalami dehidrasi dapat melengketkan langit-langit lunak serta sekresi di hidung. Hal tersebut menyebabkan dengkuran ketika sedang tidur. Menurut Institute of Medicine rata-rata pria membutuhkan 16 gelas air putih per hari, sedangkan wanita rata-rata membutuhkan 11 gelas air putih dalam sehari. Jadi, untuk menghilangkan mendengkur minumlah air putih dengan cukup.

Selain itu, gunakan produk peppermint sebagai obat herbal, seperti minyak peppermint atau obat kumur peppermint yang merupakan produk untuk mengatasi dengkuran ringan. Caranya yaitu dengan mengoleskan minyak peppermint di wilayah hidung untuk membuka saluran hidung, serta kumur-kumur dengan produk peppermint agar jaringan di tenggorokan kecil.

6. Bersihkan Saluran Hidung

Bersihkanlah saluran hidung yang tersumbat sebelum tidur menggunakan larutan garam. Hal tersebut memudahkan pernapasan ketika sedang tidur. Selain itu bersihkan pula debu serta bulu hewan peliharaan dari kamar agar hidung tidak tersumbat.

Itulah 6 cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur ketika tidur atau beristirahat. Dengan begitu tidur akan terasa lebih nyenyak, nyaman, dan tidak mengganggu orang sekitar. Sekian dan semoga bermanfaat untuk semua pembaca.